Masa lalu adalah sesuatu yang tidak bisa kita rubah. Bagaimanapun caranya.

Jadi apalah gunanya bagi kita sibuk mengingat hal-hal yang telah terjadi?

Sekalipun memori yang sedang teringat merupakan suatu peristiwa baik di masa lalu kamu, tetaplah itu sia-sia saja. Sebab apakah dengan mengingat kejadian-kejadian baik di masa lalu lantas akan membuat kehidupanmu pada masa sekarang dan masa depan menjadi lebih baik?

Justru semakin sering kamu mengingatnya, maka semakin banyak pula waktu yang kamu buang dengan percuma. Waktu yang seharusnya digunakan untuk bekerja dan memaksimalkan potensi diri malah teralihkan untuk menikmati kesenangan semu yang terselip di balik memori indah masa lalu.

Tidak ada gunanya.

Apalagi kalau yang dikenang adalah memori masa lalu yang buruk. Sudahlah kena sedih waktu itu, kok malah didatangkan kembali kesedihan yang serupa ke masa sekarang. Bukankah itu bodoh?

Tapi ya namanya manusia, seringkali meski sudah diketahui sesuatu hal itu buruk, tetaplah dilakukan.

Sudah tahu narkoba itu buruk bagi tubuh, tetaplah ada yang mau menggunakannya bahkan sampai ketagihan.

Sudah mengerti kalau makan junk food itu membawa penyakit, tetaplah masih ada orang yang sering mengonsumsinya. Bahkan setiap hari.

Sudah belajar bahwa mengingat masa lalu itu adalah hal yang sia-sia, tapi masih aja tetap suka menghabiskan waktu mengenangnya.

Oh kawan, yang lalu biarkanlah berlalu.

Author

Freelance Writer, Blogger, and Finance enthusiast. Blog ini saya buat untuk berbagi tips finansial, investasi, dan berbagai cara menghasilkan uang dari internet. Hubungi halo@zaipad.com untuk perihal pertanyaan dan kerjasama.

Write A Comment

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!