Review OneAset – Gratis Emas Rp120.000 sampai Desember 2022

Tulisan kali ini akan membahas tentang OneAset, super app investasi online di Indonesia yang menyediakan segala jenis keperluan investasi dalam satu aplikasi (platform).

Sebagai supermarket investasi online, OneAset bekerjasama dengan berbagai pihak ketiga untuk menawarkan aneka produk investasi, mulai dari investasi emas, saham, reksadana, P2P lending, aset kripto, hingga NFT.  

Dapatkan bonus emas 0,02 gr + voucher emas senilai Rp100.000 gratis dari OneAset. Daftar dan segera lakukan verifikasi untuk klaim bonus.

Sekilas tentang OneAset

OneAset adalah aplikasi finansial super yang didirikan pada tahun 2021 dengan status sebagai perusahaan aggregator produk keuangan. Artinya, semua produk keuangan yang tersedia di aplikasi OneAset bukan berasal dari OneAset, melainkan dari pihak ketiga yang bekerjasama.

Jadi, secara umum peran OneAset hanya sebagai penyedia platform saja untuk memudahkan pengguna dalam mengakses berbagai produk investasi. Kurang lebih ilustrasinya seperti berikut:

model bisnis OneAset
Model bisnis OneAset

Selain menyediakan akses ke berbagai macam produk keuangan dan investasi online, melalui aplikasi OneAset pengguna juga dapat belajar tentang personal finance dan investasi serta saling bertukar pikiran dengan pengguna lain lewat fitur “OneAset Insight” dan “Komunitas” yang tersedia di aplikasi.

Berbicara tentang OneAset, sebetulnya tidak lepas dari aplikasi P2P lending Asetku. Sedikit informasi saja, sebelum OneAset didirikan, dulu Asetku-lah yang direncanakan untuk menjadi aplikasi finansial super oleh pihak manajemen.

Sayangnya, karena terbentur regulasi OJK yang melarang aplikasi P2P lending menawarkan instrumen investasi lain, maka didirikanlah OneAset sebagai entitas perusahaan baru dengan nama legal PT Pintar Platform Digital.

Saat ini, PT Pintar Platform Digital (OneAset) baru memiliki status terdaftar di Kementerian Perindustrian sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) dengan nomor dan tanggal surat penetapan izin: 001733.01/DJAI.PSE/12/2021 tanggal 9 Desember 2021.

Selain terdaftar di Kementerian Perindustrian, saat ini OneAset juga sudah terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkoinfo) dengan nomor tanda daftar: 001733.02/DJAI.PSE/01/2022.

Sementara untuk status legalitas OneAset di OJK masih dalam tahap pengurusan izin sebagai Aggregator Inovasi Keuangan Digital (IKD), yang semoga saja izinnya akan segera keluar dalam waktu dekat.

Satu hal lain yang patut diketahui tentang aplikasi OneAset adalah ia merupakan bagian dari Akulaku group dengan dukungan dana jumbo. Buat kamu yang belum tahu, saat ini Akulaku group terdiri dari Akulaku e-commerce, Akulaku Finance, Bank Neo Commerce, P2P Lending Asetku, hingga yang paling terbaru OneAset.

Tampilan aplikasi OneAset

Aplikasi OneAset hadir dengan desain yang sederhana, rapih, dan ramah pemula sehingga mudah dioperasikan oleh semua kalangan. Jika kamu adalah pengguna Asetku sebelumnya, kamu tidak akan merasa asing lagi dengan tampilan OneAset sebab keduanya memang memiliki tampilan yang mirip.

Tampilan aplikasi OneAset
Tampilan aplikasi OneAset

Daftar produk keuangan di OneAset

Berdasarkan info yang saya terima, OneAset berencana untuk menghadirkan sebanyak mungkin produk keuangan dan investasi di aplikasinya. Hal ini meliputi produk keuangan/investasi:

  • Emas
  • Cryptocurrency
  • Saham
  • Reksadana
  • Surat Berharga Negara (SBN)
  • Obligasi
  • P2P Lending
  • Asuransi
  • NFT
  • Perbankan

Berhubung aplikasinya baru saja diluncurkan pada Januari 2022 kemarin, maka saat ini produk/layanan keuangan yang tersedia di OneAset pun baru ada investasi emas, asuransi, aset kripto, dan NFT saja.

Untuk investasi emas, OneAset bekerjasama dengan PT IndoGold Solusi Gadai (IndoGold) yang sudah resmi terdaftar dan diawasi OJK. Sedangkan untuk produk asuransi, OneAset bekerjasama dengan tiga mitra, yaitu Asuransi Cakrawala Proteksi, Asuransi Simas Jiwa, dan JAGADIRI (PT Central Asia Finansial) yang semuanya juga sudah terdaftar dan diawasi OJK.

Sementara untuk menghadirkan layanan jual beli aset kripto, OneAset bekerjasama dengan platform Triv yang sudah resmi terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI sehingga aman.

Bagaimana dengan produk investasi lain? Kapan akan tersedia di aplikasi OneAset? I have no idea! Lebih baik kita tunggu saja.

Fitur OneAset

Untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna, OneAset menghadirkan berbagai macam fitur pada aplikasinya, antara lain:

1. Professional RM

Di OneAset, tersedia layanan RM/BA yang akan membantu kamu untuk memulai perjalanan investasi di OneAset dengan mudah.

2. OneAset Community Page

Fitur mirip media sosial dari OneAset yang berfungsi sebagai wadah bagi pengguna untuk saling berinteraksi dan berbagi wawasan.  

Apabila tertarik join komunitas, gunakan kode akses “5ZPV” untuk membuka fitur ini di aplikasi kamu. Selain itu, jangan lupa follow akun saya -> “Zai Alam” di komunitas untuk mulai berinteraksi.

3. OneAset Insight

Fitur untuk meningkatkan literasi keuangan pengguna melalui konten panduan investasi, berita terbaru, dan kilas info yang selalu update.  

4. Trading Kripto

Fitur ini hadir berkat kerjasama OneAset dengan platform Triv. Di fitur ini, kamu bisa melakukan jual beli berbagai macam koin kripto mulai dari Bitcoin, Ethereum, Tether, hingga Solana. Bahkan, sekarang OneAset lagi ada promo bagi-bagi koin Shiba Inu (SHIB) dengan nominal total mencapai Rp1 miliar. Yuk, manfaatin dengan daftar OneAset sekarang juga!

5. NFT Marketplace

NFT Marketplace adalah fitur terbaru dari OneAset yang memungkinkan kamu untuk mengubah karya pribadi (foto, gambar, ilustrasi) ke NFT lewat proses minting di jaringan blockchain (saat ini yang tersedia baru Binance Smart Chain) untuk kemudian dijual ke pengguna OneAset yang tertarik.

Atau kamu juga bisa bertindak sebagai trader NFT saja yang mencari keuntungan lewat jual beli NFT potensial. Saat artikel ini ditulis, saya pribadi sudah mengoleksi 3 buah NFT yang dijual oleh kreator di OneAset. Kedepan mungkin akan saya tambah lagi koleksinya kalau memang ada yang menarik. hehe

Koleksi NFT OneAset Zai Alam
Koleksi NFT saya di OneAset

6. OneAset AI Assistant

Fitur robot asisten yang selalu siap membantu kebutuhan investasi kamu di OneAset.

7. One-time KYC

Verifikasi identitas cukup dilakukan sekali saja untuk berinvestasi di berbagai jenis aset.

8. Live chat CS

Jika butuh bantuan, pengguna dapat menghubungi customer service OneAset baik via telepon, whatsapp, atau email.

Cara daftar akun OneAset

  • Buka tautan berikut -> Registrasi OneAset untuk mulai mendaftar. Masukkan nomor hp kamu yang masih aktif, lakukan verifikasi OTP, kemudian klik tombol Daftar Sekarang (cek gambar di bawah)
Cara Daftar Akun OneAset Langkah 1
  • Berikutnya, download aplikasi OneAset di smartphone kamu. Link download -> App Store atau Google Play
  • Buka aplikasi OneAset, klik Login dan pilih Login dengan SMS OTP
  • Isi formulir dengan nomor HP yang sudah kamu daftarkan tadi, lakukan verifikasi kode OTP, kemudian klik Login
Cara Daftar OneAset Langkah 3-5
  • Selanjutnya, kamu akan diminta untuk mengatur kata sandi akun. Jika sudah, klik tombol Konfirmasi
Atur kata sandi OneAset
  • Setelah itu, lanjut ke proses verifikasi akun dengan mengklik menu Saya -> Profil, kemudian lakukan verifikasi data diri sesuai petunjuk
Review OneAset – Gratis Emas Rp120.000 sampai Desember 2022 1
  • Pendaftaran berhasil setelah akun OneAset kamu dinyatakan lolos verifikasi. Jika sudah, bonus emas 0,03gr akan langsung masuk di akunmu secara otomatis. Selain itu, kamu juga bisa mulai berinvestasi emas di OneAset dengan memanfaatkan promo kupon Rp100.000 yang memiliki batas waktu
Gunakan kode diskon pembelian emas OneAset

Promo OneAset

Saat ini, OneAset sedang menawarkan banyak promo untuk menggaet user baru. berikut ini beberapa diantaranya:

1. Gratis emas bagi pengguna baru

Setiap pengguna baru yang mendaftar di OneAset menggunakan link referral dan lolos verifikasi KYC akan mendapatkan bonus emas 0,02 gram gratis plus tiga voucher diskon emas masing-masing senilai Rp80.000, Rp15.000, dan Rp5.000 (total Rp100 ribu).

Promo emas gratis OneAset terbaru April 2022

2. Cuan dari baca artikel

Selain promo gratis emas, di OneAset pengguna juga bisa mendapat cuan hanya dari melihat artikel, video, atau topik apapun di Insight atau Komunitas aplikasi OneAset. Cuan yang diperoleh berupa Aset Coin yang bisa ditarik ke rekening bank dengan minimum penarikan senilai Rp50.000.

Promo baca dapat Aset Coin dari OneAset

Jika ingin memperoleh koin dengan cepat, kamu bisa ajak teman daftar OneAset menggunakan link referral kamu untuk mendapatkan hadiah 10.000 Aset Coin/orang (1 Aset Coin = Rp1) dengan maksimal hadiah Rp1 juta/hari.

3. Ajak teman gabung komunitas dapat koin

Ajak teman gabung komunitas OneAset menggunakan kode akses kamu untuk dapat hadiah Koin. Sayangnya, per artikel ini ditulis, promo ini masih belum jelas aturannya seperti apa (berapa koin yang diperoleh per orang?) dan tampaknya juga masih maintenance.

Kode akses komunitas OneAset

Kelebihan dan Kekurangan OneAset

Kelebihan:

  • Aplikasi mudah dioperasikan, bahkan untuk pemula
  • Proses pendaftaran sepenuhnya online dan pengguna cukup melakukan KYC sekali saja
  • Tersedia beragam produk keuangan yang bisa dipilih
  • Saat ini, OneAset menawarkan banyak promo yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk menambah cuan
  • Mempunyai layanan RM yang profesional dan membantu
  • Memiliki fitur akademi dan komunitas untuk memudahkan pengguna tingkatkan literasi keuangan

Kekurangan:

  • Saat ini, produk keuangan yang tersedia di aplikasi OneAset baru investasi emas dan asuransi
  • Beberapa fitur belum bisa diakses sepenuhnya, seperti layanan RM dan fitur komunitas juga masih sering ada bug
  • Spread produk emas di OneAset cukup tinggi, mencapai 3,8%

Kesimpulan

Secara umum, OneAset saat ini memang belum pantas dikatakan sebagai financial super app. Walau begitu, jika melihat ekosistem finansial yang sudah berhasil dibangun tim Akulaku group selama ini, rasanya bodoh jika saya meragukan masa depan aplikasi OneAset di Indonesia.

Kendati tak ada seorang pun yang bisa menjamin, saya harap aplikasi OneAset bisa terus berjalan kedepannya dan menjadi salah satu aplikasi finansial yang paling banyak dipakai masyarakat Indonesia.

Bagi kamu yang tertarik mendaftar di OneAset, jangan lupa daftar menggunakan tautan referral saya -> https://bit.ly/3Gd4sW4 agar dapat bonus emas Rp130 ribu plus 10.000 Aset Coin gratis.

Zai Alam

A lifelong learner, blogger and part-time investor. I love sharing about personal finance and cuan-related tips. Connect with me on Twitter. (Disclaimer: not a financial advisor)

Tinggalkan komentar