Review Pintu – Aplikasi Investasi Aset Kripto 24 Jam, Cuan Mudah Kapan Saja!

Artikel review aplikasi Pintu ini saya buat untuk menjawab berbagai pertanyaan pembaca tentang aplikasi Pintu jual beli crypto. Misalnya, apakah app Pintu penipuan, bagaimana cara menabung di aplikasi pintu, dan lain sebagainya.

TLDR:

  • Pintu adalah aplikasi jual beli aset kripto di Indonesia yang sudah resmi terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI
  • Jumlah aset kripto yang bisa diperdagangkan di aplikasi Pintu lumayan banyak dan terus bertambah seiring waktu
  • Saat ini Pintu hanya menyediakan fasilitas jual beli aset kripto saja, tidak ada fitur staking token untuk earn rewards sebagaimana di bursa yang lain
  • Minimum pembelian aset kripto di Pintu Rp11.000 dan gratis biaya transaksi

📢 Dapatkan hadiah uang tunai hingga Rp1.000.000 gratis dari Pintu. Daftar dengan kode referral -> ZAIZE988

Apa itu Pintu?

Aplikasi Pintu adalah aplikasi jual beli Bitcoin dan investasi aset digital. Aplikasi Pintu diluncurkan pada bulan April 2020 lalu oleh PT. Pintu Kemana Saja, startup asal Indonesia yang bergerak di sektor industri cryptocurrency dan blockchain.

Di aplikasi Pintu, pengguna dapat membeli, menyimpan, mengirim, berinvestasi, dan menjual berbagai aset kripto seperti Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Tether (USDT), Binance Coin (BNB), Yearn.Finance (YFI), dan masih banyak lagi.

Berikut daftar lengkap cryptocurrency yang tersedia di aplikasi Pintu saat ini, antara lain:

  • Bitcoin (BTC)
  • Ethereum (ETH)
  • Tether (USDT)
  • Binance Coin (BNB)
  • Compound (COMP)
  • Chainlink (LINK)
  • Synthetix (SNX)
  • Yearn.finance (YFI)
  • Uniswap (UNI)
  • Maker (MKR)
  • AAVE
  • SushiSwap (SUSHI)
  • The Graph (GRT)
  • Balancer (BAL)
  • Curve Finance (CRV)
  • Polygon (MATIC)

*Daftar aset kripto di Pintu dapat berubah-ubah seiring waktu. Pastikan untuk cek secara berkala

Desain UI/UX Aplikasi Pintu

Berbeda dengan bursa aset kripto lainnya, Pintu cuma boleh diakses via aplikasi smartphone. Sehingga kamu wajib mendownload aplikasinya bila ingin mendaftar dan melakukan jual beli aset Kripto di Pintu.

Meski hanya tersedia dalam bentuk aplikasi mobile, Pintu sangatlah mudah digunakan. Ini karena aplikasi Pintu memiliki tampilan UI/UX yang sederhana, minimalis, fokus, dan punya banyak space putih sehingga nyaman dan tidak membingungkan saat digunakan.

Tampilan aplikasi Pintu
Tampilan aplikasi Pintu
Tampilan aplikasi Pintu
Tampilan aplikasi Pintu
Tampilan aplikasi Pintu

Dibandingkan dengan aplikasi jual beli aset kripto lainnya yang pernah saya coba, tampilan aplikasi Pintu-lah yang paling saya favoritkan sejauh ini.

Bahkan, tidak berlebihan bila saya menganggap aplikasi Pintu ini mirip seperti aplikasi investasi reksadana Bibit.

Kemudahan Mendaftar

Cara daftar aplikasi Pintu sangatlah mudah dan cepat. Sayangnya, untuk proses verifikasi akun dapat memakan waktu yang cukup lama, maksimal 7×24 jam.

Kalau berdasarkan pengalaman saya waktu itu, butuh sekitar 6 hari sampai akun saya diverifikasi pihak Pintu. Pengguna lain ada yang cuma butuh 2 – 4 hari sampai akun mereka diverifikasi.  Jadi, beda-beda.

Sebelum daftar, download app Pintu terlebih dulu di Google Play atau App Store. Setelah itu, simak video tutorial cara daftar aplikasi Pintu di bawah ini:

Minimum investasi di Pintu

Minimum pembelian aset kripto di aplikasi Pintu lumayan terjangkau, yakni sebesar Rp11.000.

Fitur Pintu

Aplikasi Pintu hadir dengan sejumlah fitur standar bursa aset kripto seperti deposit/withdraw saldo Rupiah, dompet kripto, beli/jual dan kirim/terima aset kripto, serta menu berita yang umum kamu temukan di semua aplikasi investasi kripto.

Satu hal yang membedakan aplikasi Pintu dengan yang lain adalah fitur address book. Melalui fitur ini, kamu bisa membuat @username unik kamu sendiri, kirim-terima crypto cukup pakai @username, serta menyimpan @username teman kamu sebagai kontak dalam buku alamat.

Selain itu, di aplikasi Pintu juga terdapat fitur Alert yang memungkinkan kamu untuk memasang pengingat pada suatu aset kripto ketiga harganya mencapai titik tertentu. Sehingga kamu bisa melakukan TP (take profit) atau CL (cut loss) aset kripto di saat yang tepat.

Referral Pintu

Demi menggaet pengguna baru, aplikasi Pintu juga turut meluncurkan program referral yang dapat diikuti oleh setiap orang.

Program referral ini akan memberi reward uang tunai senilai Rp5.000 – Rp1.000.000  baik kepada orang yang berhasil mengajak maupun orang yang diajak.

Untuk mendapatkan reward uang tunai, kamu wajib memasukkan kode referral saat mendaftar di aplikasi Pintu dan melakukan transaksi pembelian aset kripto apa saja minimal Rp50.000 dalam sekali transaksi.

Kode Referral Aplikasi Pintu

Bonus uang tunai yang saya peroleh setelah daftar menggunakan kode referral teman saya

Kualitas Customer Service

Untuk memaksimalkan pelayanan, aplikasi Pintu juga menghadirkan fitur chat dengan Customer Service yang dapat kamu akses di menu Akun -> Chat Support.

Saya pernah dua kali mencoba fitur ini di hari Minggu dan menurut penilaian saya CS mereka cukup responsif serta benar-benar memberikan jawaban yang solutif. Bukan CS kaleng-kaleng yang cuma memberikan jawaban template yang tidak menyelesaikan masalah.

Fitur Chat Support Aplikasi Pintu

Kelebihan dan Kekurangan Pintu

Kelebihan:

  • Minimum investasi terjangkau, cuma Rp11.000
  • Tampilan aplikasi sederhana, mudah dioperasikan
  • Daftar aset kripto lumayan banyak dan beragam
  • Gratis fee jual beli crypto
  • Spread kompetitif
  • Keamanan akun terjamin lewat fitur buka dengan sidik jari dan PIN 6 angka
  • Terdapat komunitas telegram yang membantu di t.me/pintuindonesia
  • Memiliki fitur address book yang sangat berguna untuk mencegah salah memasukkan alamat wallet

Kekurangan:

  • Verifikasi akun lama
  • Jumlah aset kripto yang tersedia di aplikasi Pintu relatif sedikit dibandingkan pesaingnya seperti Tokocrypto, Zipmex, Indodax, Luno, dll
  • Pilihan top up saldo terbatas, hanya tersedia BNI, Bank Mandiri, OVO, dan transfer antar bank yang mana akan dikenakan biaya.
  • Penarikan saldo rupiah ke rekening pribadi dikenakan biaya flat Rp4.500 sekalipun rekening banknya sama

FAQ

1. Apakah aplikasi Pintu penipu?

Tidak. PT. Pintu Kemana Saja (Pintu) merupakan salah satu perusahaan legal yang sudah memperoleh tanda daftar dari BAPPEBTI Kementerian Perdagangan Republik Indonesia sebagai calon pedagang fisik aset kripto (cek di sini). Sehingga kamu tidak perlu ragu lagi bila ingin mendaftar dan berinvestasi crypto di aplikasi Pintu.  

2. Apakah aplikasi Pintu terdaftar di OJK?

Tidak, karena aplikasi Pintu bukan perusahaan yang bergerak di sektor jasa keuangan, tetapi di sektor perdagangan komoditi (aset kripto digolongkan sebagai komoditi oleh Pemerintah). Makanya, izinnya adalah BAPPEBTI, bukan OJK.

3. Bagaimana cara investasi di aplikasi Pintu?

Cara investasi di aplikasi Pintu sangat mudah. Pertama, pilih aset kripto yang ingin kamu beli. Kedua, cek harga beli/jual yang berlaku pada saat itu. Ketiga, masukkan nominal pembelianmu lalu klik tombol Berikutnya. Terakhir, klik tombol Beli Sekarang untuk konfirmasi pembelian aset kripto di aplikasi Pintu.

4. Berapa minimum pembelian aset kripto di aplikasi Pintu?

Untuk semua aset kripto yang ada di aplikasi Pintu berlaku aturan minimum pembelian sebesar Rp11.000. Jadi, sangat terjangkau.

Kesimpulan

Pintu adalah aplikasi jual beli Bitcoin dan aset crypto praktis yang hanya dapat diakses via mobile apps.

Aplikasi Pintu memiliki desain yang minimalis, spread kompetitif, dilengkapi dengan fitur address book, dan gratis fee jual/beli yang membuatnya semakin menarik untuk dijadikan sebagai tempat berinvestasi cryptocurrency.

Apabila tertarik, daftar di Pintu menggunakan kode referral saya -> ZAIZE988 untuk mendapatkan bonus.

Alternatif

1. Indodax

Indonesia Digital Asset Exchange atau Indodax merupakan salah satu pemain lama di industri cryptocurrency dan blockchain di Indonesia. Sama seperti aplikasi Pintu, Indodax juga menawarkan layanan jual beli berbagai macam aset digital seperti Bitcoin, Ethereum, Ripple, dan lain-lain. Namun lebih banyak jenisnya saja.

Kekurangan Indodax adalah tampilan web/aplikasinya yang menurut saya tidak ramah untuk semua kalangan serta dapat mengintimidasi pemula yang baru mau terjun berinvestasi di aset kripto.

Selain itu, proses verifikasi akun Indodax juga lumayan ribet. Soalnya, kamu masih diwajibkan untuk upload foto selfie dengan selembar kertas yang bertuliskan Indodax, nama, dan tanda tangan. Hmm

Satu kelebihan Indodax dibandingkan Pintu terletak pada minimum transaksi jual/beli aset kripto, yakni mulai dari Rp10.000.

Tertarik? Buat akun Indodax di sini.

2. Luno

Luno adalah marketplace cryptocurrency yang sudah beroperasi di lebih dari 40 negara di dunia, sehingga keamanannya pun tidak perlu diragukan lagi. Tampilan web/aplikasinya pun terbilang ramah, minimalis, dan tidak membingungkan sehingga cocok untuk semua kalangan investor.

Satu keunggulan Luno dibandingkan bursa aset kripto lainnya adalah fitur BTC Luno Savings Wallet. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan Bitcoin secara pasif dengan tingkat bunga rata-rata 4% per tahun cukup dengan menyimpan Bitcoin yang kamu miliki di BTC Luno Savings Wallet. Menariknya lagi, fitur ini tidak mengenakan biaya admin dan biaya bulanan lho alias 100% gratis.

Apabila tertarik, daftar di Luno dengan kode referral -> XVXKZJ atau daftar lewat tautan ini untuk mendapatkan bonus bitcoin senilai Rp50.000.

3. Triv

Saya masih harus mencoba Triv terlebih dulu sebelum memberikan penilaian.

Review Pintu – Aplikasi Investasi Aset Kripto 24 Jam, Cuan Mudah Kapan Saja! 1
Zai Alam

A lifelong learner, blogger and part-time investor. I love sharing about personal finance and cuan-related tips. Connect with me on Twitter. (Disclaimer: not a financial advisor)

14 pemikiran pada “Review Pintu – Aplikasi Investasi Aset Kripto 24 Jam, Cuan Mudah Kapan Saja!”

    • Tentu saja ada. Katakanlah mas punya Bitcoin, apakan masnya mau menjual di harga rendah? tentu tidak. Sebaliknya, jika ingin membeli Bitcoin, apakah masnya mau membeli di harga tinggi? tentu juga tidak.

      Karena itu harga sering tidak ketemu. Penjual menawar di nominal sekian, sedangkan pembeli mau di nominal yg lain.

      Maka itu, akan selalu ada spread, perbedaan antara harga jual dan beli pada suatu aset Cryptocurrency. Selain karena alasan tersebut, biasanya besaran spread juga ditentukan oleh bursa kripto itu sendiri untuk meningkatkan keuntungan mereka.

      Balas
  1. Terima kasih atas review-nya.

    Saya mau bertanya, apakah setelah daftar di aplikasi Pintu kita harus juga punya akun di binance, baru bisa bertransaksi crypto? Atau langsung saja bertransaksi crypto lewat aplikasi Pintu tanpa perlu punya akun di binance?

    Ini yang masih saya bingung, mohon pencerahan.

    Balas
    • Binance dan Pintu adalah dua entitas perusahaan yang berbeda. Jadi, mas Cahya bisa langsung daftar di Pintu dan membeli crypto tanpa perlu membuat akun Binance.

      Sekadar informasi saja, Binance sebetulnya belum terdaftar secara legal di Indonesia kendati dia merupakan salah satu bursa exchange crypto terbesar di dunia.

      Balas
  2. Mas, yg ada BUSD selain di Binance, Tokocrypto sama Trustwallet kira-kira ada aplikasi apa lagi?

    Balas
    • Setahu saya BUSD cuman ada di ekosistem Binance saja, termasuk Tokocrypto dan Trustwallet yg berafiliasi langsung dengan Binance. Kalau suatu saat Binance jadi investor atau akuisisi perusahaan crypto lagi, ada kemungkinan token BUSD hadir di situ juga. Untuk sekarang, setahu saya baru Tokocrypto dan Trustwallet platform dedicated lain yang ada BUSD-nya.

      Balas
  3. Saya masih pemula dan masih ingin mencari tahu apa sih aplikasi pintu itu dan bagaimana caranya kita mendapatkan uang disana? Dan haruskah kita mempunyai modal yang besar?

    Balas
    • Di artikel sudah saya jelaskan semuanya kok. Investasi crypto di Pintu bisa mulai dari modal kecil, Rp11.000. Dalam dunia investasi apapun itu, semakin besar modal yang kita punya, semakin besar pula potensi keuntungan yang bisa didapat. Tapi ini bukan berarti kita harus nunggu punya modal besar dulu baru mulai investasi. Lebih cepat lebih baik.

      Balas
  4. Sore kak, tolong tanya jika saya menabung rutin crypto di PINTU, sewaktu waktu bisa saya jual ? Harga mengikuti harga pasaran crypto yang berlaku y kak ?
    Harga crypto saat ini sedang turun, untuk ambil sekarang menurut kakak ini moment yg pas kah ?? Mohon informasinya , baru kali ini mau coba . Terimakasih kak

    Balas
    • 1. Iya aset kripto bisa dijual sewaktu-waktu (tapi pilih yang volume perdagangannya tinggi)
      2. Betul
      3. Maaf, saya tidak bisa kasih rekomendasi beli sekarang atau nanti. Silakan putuskan sesuai analisa sendiri. Kalau ditanya saya, saya kemarin sempat serok ETH pas turun 9%, cuman ini harganya belum naik lagi. hhh

      Balas

Tinggalkan komentar