Setiap orang pasti punya keinginan untuk mencapai financial freedom atau kebebasan finansial, tak terkecuali saya.

Kebebasan finansial adalah kondisi dimana seseorang bisa membiayai kehidupannya, terutama kebutuhan dasar seperti pangan, sandang, dan papan,  tanpa harus bekerja lagi atau mungkin masih bekerja tapi tidak seaktif seperti orang lain pada umumnya.

Berbicara tentang financial freedom, saya berharap bisa mencapai tahap ini setidaknya sebelum usia saya menginjak 40 tahun.

Jika kamu sama seperti saya, berikut 7 tips mencapai financial freedom sebelum usia 40 tahun yang bisa kamu lakukan.

1. Kerja Kerja Kerja

Ya, saya tahu ini adalah tips yang sangat obvious. Namun, saya tetap ingin mengingatkannya kembali kepada kamu bahwa satu-satunya cara yang paling bisa diandalkan untuk mencapai financial freedom adalah dengan bekerja, bekerja, dan bekerja.

Tanpa kerja, kamu tidak mungkin bisa mendapatkan penghasilan. Dan tanpa penghasilan, kamu tidak mungkin bisa meraih financial freedom. Segera cari pekerjaan bila saat ini kamu masih menganggur.

Seandainya kamu tak kunjung-kunjung dapat kerjaan, berusahalah lebih keras lagi dan ingat bahwa usaha tidak pernah mengkhianati hasil.

Namun, jika kamu sudah cukup lama tidak dapat kerjaan, cobalah peruntungan di dunia usaha. Jadilah seorang wiraswasta. Seorang entrepreneur. Saya tahu ini tidak mudah, tapi percayalah, selama ada kemauan pasti ada jalan.

EBOOK GRATIS

Download Ebook

Masukkan nama dan alamat email kamu di bawah ini  untuk mendapat akses mendownload Ebook 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet secara GRATIS.
cover

2. Siapkan Dana Darurat

Setelah kamu memiliki sebuah pekerjaan atau bisnis dengan penghasilan yang lumayan, sisihkanlah sebagian dari penghasilan tersebut untuk tabungan dana darurat.

Sesuai namanya, dana darurat adalah dana yang disiapkan khusus untuk berbagai keperluan darurat, seperti saat kamu kehilangan pekerjaan dan tidak mendapatkan pemasukan selama beberapa waktu, membiayai pengobatan saat kamu sakit atau mengalami kecelakaan, dan lain sebagainya.

Untuk keperluan jaga-jaga ketika sesuatu yang buruk terjadi di masa depan, kamu disarankan memiliki tabungan darurat minimal 3x dari pengeluaran kamu setiap bulan. Namun, lebih baik sih 6 – 12 kali dari pengeluaran kamu setiap bulan.

Contohnya, berhubung saat ini pengeluaran saya per bulan rata-rata adalah Rp2 juta, maka dana darurat yang seharusnya saya kumpul minimal Rp6 juta.

Namun, karena saya merasa angka tersebut masih kurang, jadi saya melipatgandakannya hampir 4 kali menjadi Rp20 juta, seperti yang saya tulis di target resolusi saya di tahun 2020.   

3. Beli Asuransi (minimal BPJS Kesehatan)

Untuk mencapai financial freedom, kamu membutuhkan asuransi, terutama asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Asuransi kesehatan berguna untuk membantu biaya pengobatan kamu ketika sakit.

Sedangkan asuransi jiwa berguna agar ketika kamu meninggal, istri, anak-anak, dan anggota keluarga yang lain yang kamu tinggalkan tidak mengalami kesulitan secara finansial karena mendapatkan santunan dari perusahaan asuransi.

Untuk asuransi kesehatan, saya menyarankan kamu membeli BPJS kesehatan karena biaya preminya yang relatif lebih murah daripada asuransi kesehatan swasta pada umumnya. Tidak memiliki asuransi dapat mengancam kondisi kesehatan keuangan kamu, sehingga menyulitkan kamu dari meraih kebebasan finansial. 

4. Jangan besar pasak daripada tiang

Artinya, hindari memiliki gaya hidup yang lebih besar dari penghasilan kamu. Kalau penghasilan kamu 5 juta per bulan, jangan boros dengan membelanjakan uang kamu lebih dari 5 juta.

Misalnya, dengan sering ngopi bareng teman, shopping di mall, membeli gadget keluaran terbaru, atau mengambil kredit mobil baru di saat kemampuan finansial sebetulnya belum cukup.  

5. Investasi

Mencapai financial freedom tidak cukup hanya dengan bekerja. Kamu disarankan mencari berbagai sumber pendapatan lain agar penghasilan kamu bisa lebih banyak dan terdiversifikasi, sehingga lebih cepat makmur.

Kamu bisa mendapatkan pemasukan tambahan lain dengan berinvestasi. Ada beberapa jenis investasi yang pernah saya ikuti antara lain investasi di instrumen reksadana, saham, dan P2P lending.

Bagi kamu yang menginginkan investasi dengan  potensi cuan lebih tinggi namun tetap aman, kamu bisa berinvestasi di P2P Lending Cashwagon. Di Cashwagon, kamu bisa mendapatkan return investasi hingga 25% per tahun.

tips mencapai financial freedom

Imbal hasil ini jauh lebih besar daripada return yang bisa kamu peroleh saat menyimpan uang di bank yang rata-rata hanya 2-3% per tahun. Perbedaan yang sangat jauh, bukan?

Mencari kode referral Cashwagon? gunakan kode referral CWA6Z1 saat mendaftar atau daftar sekarang melalui link berikut: Daftar di Cashwagon.

Baca juga: Review Cashwagon – P2P Lending Bunga Tinggi

6. Buat Budget

Berikutnya, tips mencapai financial freedom sebelum usia 40 tahun adalah dengan membuat budget bulanan.

Menurut salah satu orang terkaya di dunia, Li Ka Shing, tidak peduli berapa banyak uang yang kamu dapatkan, selalu ingat untuk membaginya ke dalam lima bagian secara proporsional, yaitu biaya hidup 30%, investasi 25%, liburan 10%, pengembangan diri 15%, dan keperluan sosialisasi 20%.

Jadi, kalau penghasilan kamu per bulan Rp5 juta, berikut alokasi pengeluaran yang dianjurkan untuk kamu sesuai tips budget ala Li Ka Shing di atas:

  • Biaya hidup (makan, bayar tagihan bulanan, dll) = Rp1.500.000
  • Investasi (reksadana, saham, p2p lending, dll) = Rp1.250.000
  • Liburan (traveling, makan di restoran favorit, spa, dll) = Rp500.000
  • Pengembangan diri (beli buku, ikut kursus, seminar, dll) = Rp750.000
  • Sosialisasi (bayarin makan teman atau orang yang lebih sukses dari kamu) = Rp1.000.000

“No matter how much you earn, always remember to divide it into five parts proportionately. Always make yourself useful.

Li Ka SHing

7. Nikmati prosesnya

Mencapai financial freedom bisa menjadi perjalanan yang sangat panjang, rumit, dan dipenuhi berbagai rintangan. Nikmati prosesnya agar kamu terhindar dari stress yang dapat membahayakan kondisi kesehatan kamu.

Selain itu, stress juga dapat memicu perilaku impulsif  yang menyebabkan kamu rentan melakukan belanja barang-barang yang tidak perlu, sehingga malah menjauhkan kamu dari target untuk bebas secara finansial. 

Itulah 7 tips mencapai financial freedom sebelum usia 40 tahun yang bisa mulai kamu lakukan dari sekarang. Tidak peduli berapa usia kamu saat ini, menjadi kaya adalah hak setiap orang.

Yuk kaya bersama demi kemajuan bangsa Indonesia. Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah.

EBOOK GRATIS

Download Ebook

Masukkan nama dan alamat email kamu di bawah ini  untuk mendapat akses mendownload Ebook 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet secara GRATIS.
cover
Author

Don't work for money. Instead, let your money work for you. Just sayin..

Write A Comment

EBOOK GRATIS

Download Ebook

Masukkan nama dan alamat email kamu di bawah ini  untuk mendapat akses mendownload Ebook 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet secara GRATIS.
cover
close-link
Ingin belajar investasi dan keuangan lebih jauh? Subscribe di blog Zaipad sekarang! 
SUBSCRIBE
No spam. Unsubscribe kapan saja.
Subscribe ke Blog Zaipad

Agar kamu selalu mendapat update terbaru dari blog saya dan info menarik lainnya
Subscribe
Zaipad menjamin 100% kerahasiaan data pribadi kamu. Cek kebijakan privasi
close-link