Investasi emas adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin menikmati hasil dalam jangka panjang. Untuk para pemula juga sudah disediakan kiat dan cara aman investasi emas untuk dipelajari. Sebenarnya, jika kita memahami bagaimana cara kerja dalam investasi ini, maka kita bisa menjalankannya dan mendapatkan keuntungan. Seperti dengan mengenali kelebihan dan kekurangan website investasi emas yang akan dibahas kali ini.

Apa Itu Investasi Emas Secara Online?

Seperti yang sudah banyak kita ketahui tentang sebuah investasi. Investasi ini sendiri bisa menggunakan properti maupun logam mulia atau efek dan saham.

Nah, pilihan logam mulia menjadi salah satu jenis investasi yang banyak diminati. Sebab, jenis investasi yang satu ini diyakini tidak mudah mengalami kerugian dan relatif aman terhadap masalah inflasi.

Tentu saja, salah satu pilihan akan jatuh kepada jenis investasi emas. Dan, kemudahan untuk melakukan investasi tersebut sudah dimulai dari beberapa tahun silam.

Dimana banyak orang menggunakan layanan investasi emas secara online untuk mendapatkan pelayanan secara praktis dan aman.

Jika kita melirik ke belakang, investasi emas online ini merupakan salah satu pilihan yang dilakukan dalam jangka waktu panjang.

Biasanya, menggunakan layanan online membuat investor membeli produk secara virtual. Karena, hal ini tentunya lebih mudah untuk dilakukan jika dibandingkan dengan pembelian langsung secara fisik.

Kenapa? Karena kita bisa menabung dan melakukan cicilan terhadap tabungan emas online tersebut. Sedangkan untuk pembelian secara fisik, kita wajib menyediakan sejumlah uang tunai sesuai dengan jenis emas yang akan dibeli.

Uniknya lagi, jika menggunakan jenis tabungan emas, maka kita bisa menambah koleksi investasi kapan saja. Sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan modal kita tentunya.

Kita bisa memantau bagaimana perkembangan dari investasi tersebut. Tidak hanya itu, kita juga bisa mengetahui berapa pasaran harga emas yang pastinya mengalami perubahan sewaktu-waktu.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Layanan Website Investasi Emas?

Jika kita menggunakan layanan investasi emas secara online, tentunya kita akan menggunakan layanan website investasi emas terpercaya, bukan?

Nah, sebelum kita menggunakannya, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa-apa saja yang menjadi kekurangan dan kelebihan dari layanan tersebut.

Seperti beberapa kelebihan dari layanan 3 website investasi emas secara online di bawah ini.

1. Pegadaian

Layanan tabungan emas yang dimiliki oleh pihak Pegadaian ini merupakan salah satu jenis investasi online yang sangat disarankan. Bagaimana tidak, ini merupakan situs milik pemerintah yang tentunya sudah sangat aman dan terpercaya.

Bukan hanya itu saja, kemudahan dalam melakukan investasi emas juga bisa didapatkan di website pegadaian ini.

Sebagai salah satu penyedia layanan investasi emas online, pegadaian tidak membebankan syarat minimum tabungan yang tinggi.

Untuk mulai menabung emas kita bahkan hanya perlu menyediakan uang minimum senilai Rp5.000 saja, yang tentunya bisa ditambah seiring berjalannya waktu.

Di bawah ini adalah beberapa kelebihan website investasi emas pegadaian, meliputi:

– Pendaftaran yang Lebih Mudah

Kita hanya perlu memperhatikan umur untuk mendaftar dan memulai investasi emas di pegadaian. Tentu saja, ini akan menjadi persyaratan yang mudah untuk diajukan oleh siapapun.

– Harga Terjangkau

Salah satu penyebab kenapa banyak orang yang mengundurkan diri untuk berinvestasi emas adalah karena masalah harga beli emas tersebut. Sedangkan di Pegadaian, harga emas yang bisa dibeli sangatlah terjangkau.

– Mudah Dicairkan

Walaupun jenis investasi emas yang akan kita pilih di Pegadaian ini merupakan jenis investasi emas secara virtual. Namun, jika sudah memenuhi syarat, maka sudah bisa dicairkan secara fisik. Setidaknya harus memiliki 1 gram emas terlebih dahulu.

– Lebih Aman

Salah satu faktor yang wajib diperhatikan ketika memilih website investasi emas adalah masalah keamanannya. Dan, tentu saja pegadaian akan memberikan solusi penyimpanan tabungan emas yang aman.

– Kualitas Emas

Ketika memilih pegadaian untuk tempat berinvestasi, maka kita bisa memilih jenis emas apa yang akan kita investasikan. Misalnya, memilih jenis emas yang memiliki sertifikasi.

– Kemudahan Top Up

Di pegadaian, kamu bisa melakukan top up saldo untuk membeli emas melalui banyak cara dan bisa dilakukan dimana saja.

Tidak hanya kelebihan, tentu saja Pegadaian juga memiliki beberapa kekurangan.

Berikut ini beberapa kekurangan dari website investasi emas pegadaian:

– Minimal Pencairan

Seperti yang dijelaskan di atas, kita harus mencukupi syarat minimal pencairan agar bisa menikmati hasil investasi ini. Minimal sebanyak 1 gram emas.

– Kurs Jual-Beli

Pegadaian akan menetapkan jenis kurs jual dan kurs beli yang memiliki nominal berbeda dan perlu diperhatikan.

– Biaya Penitipan dan Administrasi

Walaupun Pegadaian merupakan salah satu tempat paling aman, tetap saja membutuhkan biaya penitipan dan biaya asuransi.

2. Tokopedia

Sebagai salah satu website e-commerce terkemuka di Indonesia, nyatanya Tokopedia juga memberikan layanan tabungan emas untuk modal investasi jangka panjang. Kebijakan yang diambil oleh pihak Tokopedia tentunya juga akan memudahkan para calon investor yang akan memulai walaupun dengan modal terbatas. Pihak Tokopedia ini juga menggunakan aturan “membership” yang bisa dinikmati oleh setiap investor.

Berikut kelebihan investasi emas di Tokopedia:

– Mudah Untuk Mendaftar

Kita bisa menjadi salah satu investor emas di Tokopedia dengan beragam kemudahan yang diberikan. Seperti tidak adanya persyaratan apapun hingga hanya membutuhkan dokumen berisikan data pribadi saja.

– Memiliki Beragam Jenis Membership

Sebagai salah satu investor di Tokopedia, kita bisa memilih keuntungan dari 3 jenis membership yang tersedia. Dimana setiap pilihan membership ini memiliki keuntungan tersendiri.

Berikut kekurangan investasi emas di Tokopedia:

– Layananan Berbeda

Sesuai dengan adanya 3 tingkatan membership yang disediakan, maka kita juga akan menerima beragam jenis keuntungan dan layanan yang berbeda. Layanan yang didapat akan disesuaikan dengan pilihan membership.

3. Indogold

Website ini juga memberikan layanan tabungan emas untuk investasi mudah dan terpercaya.

Investor yang menabung virtual emasnya di website ini akan mendapatkan kemudahan dalam pembelian maupun penjualan kembali emas tersebut.

Pelayanan yang mereka berikan juga tergolong responsif dan baik.

Beberapa kelebihan investasi emas di website Indogold antara lain:

– Kemudahan Pilihan Transaksi

Ada 3 jenis transaksi pembelian maupun penjualan emas yang bisa digunakan di Indogold. Yakni mendatangi langsung kantor Indogold, menggunakan aplikasi dan menggunakan website resminya.

– Keamanan

Tentu saja Indogold memberikan layanan yang akan memudahkan investor untuk menyimpan investasi emas mereka dengan aman.

– Mudah Untuk Dicairkan

Seperti layanan website investasi emas lainnya, Indogold juga akan memberikan kemudahan untuk investor mencairkan investasi emas mereka tersebut.

Kelemahan Indogold, yaitu:

– Keterbatasan Jumlah Transaksi Pengiriman dan Nilai Perlindungan Risiko

Transaksi untuk pengiriman investasi emas di Indogold dibatasi sebanyak 1 kg per hari dengan satuan emas yang digunakan maksimum 100 gram. Jadi, jika kamu ingin menarik 1 kg emas, kamu hanya akan mendapatkan 10 keping emas 100 gram alih-alih emas batangan 1 kg.

Selain itu, nilai perlindungan yang diberikan oleh pihak Indogold ketika terjadi sesuatu dalam pengiriman emas ke tempat tujuan juga terbilang rendah, yaitu maksimum Rp75 juta. Nilai perlindungan ini tentunya sangat jauh di bawah nilai emas yang ditarik apabila kamu melakukan penarikan emas 1 kg.

Demikianlah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan serta daftar website investasi emas yang direkomendasikan. Bagaimana? Sudah tertarik untuk menabung emas? Jika iya, kamu bisa mulai berinvestasi emas di platform jual beli emas mudah dan terpercaya hanya di Indogold. Di Indogold, kamu bisa berinvestasi emas mulai dari Rp500,- perak dengan spread (selisih harga jual dan beli) yang kompetitif.

Selain itu, di Indogold, kamu juga dapat mencicil emas, menggadaikan emas, hingga melakukan penarikan emas dalam bentuk fisik secara online. Tertarik? Yuk Daftar di Indogold dan berinvestasi emas sekarang juga untuk masa depan yang lebih cerah.

Author

Write A Comment

EBOOK GRATIS

Download Ebook

Masukkan nama dan alamat email kamu di bawah ini  untuk mendapat akses mendownload Ebook 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet secara GRATIS.
close-link
Ikuti Blog Zaipad via Email
---------
close-link

Mau Informasi GRATIS tentang Tips Finansial dan How to Make Money Online dari Zaipad?

*Bonus E-Book 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet khusus untuk kamu yang mendaftar hari ini. 
IYA, SAYA MAU
Zaipad.com menjamin 100% kerahasiaan informasi nama dan email kamu. Selengkapnya, baca kebijakan privasi.
close-link

Download Ebook

Masukkan nama dan alamat email kamu di bawah ini  untuk mendapat akses mendownload Ebook 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet secara GRATIS.
close-link