Review Tunaikita – Aplikasi Pinjaman Online Paling Sederhana

Tulisan ini akan membahas tentang aplikasi pinjaman online TunaiKita secara lengkap mulai dari produk pinjaman yang ditawarkan, persentase bunga, dan bagaimana pengalaman saya ketika pinjam uang di aplikasi TunaiKita.

TLDR:

  1. TunaiKita adalah aplikasi pinjaman online legal di Indonesia yang sudah resmi terdaftar di lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak tahun 2017 dengan nomor terdaftar S-3973/NB.111/2017
  2. Dibandingkan dengan aplikasi pinjol lain, TunaiKita adalah aplikasi pinjaman online di Indonesia yang paling sederhana menurut saya. Tampilan aplikasi minimalis, tidak muluk-muluk, serta hanya fokus pada layanan yang mereka tawarkan, yaitu pinjaman online tunai cepat cair tanpa jaminan.
  3. Soal privasi, TunaiKita adalah yang terbaik. Pasalnya, jumlah informasi pribadi pengguna yang diminta oleh TunaiKita relatif sedikit bila dibandingkan dengan platform pinjol lain.
  4. Selain itu, TunaiKita juga membolehkan pengguna untuk mengedit semua informasi data pribadi yang sudah di-submit. Saya belum menemukan ada aplikasi pinjol lain yang seperti ini.
  5. TunaiKita memiliki fasilitas “bayar pinjaman sebagian” yang tidak pernah saya temui di aplikasi pinjol legal lainnya yang sudah pernah saya coba. Jika kamu pengguna kartu kredit, kamu pasti familiar dengan fasilitas seperti ini.

Apa itu TunaiKita?

TunaiKita adalah aplikasi pinjaman online legal terdaftar OJK yang dioperasikan oleh PT Digital Tunai Kita.

TunaiKita sebetulnya adalah perusahaan peer to peer Lending  yang mempertemukan antara peminjam dan pemberi pinjaman. Kurang lebih sama seperti Akseleran, Asetku, EasyCash, Uangme, Cashwagon, dan lain-lain.

Sayangnya, saya tidak melihat ada opsi untuk mendaftar sebagai pendana di aplikasi TunaiKita. Barangkali hanya investor VIP dan institusi dengan modal gede yang boleh mendanai di TunaiKita.  

Tampilan beranda aplikasi TunaiKita

Alamat Kantor TunaiKita

PT Digital Tunai Kita
18 Parc Place SCBD Tower D, 5th Floor
Jl. Jend Sudirman Kav 52-53
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12190

Call Center: 1500782
Customer Service: cs@tunaikita.com
Media sosial resmi:

Syarat Mengajukan Pinjaman Online di TunaiKita

  • WNI
  • Berusia 21 tahun ke atas
  • Memiliki KTP
  • Berdomisili di Indonesia
  • Mempunyai rekening pribadi
  • Informasi pribadi dan data penunjang lainnya seperti informasi pendidikan terarkhir, nama ibu kandung, foto KTP, data pekerjaan dan penghasilan, serta nomor kontak darurat.

Proses Pendaftaran dan Cara Mengajukan Pinjaman Online di TunaiKita

  1. Download aplikasi TunaiKita di App Store atau Google Play
  2. Daftar dengan memasukkan no. HP kamu dan lakukan verifikasi OTP
  3. Isi formulir data pribadi, rekening bank, dan unggah semua data yang dibutuhkan
  4. Tunggu sampai proses verifikasi selesai
  5. Jika sudah, silakan mengajukan pinjaman online sesuai limit yang tersedia di aplikasi
  6. Apabila memenuhi syarat, uang tunai akan segera cair ke rekening pribadimu dalam kurun waktu kurang dari 24 jam
  7. Cek saldo di rekening atau aplikasi TunaiKita secara berkala untuk memastikan bahwa dana pinjamanmu telah cair

Jika masih bingung, simak video tutorial cara daftar dan mengajukan pinjaman di aplikasi TunaiKita berikut ini:

Produk dan Simulasi Pinjaman di TunaiKita

Layaknya platform pinjaman online secara umum, TunaiKita juga menawarkan pinjaman jangka pendek sekali bayar dan pinjaman cicilan dengan biaya bunga yang berbeda-beda antar pengguna. Tergantung hasil dari kredit skor masing-masing peminjam.

Meski begitu, di awal biasanya pengguna akan dikenakan biaya bunga sekitar 0,79% atau 0,8% per hari. Nanti setelah itu, rate bunga pinjamannya bisa berkurang seiring dengan meningkatkan kredit skor peminjam tersebut.

Sebagai gambaran, berikut contoh simulasi pinjaman di TunaiKita sebagaimana yang tertera di website mereka:

Pinjaman Jangka Pendek

Simulasi pinjaman jangka pendek di TunaiKita

Pinjaman Produktif (cicilan)

Simulasi pinjaman cicilan di TunaiKita

Pengalaman Mengajukan Pinjaman di TunaiKita

Saya mengajukan pinjaman online pertama kali di TunaiKita pada tanggal 29 Desember 2020.

Pada saat itu saya mengambil limit pinjaman terendah yang mereka tawarkan, yaitu sebesar Rp200.000 dengan tenor maksimum 30 hari.

Pada pinjaman tersebut, saya dikenakan biaya sebesar Rp48.000  atau jika dikonversikan, bunganya adalah 24% per bulan atau 0,8% per hari. Alias standar.

Berdasarkan pengalaman pribadi, pencairan pinjaman di TunaiKita nampaknya lebih lama jika dibandingkan dengan aplikasi pinjol lain yang sudah pernah saya coba. Kira-kira lebih lama 1-2 jam. Not bad.

Adapun untuk pembayaran tagihan pinjaman di TunaiKita terbilang mudah karena mereka menyediakan beragam metode pembayaran diantaranya melalui transfer bank, virtual account, hingga pembayaran lewat Indomaret atau Alfamart.

Riwayat pembayaran tagihan di TunaiKita
Riwayat pinjaman saya di TunaiKita

Fitur TunaiKita

TunaiKita tidak memiliki fitur tambahan apapun sebagaimana yang tersedia di rata-rata aplikasi pinjaman online.

Meski begitu, TunaiKita menawarkan penggunanya fasilitas pembayaran sebagian/parsial yang sebelumnya tidak pernah saya temukan di aplikasi pinjol lain yang sudah pernah saya coba.

Kendati menarik, sebaiknya hindari menggunakan fasilitas bayar minimum seperti ini karena seringkali hanya akan menambah jumlah total biaya tagihan yang harus kamu bayar.

Program Referral TunaiKita

Tidak ada.

Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Online TunaiKita

Kelebihan:

  • Proses pendaftaran dan pengajuan pinjaman relatif mudah dan cepat
  • Tampilan aplikasi sederhana, minimalis, namun sangat fungsional
  • TunaiKita melayani peminjam dari seluruh wilayah Indonesia
  • Pengguna bebas mengajukan pinjaman jangka pendek maupun cicilan di aplikasi TunaiKita sesuai dengan limit dan tenor yang tersedia
  • Data pribadi pengguna yang diminta oleh TunaiKita agar bisa mengajukan pinjaman relatif sedikit. Tidak seperti para kompetitornya yang mensyaratkan banyak sekali data
  • TunaiKita membolehkan pengguna untuk mengedit semua informasi pribadi yang sudah di-submit. Terkesan sepele, namun sebetulnya ini  adalah sesuatu yang jarang sekali bisa kamu temui di aplikasi pinjaman online. Terlebih ketika RUU Perlindungan Data Pribadi belum disahkan

Kekurangan:

  • Minim fitur
  • Pencairan pinjaman agak lama
  • Kendati belum pernah mengalaminya sendiri, saya membaca ada beberapa keluhan di internet tentang bagaimana cara penagihan collector TunaiKita yang cenderung kasar
  • Bunga tinggi, 0,8% per hari

Download TunaiKita Apk

FAQ

1. Apakah TunaiKita penipuan?

Tidak. TunaiKita adalah aplikasi pinjaman online resmi yang sudah terdaftar di OJK. TunaiKita beroperasi secara legal di Indonesia dan aman.

2. Bagaimana cara membatalkan pinjaman di TunaiKita?

Selama pengajuan pinjamanmu belum disetujui oleh lending robot TunaiKita, maka pengajuan pinjaman tersebut masih bisa dibatalkan. Silakan hubungi customer service TunaiKita untuk info lebih lanjut.

3. Bagaimana cara membayar tagihan di TunaiKita?

  • Buka aplikasi TunaiKita
  • Klik menu Pinjaman
  • Klik tagihan yang sedang berlangsung
  • Pilih metode pembayaran dan lakukan pembayaran sesuai petunjuk
  • Jika berhasil, status pinjaman akan berubah menjadi selesai dan kamu juga akan menerima email konfirmasi pembayaran tagihan dari TunaiKita

4. Berapa denda keterlambatan pembayaran tagihan di TunaiKita?

Denda keterlambatan pembayaran tagihan di Tunaikita
Dendanya tinggi sekali. Kalau bisa jangan sampai telat bayar yaa.

5. Bagaimana cara menghapus akun TunaiKita?

Hubungi CS TunaiKita dengan mengirim email ke cs@tunaikita.com atau telpon ke 1500-782

6. Apa kode referral TunaiKita?

Saat ini TunaiKita tidak memiliki program referral.

Kesimpulan

TunaiKita merupakan salah satu aplikasi pinjaman online legal yang resmi beroperasi di Indonesia serta sudah terdaftar di OJK sehingga aman untuk digunakan.

Bagi kamu yang membutuhkan pinjaman jangka pendek atau cicilan, tidak ada salahnya mencoba mengajukan pinjaman online di aplikasi TunaiKita.

Pastikan kamu membaca berapa persentase bunga, denda, dan biaya-biaya lainnya yang dikenakan saat hendak mengajukan pinjaman agar kamu bisa melakukan kalkulasi yang matang sebelum mengajukan pinjaman.

Alternatif

1. Akulaku

Akulaku merupakan salah satu aplikasi pinjaman online terpercaya dan populer di Indonesia. Selain itu, Akulaku juga sudah berizin OJK sehingga relatif aman. Akulaku menyediakan beragam produk pinjaman seperti cash loan, dana cicil, dan layanan semacam kartu kredit yang memungkinkan kamu untuk belanja barang dengan cicilan.

2. Adakami

AdaKami merupakan salah satu aplikasi pinjaman online terpercaya di Indonesia yang sudah mengantongi izin dari OJK. Di AdaKami tersedia produk pinjaman sekali bayar dan cicilan dengan limit s/d Rp4 juta dan tenor maksimal 90 hari.

3. Gopay Paylater

Pinjaman online hasil kerjasama Gojek dengan Findaya. Paling saya favoritkan karena bunganya termasuk yang paling rendah di antara semua aplikasi pinjol lainnya. Adapun kekurangan dari Gopay Paylater adalah pengguna tidak bebas mengajukan limit pinjaman. Selain itu, plafon pinjaman juga mayoritas hanya bisa digunakan untuk pembelian di layanan Gojek.

4. Kredit Pintar

Salah satu aplikasi Pinjol terpercaya di Indonesia dan sudah berizin OJK. Pilihan pinjaman yang tersedia beragam, bunga standar sesuai aturan OJK, dan bisa juga dicicil. Satu kekurangan Kredit Pintar adalah mereka memotong biaya layanan yang cukup besar saat pencairan pinjaman.

5. Rupiah Cepat

Rupiah Cepat adalah aplikasi pinjol yang sudah berizin OJK. Sayangnya, persentase bunga pinjaman Rupiah Cepat tidak sesuai aturan OJK, rata-rata di atas 0,8% s/d 1% per hari. Selain itu, desk collector Rupiah Cepat juga tidak punya etika.

6. UKU

Pinjol resmi terdaftar di OJK. Penyaluran pinjaman bekerjasama dengan aplikasi LinkAja. Menawarkan pinjaman sekali bayar dan cicilan dengan limit dan tenor beragam tergantung skor kredit pengguna. UKU mengenakan biaya layanan yang dipotong di awal.

Zai Alam

A lifelong learner, blogger and part-time investor. I love sharing about personal finance and cuan-related tips. Connect with me on Twitter. (Disclaimer: not a financial advisor)

Tinggalkan komentar