Terakhir diperbarui: November 2020

TLDR: Dibandingkan dengan aplikasi lainnya, Tokopedia ReksaDana terbilang masih sangat kurang, terutama dari segi fitur dan jumlah reksadana yang dapat dibeli. Saya tidak merekomendasikan kamu berinvestasi di platform ini kecuali kamu punya alasan tertentu. Misalnya, tidak ingin ribet milih produk reksadana, ingin menikmati fasilitas pencairan reksadana secara instan, dll.

Apa itu Tokopedia ReksaDana?

Tokopedia ReksaDana merupakan salah satu fitur keuangan yang ada di aplikasi Tokopedia. Fitur ini memungkinkan kamu untuk berinvestasi reksadana di aplikasi Tokopedia secara online, praktis, dan dengan minimum investasi yang sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp10 ribu.

Tokopedia ReksaDana bukanlah Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) layaknya Ajaib, Bibit, dan Tanamduit, melainkan ini lebih ke platform e-commerce yang bekerjasama dengan APERD resmi, yaitu Bareksa.

Kualitas UI/UX

Kualitas desain UI/UX Tokopedia ReksaDana terbilang rapi dan sederhana sehingga mudah dioperasikan, bahkan oleh pemula.

Karena sedikitnya fitur yang mereka sediakan, maka di Tokopedia ReksaDana kamu tidak akan menemukan banyak tombol seperti di aplikasi reksadana lainnya. Cukup yang penting-penting saja, setidaknya menurut tim desain UI/UX mereka.

Tampilan Beranda tokopedia Reksadana
Tampilan Beranda tokopedia Reksadana

Kemudahan Mendaftar

Proses mendaftar dan verifikasi akun di Tokopedia ReksaDana bisa dibilang sangat cepat, Hanya beberapa menit saja (maksimal 1×24 jam). Ya kurang lebih sama seperti aplikasi reksadana lain. Begitu pun dengan data-data yang diminta saat proses pendaftaran.

Yang berbeda palingan cuma data “foto selfie dengan KTP”. Di Tokopedia ReksaDana, kamu tidak akan diminta hal ini.  

Berikut video tutorial cara mendaftar di Tokopedia ReksaDana (langsung ke menit 1:00):

Fitur Tokopedia ReksaDana

Di antara semua aplikasi investasi reksadana yang sudah pernah saya coba, Tokopedia ReksaDana yang memiliki paling sedikit fitur, diantaranya:

  • Dana Impian – Di fitur ini, kamu bisa buat tujuan keuangan tertentu dan mengetahui berapa jumlah dana yang harus kamu tabung secara berkala agar tujuan tersebut bisa tercapai dalam jangka waktu yang sudah kamu tentukan sebelumnya.
  • Langganan Reksa Dana –  Sesuai namanya, kamu bisa berlangganan produk reksadana tertentu di Tokopedia lewat fitur ini. Adapun pilihan langganannya hanya ada setiap minggu dan bulan.
Fitur dana impian Tokopedia ReksaDana
Fitur langganan reksadana Tokopedia ReksaDana

Kelebihan dan Kekurangan Tokopedia ReksaDana

Kelebihan:

  • Pendaftaran mudah dan cepat
  • Minimum investasi terjangkau
  • Kualitas desain UI/UX sederhana
  • Gratis biaya transaksi jual/beli reksadana
  • Metode pembayaran sangat beragam
  • Promo lumayan sering
  • Tersedia fasilitas penarikan dana instan (mirip dengan BukaReksa). Aplikasi lain butuh waktu 1-2 hari kerja.  Kalau kamu berniat menyiapkan dana darurat, saran saya menabunglah di aplikasi reksadana yang menyediakan fasilitas seperti ini.

Kekurangan:

  • Fitur yang tersedia terbatas
  • Produk reksadana yang bisa dibeli cuma dua yakni, Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra dan Syailendra Dana Kas
  • Hanya tersedia jenis reksadana pasar uang. Tidak ada reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, reksadana saham, dan reksadana indeks.
  • Investor tidak bisa melihat dokumen prospektus reksadana. Hanya bisa melihat Fund Fact Sheet
  • Tidak fokus. Berinvestasi di platform e-commerce punya banyak sekali distraksi yang dapat membuat kamu kehilangan fokus dan malah jadi belanja. Hehe

FAQ

1. Apakah Tokopedia ReksaDana Penipuan?

Tidak. Dalam menyediakan layanan investasi reksadana, Tokopedia ReksaDana menjalin kerjasama dengan APERD resmi, Bareksa yang sudah resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia. Jadi, kamu tidak perlu khawatir. (cek izin APERD Bareksa di sini)

2. Apakah Tokopedia ReksaDana Syariah?

Iya. Di Tokopedia ReksaDana terdapat produk reksadana syariah yang bisa kamu beli, yaitu Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra.

3. Berapa minimum investasi di Tokopedia ReksaDana?

Rp10.000. Lebih murah dari segelas kopi.

Kesimpulan

Jika kamu serius ingin berinvestasi reksadana, sebaiknya pilih aplikasi lain. Jangan di platform e-commerce seperti Tokopedia ReksaDana atau BukaReksa. Kecuali kamu memang ingin mengincar promonya dan menikmati fasilitas pencarian dana instan yang disediakan.

Saat ini, berinvestasi reksadana di Tokopedia menurut saya hanya cocok bagi investor konservatif, kurang menyukai risiko, dan hanya tertarik untuk berinvestasi jangka pendek. Kalau ingin investasi jangka panjang, pilih aplikasi lain yang ada produk reksadana campuran, reksadana saham, dan reksadana indeks.

Alternatif

BukaReksa

BukaReksa adalah fitur investasi reksadana yang disediakan oleh Bukalapak. Secara umum, BukaReksa memiliki kesamaan dengan Tokopedia ReksaDana. Namun, BukaReksa memiliki lebih banyak fitur, lebih banyak produk dan jenis reksadana yang dapat dibeli, serta ada komunitasnya juga.

Ajaib

Ajaib adalah aplikasi investasi reksadana yang cukup saya rekomendasikan. Di samping karena proses mendaftar dan berinvestasinya yang cepat dan praktis, aplikasi Ajaib juga dapat digunakan untuk berinvestasi saham.

Selain itu, terdapat juga fitur konsultasi dengan financial expert Ajaib yang bisa kamu manfaatkan untuk tanya-tanya soal topik perencanaan keuangan secara gratis.

Apabila tertarik, daftar di Ajaib menggunakan kode referral saya -> zai.981 untuk mendapatkan bonus reksadana senilai Rp10.000.

Bareksa

Bareksa adalah platform investasi reksadana online yang sudah cukup lama berdiri, sejak tahun 2013. Selain menyediakan layanan investasi reksadana, di Bareksa kamu juga dapat berinvestasi emas, SBN, dan membuka tabungan umroh.

Baca juga: Berapa Biaya Umroh yang Wajar? Tips dan Cara Menyiapkan Dana Umroh

Satu kelebihan aplikasi Bareksa adalah mereka memiliki jumlah produk reksadana yang lumayan banyak, ada lebih dari 150 produk reksadana dan dengan jenis reksadana yang bervariasi.

Bibit

Bibit adalah platform investasi reksadana yang paling saya rekomendasikan di antara semua aplikasi yang pernah saya coba. Bibit fokus pada layanan investasi reksadana, memiliki fitur lengkap dan produk reksadana yang bervariasi, banyak promo, serta memiliki komunitas Telegram yang sangat membantu.

Satu kekurangan aplikasi Bibit adalah mereka tidak menyediakan layanan investasi lain. Hanya reksadana, jadi sangat fokus. Soal apakah ini layak disebut sebagai sebuah kelebihan atau kekurangan, kamu sendiri yang memutuskan.

Apabila tertarik, daftar di aplikasi Bibit menggunakan kode referral saya -> zaipad50 untuk mendapatkan bonus reksadana senilai Rp25.000.

Tanamduit

Jika kamu ingin berinvestasi reksadana, emas, Surat Berharga Negara (SBN), dan membeli asuransi di satu aplikasi, maka saya merekomendasikan aplikasi Tanamduit. Aplikasi ini memiliki desain UI dan UX yang sederhana, memiliki fitur yang lumayan lengkap, serta mudah dioperasikan.

Satu hal yang saya sukai dari aplikasi Tanamduit adalah saya bisa mencairkan limit Gopay Paylater saya lewat investasi di aplikasi Tanamduit.

IpotFund

IpotFund adalah layanan investasi reksadana dari PT. Indopremier Sekuritas. Secara umum, saya tidak merekomendasikan kamu berinvestasi reksadana di IpotFund jika masih pemula.

Bukan apa-apa, melainkan karena tampilan aplikasi IPOT yang cukup mengintidimasi dan menurut saya memang hanya cocok digunakan oleh mereka yang sudah profesional dan terbiasa membaca angka-angka dan grafik investasi.

Satu kelebihan dari IpotFund adalah sekarang layanan mereka sudah terintegrasi semua di aplikasi IPOT. Jadi, kamu bisa mengakses layanan IpotGo (investasi saham), IpotFund (investasi reksadana), IpotPay (tabungan fleksibel bunga tinggi), IpotPlan, IpotNews, dan sebagainya cukup lewat satu aplikasi IPOT.

Selain itu, jumlah produk reksadana yang tersedia di IpotFund juga sangat banyak, ada lebih dari 250 produk. Sehingga kamu bisa bebas memilih.

Author

Carpe diem

Write A Comment

Dapatkan Ilmu dan Tips Cuan dari Investasi Eksklusif setiap hari Selasa! 
Daftar dan bergabunglah dengan 1200+ subscribers lainnya
Subscribe
No spam. Unsubscribe kapan saja.
close-link