Terakhir diperbarui: Oktober 2020

Dapatkan hadiah uang tunai hingga Rp1.000.000 gratis dari Pintu. Daftar dengan kode referral -> ZAIZE988

Apa itu Pintu?

Pintu adalah aplikasi jual beli Bitcoin dan investasi aset digital. Aplikasi Pintu diluncurkan pada bulan April 2020 lalu oleh PT. Pintu Kemana Saja, startup asal Indonesia yang bergerak di sektor industri cryptocurrency dan blockchain.

Di aplikasi Pintu, pengguna dapat membeli, menyimpan, mengirim, berinvestasi, dan menjual berbagai aset kripto seperti Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Tether (USDT), Binance Coin (BNB), Yearn.Finance (YFI), dan masih banyak lagi.

Desain UI/UX Aplikasi Pintu

Berbeda dengan bursa aset kripto lainnya, Pintu cuma boleh diakses via aplikasi smartphone. Sehingga kamu wajib mendownload aplikasinya bila ingin mendaftar dan melakukan jual beli aset Kripto di Pintu.

Meski hanya tersedia dalam bentuk aplikasi mobile, Pintu sangatlah mudah digunakan. Ini karena aplikasi Pintu memiliki tampilan UI/UX yang sederhana, minimalis, fokus, dan punya banyak space putih sehingga nyaman dan tidak membingungkan saat digunakan.

Tampilan aplikasi Pintu
Tampilan aplikasi Pintu
Tampilan aplikasi Pintu
Tampilan aplikasi Pintu
Tampilan aplikasi Pintu

Dibandingkan dengan aplikasi jual beli aset kripto lainnya yang pernah saya coba, tampilan aplikasi Pintu-lah yang paling saya favoritkan sejauh ini.

Bahkan, tidak berlebihan bila saya menganggap aplikasi Pintu ini mirip seperti aplikasi investasi reksadana Bibit.

Kemudahan Mendaftar

Cara daftar aplikasi Pintu sangatlah mudah dan cepat. Sayangnya, untuk proses verifikasi akun dapat memakan waktu yang cukup lama, maksimal 7×24 jam.

Kalau berdasarkan pengalaman saya waktu itu, butuh sekitar 6 hari sampai akun saya diverifikasi pihak Pintu. Pengguna lain ada yang cuma butuh 2 – 4 hari sampai akun mereka diverifikasi.  Jadi, beda-beda.

Selengkapnya, simak video tutorial cara daftar di aplikasi Pintu berikut ini:

Minimum investasi

Minimum pembelian aset kripto di aplikasi Pintu lumayan terjangkau, yakni sebesar Rp55.000. Apabila kamu mencari yang lebih kecil dari ini, bisa ke platform Indodax (min. Rp10.000) atau Luno (min. Rp15.000).

Fitur Pintu

Aplikasi Pintu hadir dengan sejumlah fitur standar bursa aset kripto seperti deposit/withdraw saldo Rupiah, dompet kripto, beli/jual dan kirim/terima aset kripto, serta menu berita yang umum kamu temukan di semua aplikasi investasi kripto.

Satu hal yang membedakan aplikasi Pintu dengan yang lain adalah fitur address book. Melalui fitur ini, kamu bisa membuat @username unik kamu sendiri, kirim-terima crypto cukup pakai @username, serta menyimpan @username teman kamu sebagai kontak dalam buku alamat.

Walau terlihat sepele, fitur ini sebetulnya sangat berguna untuk mencegah kamu salah memasukkan alamat wallet tujuan yang mana hal ini sudah cukup sering terjadi di kalangan para pemilik aset kripto. 

Referral

Demi menggaet pengguna baru, aplikasi Pintu juga turut meluncurkan program referral yang dapat diikuti oleh setiap orang.

Program referral ini akan memberi reward uang tunai senilai Rp5.000 – Rp1.000.000  baik kepada orang yang berhasil mengajak maupun orang yang diajak.

Untuk mendapatkan reward uang tunai, kamu wajib memasukkan kode referral saat mendaftar di aplikasi Pintu dan melakukan transaksi pembelian aset kripto apa saja minimal Rp200.000 dalam sekali transaksi.

Kode Referral Aplikasi Pintu

Bonus uang tunai yang saya peroleh setelah daftar menggunakan kode referral teman saya

Kualitas Customer Service

Untuk memaksimalkan pelayanan, aplikasi Pintu juga menghadirkan fitur chat dengan Customer Service yang dapat kamu akses di menu Akun -> Chat Support.

Saya pernah dua kali mencoba fitur ini di hari Minggu dan menurut penilaian saya CS mereka cukup responsif serta benar-benar memberikan jawaban yang solutif. Bukan CS kaleng-kaleng yang cuma memberikan jawaban template yang tidak menyelesaikan masalah.

Fitur Chat Support Aplikasi Pintu

Kelebihan dan Kekurangan Pintu

Kelebihan:

  • Minimum investasi terjangkau, cuma Rp55.000
  • Tampilan aplikasi sederhana, mudah dioperasikan
  • Gratis fee jual beli crypto
  • Spread kompetitif
  • Keamanan akun terjamin lewat fitur buka dengan sidik jari dan PIN 6 angka
  • Terdapat komunitas telegram yang membantu di t.me/pintuindonesia
  • Memiliki fitur address book yang sangat berguna untuk mencegah salah memasukkan alamat wallet

Kekurangan:

  • Verifikasi akun lama
  • Jumlah aset kripto yang tersedia di aplikasi Pintu relatif sedikit dibandingkan pesaingnya
  • Top up saldo cuma boleh transfer ke bank BNI
  • Penarikan saldo rupiah ke rekening pribadi dikenakan biaya flat Rp4.500 sekalipun rekening banknya sama

FAQ

Apakah Pintu penipuan?

Tidak.

PT. Pintu Kemana Saja (Pintu) merupakan salah satu perusahaan legal yang sudah memperoleh tanda daftar dari BAPPEBTI Kementerian Perdagangan Republik Indonesia sebagai calon pedagang fisik aset kripto (cek di sini). Sehingga kamu tidak perlu ragu lagi bila ingin mendaftar dan berinvestasi crypto di aplikasi Pintu.  

Kesimpulan

Pintu adalah aplikasi jual beli Bitcoin dan aset crypto praktis yang hanya dapat diakses via mobile apps.

Aplikasi Pintu memiliki desain yang minimalis, spread kompetitif, dilengkapi dengan fitur address book, dan gratis fee jual/beli yang membuatnya semakin menarik untuk dijadikan sebagai tempat berinvestasi cryptocurrency.

Apabila tertarik, daftar di Pintu menggunakan kode referral saya -> ZAIZE988 untuk mendapatkan bonus.

Alternatif

Indodax

Indonesia Digital Asset Exchange atau Indodax merupakan salah satu pemain lama di industri cryptocurrency dan blockchain di Indonesia. Sama seperti aplikasi Pintu, Indodax juga menawarkan layanan jual beli berbagai macam aset digital seperti Bitcoin, Ethereum, Ripple, dan lain-lain. Namun lebih banyak jenisnya saja.

Kekurangan Indodax adalah tampilan web/aplikasinya yang menurut saya tidak ramah untuk semua kalangan serta dapat mengintimidasi pemula yang baru mau terjun berinvestasi di aset kripto.

Selain itu, proses verifikasi akun Indodax juga lumayan ribet. Soalnya, kamu masih diwajibkan untuk upload foto selfie dengan selembar kertas yang bertuliskan Indodax, nama, dan tanda tangan. Hmm

Satu kelebihan Indodax dibandingkan Pintu terletak pada minimum transaksi jual/beli aset kripto, yakni mulai dari Rp10.000.

Tertarik? Buat akun Indodax di sini.

Luno

Luno adalah marketplace cryptocurrency yang sudah beroperasi di lebih dari 40 negara di dunia, sehingga keamanannya pun tidak perlu diragukan lagi. Tampilan web/aplikasinya pun terbilang ramah, minimalis, dan tidak membingungkan sehingga cocok untuk semua kalangan investor.

Satu keunggulan Luno dibandingkan bursa aset kripto lainnya adalah fitur BTC Luno Savings Wallet. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan Bitcoin secara pasif dengan tingkat bunga rata-rata 4% per tahun cukup dengan menyimpan Bitcoin yang kamu miliki di BTC Luno Savings Wallet. Menariknya lagi, fitur ini tidak mengenakan biaya admin dan biaya bulanan lho alias 100% gratis.

Apabila tertarik, daftar di Luno menggunakan kode referral -> XVXKZJ untuk mendapatkan bonus bitcoin.

Triv

Saya masih harus mencoba Triv terlebih dulu sebelum memberikan penilaian.

Author

Carpe diem

Write A Comment

Dapatkan Ilmu dan Tips Cuan dari Investasi Eksklusif setiap hari Selasa! 
Daftar dan bergabunglah dengan 1200+ subscribers lainnya
Subscribe
No spam. Unsubscribe kapan saja.
close-link