Review Pegadaian Digital: Tabungan Emas Online, Gadai, Pinjaman Usaha, dan lain-lain

Artikel berikut ini membahas tentang aplikasi Pegadaian Digital dari PT Pegadaian. Bagi kamu yang berencana buka tabungan emas online, cicil emas, perhiasan, hingga gadai barang untuk mendapatkan pinjaman bunga rendah, bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di aplikasi milik BUMN ini.

Apa itu Pegadaian Digital?

Pegadaian Digital adalah aplikasi resmi milik PT Pegadaian yang dibuat untuk mempermudah nasabah dalam mengakses berbagai layanan Pegadaian secara online sehingga lebih praktis.

Terdapat berbagai layanan transaksi yang bisa kamu lakukan di aplikasi Pegadaian Digital meliputi Tabungan Emas (Buka Rekening , Top Up, Gadai, Jual, Beli, Transfer, dan Cetak), cicil emas, pengajuan ibadah Haji, pengajuan pinjaman, booking gadai, gadai express (antar-jemput gadai) dan lain sebagainya.

Bagi nasabah yang ingin melakukan pembayaran Pegadaian juga akan lebih mudah jika menggunakan aplikasi Pegadaian Digital karena nasabah tidak perlu lagi berpergian ataupun antre di Pegadaian yang dapat menghabiskan banyak waktu, terlebih jika sedang ramai.

Beranda aplikasi Pegadaian Digital
Tampilan beranda aplikasi Pegadaian Digital

Aplikasi Pegadaian Digital bisa diunduh di App Store atau Google Play.

3 Layanan Pegadaian Digital

Terdapat tiga layanan utama pada aplikasi Pegadaian Digital saat ini, yaitu layanan investasi emas, gadai dan pembiayaan, hingga layanan topup dan pembayaran tagihan.

1. Investasi Emas

  • Tabungan Emas

Layanan ini memungkinkan nasabah untuk buka rekening, beli, jual, transfer, cetak emas, dan gadai tabungan emas secara online langsung dari aplikasi Pegadaian Digital.

Tabungan emas di aplikasi Pegadaian Digital
  • Cicil Emas Batangan

Beli emas batangan 24 karat dengan sistem cicilan. Minimum pembelian emas adalah 0,5 gr dengan aneka jenis emas yang bisa dipilih antara lain emas Antam, Logam Mulia Lotus Archi & LM Galeri24.

  • Cicil Perhiasan di Merchant

Gunakan tabungan emas yang ada untuk beli perhiasan dengan sistem cicilan di berbagai toko emas dan merchant yang telah bekerjasama dengan PT Pegadaian.

Layanan cicil emas dan perhiasan di aplikasi Pegadian Digital

2. Gadai dan Pembiayaan

  • Booking Gadai

Bagi nasabah yang ingin berkunjung ke kantor Pegadaian dapat melakukan booking terlebih dulu di aplikasi Pegadaian Digital agar tidak terlalu lama antre di cabang.

  • Gadai Express

Layanan jemput barang jaminan langsung ke lokasi. Buka Senin – Sabtu dari pukul 09.00 – 14.00 waktu setempat.

  • Gadai Saham dan Obligasi

Punya surat berharga saham dan obligasi? Sekarang, kamu juga bisa menggadaikan jenis aset ini di Pegadaian untuk mendapatkan pinjaman.

  • Gadai Tabungan Emas

Selain efek saham dan obligasi, kamu juga bisa menggadaikan saldo tabungan emas yang ada di Pegadaian Digital sebagai jaminan.

  • Gadai Titipan Emas Fisik

Maksudnya, bagi nasabah yang mempunyai emas fisik dapat menitipkannya di Pegadaian dengan aman sekaligus mendapatkan fasilitas pinjaman bunga rendah dari Pegadaian dengan titipan emas tadi sebagai agunan.

Nilai emas yang sudah dititipkan dapat kamu pantau secara real-time langsung di aplikasi Pegadaian Digital. Jika sewaktu-waktu kamu ingin memanfaatkan emas tersebut untuk mendapatkan pinjaman, kamu juga dapat menggadaikannya langsung di aplikasi Pegadaian Digital tanpa perlu ke outlet, sehingga lebih praktis.

Layanan gadai di Pegadaian Digital
  • Pembiayaan Multiguna

Pembiayaan untuk keperluan produktif dan konsumtif bagi pegawai/karyawan, wirausahawan, hingga pekerja profesional.

  • Pembiayaan Ibadah Haji

Pembiayaan untuk mendapatkan nomor porsi haji dengan jaminan perhiasan, logam mulia, atau Saldo Tabungan Emas Pegadaian sesuai dengan prinsip syariah.

Layanan pembiayaan bunga rendah di aplikasi Pegadaian Digital

3. Topup dan Pembayaran Tagihan

Bayar tagihan gadai dan cicilan tidak perlu lagi ke kantor Pegadaian karena bisa ditransfer langsung melalui aplikasi Pegadaian Digital. Selain itu, untuk pembayaran tagihan lain seperti tagihan listrik, air, telepon, BPJS Kesehatan, hingga beli pulsa & paket data juga bisa dilakukan di aplikasi Pegadaian Digital.

Bagi nasabah yang ingin berkunjung ke cabang Pegadaian terdekat, di aplikasi juga sudah tersedia fitur Cabang Pegadaian yang bisa diakses untuk melihat dimana saja lokasi kantor Pegadaian di sekitar wilayah nasabah berada.

Fasilitas topup dan bayar tagihan di aplikasi Pegadaian Digital

Mengenal lebih jauh Fitur Tabungan Emas Pegadaian Digital

Tabungan emas Pegadaian adalah layanan penitipan saldo emas yang memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas. Emas yang kamu beli melalui tabungan emas Pegadaian ada fisiknya dan disimpan di Pegadaian.

Bagi nasabah Pegadaian yang ingin buka tabungan emas, wajib melakukan setoran awal minimal Rp50.000 (begitu pun dengan topup saldo berikutnya) yang akan langsung dijadikan sebagai saldo tabungan emas dari nasabah tersebut.

Nasabah yang membuka tabungan emas Pegadaian pertama kali akan mendapat  fasilitas gratis biaya titipan senilai Rp30.000 di tahun pertama.

Tabungan emas Pegadaian bisa ditransfer ke rekening tabungan emas lain, dijual, dan juga dicetak menjadi emas batangan bersertifikat mulai dari 1 gram setelah kamu melakukan upgrade ke Akun Premium.

Apabila membutuhkan pinjaman, kamu bisa menggadaikan saldo tabungan emas di aplikasi Pegadaian Digital untuk mendapatkan fasilitas pinjaman tunai dengan nominal maksimum Rp500 juta, tergantung pada nilai emas yang dijadikan sebagai jaminan.

Setelah disetujui, uang pinjaman yang kamu ajukan akan langsung ditransfer ke rekening pribadimu yang telah terdaftar pada hari itu juga. Menariknya, tabungan emas Pegadaian juga bisa dijadikan sebagai agunan untuk ikut program pembiayaan Haji di Pegadaian.

Keunggulan Tabungan Emas Pegadaian

  • Tersedia diseluruh outlet Pegadaian dan melalui Pegadaian Digital Service, Agen Pegadaian dan Marketplace
  • Order cetak emas dapat dilakukan mulai dari kepingan 1 gram
  • Harga jual dan buyback yang kompetitif
  • Biaya administrasi dan pengelolaan ringan
  • Jaminan karatase emas 24 karat
  • Nasabah dapat melakukan buyback mulai dari 1 gram
  • Nasabah dapat melakukan transfer ke rekening Tabungan Emas mulai dari 0,1 gram
  • Dikelola secara profesional dan transparan
  • Nasabah dapat melakukan pembelian Tabungan Emas (Top Up) mulai dari 0,01 gram

Layanan Cicil Emas Batangan Pegadaian

Di samping tabungan emas, Pegadaian juga menyediakan layanan pembelian emas batangan bersertifikat 24 karat secara angsuran dengan proses mudah dan jangka waktu yang fleksibel.

Layanan cicil emas berlaku untuk pembelian minimum 1gr emas di aplikasi Pegadaian Digital. Adapun uang muka yang dikenakan bagi nasabah tergolong sangat rendah, yaitu hanya 10% -15% dari harga emas pada saat pembelian.

Sementara untuk jangka waktu angsuran, bisa dipilih mulai dari 3 – 36 bulan. Apabila semua cicilan sudah lunas, nasabah dapat langsung mengambil emas batangan di cabang pegadaian terdekat. 

Satu hal yang saya suka dari layanan cicil emas Pegadaian adalah skema angsurannya yang tetap mengikuti perjanjian (akad) di awal. Jadi, kalau harga emas naik, kamu tidak perlu khawatir akan membayar lebih banyak sebab nilai cicilan yang harus dibayar akan terus sama dari awal sampai pelunasan.

Jenis cicilan emas batangan

  • Dilakukan personal, yaitu cicil emas batangan sendiri dengan uang muka mulai dari 15%. Emas diambil setelah lunas.
  • Dilakukan kolektif bersama-sama dengan teman, keluarga, atau lainnya dengan uang muka mulai dari 10%. Emas diambil setelah lunas. Berat gram emas yang diambil tidak harus sama tiap orangnya.
  • Cicil emas arisan, yaitu cicil emas dengan kelompok arisan. Tiap bulan akan mendapat satu emas batangan dengan berat yang sama.

Fasilitas Gadai di Pegadaian

Gadai merupakan kredit dengan barang jaminan berupa barang berharga seperti emas, perhiasan, elektronik, kendaraan, dan lain sebagainya. Di Pegadaian, gadai dilayani di cabang Pegadaian terdekat. Uang pinjaman akan cair hari itu juga sesuai nilai taksiran barang.

Jangka waktu pinjaman maksimal 4 bulan namun bisa dilunasi sewaktu-waktu atau diperpanjang berkali-kali. Satu orang bisa memiliki lebih dari satu barang jaminan yang digadai. Caranya mudah sekali. Cukup membawa KTP dan barang jaminan ke cabang Pegadaian terdekat. Barang akan ditaksir nilainya. Lalu uang pinjaman akan ditransfer.

Sebelum melakukan gadai, kamu bisa booking gadai dulu lewat aplikasi Pegadaian Digital untuk mengantisipasi banyaknya antrean. Begitu pun dengan pembayaran gadai (cicilan, perpanjangan, tambah gadai, dll) yang bisa juga dilakukan langsung di aplikasi Pegadaian Digital.

Apabila nasabah tidak sanggup menebus kembali barang yang dijaminkan, maka barang tersebut akan dilelang dan jika hasil lelang lebih besar dari uang pinjaman, maka kelebihannya juga dapat diambil oleh nasabah bersangkutan.

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Pegadaian Digital

Kelebihan

  • Menyediakan berbagai layanan finansial di satu aplikasi
  • Tampilan antarmuka aplikasi sederhana dan tergolong mudah dioperasikan
  • Aman dan terpercaya, Pegadaian adalah perusahaan jasa keuangan legal yang sudah resmi terdaftar dan diawasi OJK
  • Aplikasi mempermudah nasabah untuk mengakses semua layanan Pegadaian dan bertransaksi
  • Bunga pinjaman tunai/cicilan di Pegadaian Digital hanya 1-1.5% per bulan, jauh lebih rendah daripada pinjam uang di aplikasi pinjol yang rata-rata mengenakan bunga hingga 24% per bulan
  • Promo cukup sering

Kekurangan

  • Performa aplikasi masih perlu dikembangkan
  • Spread (selisih harga jual/beli) emas di Pegadaian cukup tinggi, yaitu 4%. Tapi, ini harusnya bukan masalah karena emas cocok sebagai investasi jangka panjang. Ingat, jual beli emas dalam jangka pendek hanya akan membuat kamu rugi!
  • Jam operasional terbatas, hanya bisa dilakukan dari pukul 02.00 – 22.00 WIB

Kesimpulan

Bagi saya, layanan keuangan yang disediakan oleh PT Pegadaian di aplikasi Pegadaian Digital sudah cukup oke dan membantu nasabah. Hanya saja, untuk aplikasinya perlu dilakukan beberapa perbaikan dan optimasi lagi supaya kedepannya bisa berjalan lebih lancar.

Zai Alam

A lifelong learner, blogger and part-time investor. I love sharing about personal finance and cuan-related tips. Connect with me on Twitter. (Disclaimer: not a financial advisor)

Tinggalkan komentar