Kalau kamu termasuk orang yang sering belanja online, maka kamu harus menggunakan Shopback! Seperti judulnya, kali ini saya ingin menulis review tentang aplikasi shopback. Bagaimana pengalaman saya menggunakannya, apa saja kelebihan dan kekurangannya, dan lain-lain. Jadi, tanpa perlu berbasa-basi lagi, berikut ini review saya tentang Shopback Indonesia.

Apa itu Shopback?

First thing first, apa itu Shopback.

Secara singkat, Shopback adalah aplikasi yang bisa kasih kamu duit ketika berbelanja online melalui aplikasi mereka. Nah, duit ini dikasih dalam bentuk cashback, yaitu berupa uang kembali yang nominalnya bisa dalam bentuk fixed (tetap) atau berupa persentase dari jumlah transaksi yang kamu lakukan.

Fixed cashback berarti berapapun nilai transaksi yang kamu lakukan lewat Shopback, nominal cashback yang akan kamu peroleh tetap sama. Misal, kalau nominal cashbacknya sudah ditentukan Rp10 ribu, maka sekalipun kamu melakukan transaksi dalam jumlah besar (berjuta-juta), cashback yang akan kamu peroleh juga tetap 10ribu. Fixed, fellas!

Sebaliknya, untuk percentage cashback  itu tergantung pada seberapa besar nilai transaksi yang kamu lakukan. Semakin besar nilai transaksi, maka semakin besar pula nominal cashback yang akan kamu peroleh.

Apakah Shopback sama seperti Tokopedia, Bukalapak, dll?

Jawabannya adalah TIDAK. Shopback tidak menjual barang sama sekali seperti layaknya kedua marketplace online di atas.  Akan tetapi, Shopback menjalin kerjasama dengan marketplace-marketplace online tersebut untuk memberikan cashback kepada para konsumen yang berbelanja lewat situs Shopback.

Jadi, marketplacenya untung karena mendapatkan konsumen. Konsumen untung karena bisa mendapatkan uang kembali dari transaksi belanja online yang mereka lakukan (jadi lebih hemat). Dan Shopback pun untung karena bisa mendapatkan selisih dari nilai cashback  yang diberikan oleh marketplace.

Adapun untuk nilai cashback yang konsumen peroleh itu berasal dari nilai cashback sebenarnya yang diberikan oleh marketplace dikurangi selisih yang diambil oleh pihak Shopback.

Baca juga: Review Bibit – Platform Investasi Reksadana Otomatis dan Murah!

Jadi, sekali lagi, apakah Shopback sama seperti Tokopedia, Bukalapak, dll? Jawabannya adalah tidak. Shopback malah bisa dikatakan lebih besar dari marketplace-marketplace online tersebut.

Jika Tokopedia, Bukalapak, Lazada, JD.id, dll diibaratkan seperti sebuah mall, maka Shopback adalah pusat perbelanjaan di Jakarta.   

Bagaimana cara kerja shopback?

Shopback memiliki cara kerja yang sangat sederhana, yaitu:

  1. Pertama, kamu membuka aplikasi Shopback (bisa juga via web)
  2. Kedua, pilih salah satu marketplace online yang terdaftar di Shopback untuk kamu jadikan sebagai tempat belanja. Misal, jika kamu pilih Tokopedia, maka kamu akan langsung diarahkan ke web/aplikasi Tokopedia.
  3. Berikutnya, cek ketentuan cashback yang berlaku pada saat itu; apakah dia menggunakan fixed atau percentage cashback. (biasanya terletak di bagian bawah sebelah kanan)
  4. Pilih produk (fisik/digital) yang dijual di marketplace online pilihan kamu sebelumnya. Beli, kemudian selesaikan pembayaran.
  5. Tunggu beberapa saat sampai cashback kamu berhasil di ­track dan divalidasi oleh Shopback.
  6. Jika sudah, maka tunggu lagi beberapa hari/minggu sampai cashback bisa kamu cairkan.

Catatan: Cashback tidak berlaku untuk belanja grosir.

Cara Kerja Shopback dalam gambar:

review aplikasi shopback indonesia
Image from DailySocial

Apakah Shopback Penipu?

Tidak. Meski sampai tulisan ini dibuat saya belum pernah mencairkan cashback saya di Shopback, tetapi melihat review dari beberapa teman blogger lainnya yang sudah pernah cair, maka saya pikir Shopback bukan penipu.

Lagipula, selama saya bekerja di Shopback Indonesia sebagai Freelance Writer, komisi saya selalu dibayarkan tepat waktu (mostly) dan tepat jumlah (always).

Review Pengalaman Menggunakan Aplikasi Shopback Indonesia

Sejauh ini saya baru punya 2 pengalaman menggunakan Shopback yang bisa saya bagikan, yaitu:

  1. Membayar tagihan listrik di Tokopedia
  2. Membeli tiket pesawat di Tiket.com

Untuk pembayaran tagihan listrik, awalnya saya mendapatkan cashback senilai Rp7.500. Akan tetapi, gak tahu kenapa, beberapa hari kemudian cashback saya bertambah menjadi Rp10.000. Btw, jumlah tagihan listrik yang saya bayar waktu itu senilai Rp400 ribuan.

Sedangkan untuk pembelian tiket pesawat, saya mendapatkan cashback fixed senilai Rp7.500. (Cashback dihitung per seat Rp7.500)

pembayaran tagihan listrik via Shopback - review aplikasi shopback indonesia
Screenshot 1
pemesanan tiket via Shopback - review aplikasi shopback indonesia
Screenshot 2
Bukti mendapatkan cashback dari Shopback - review aplikasi shopback Indonesia
Screenshot 3

Mau dapat bonus pendaftaran Rp25.000 dari Shopback? Silakan daftar melalui link berikut ini: Daftar Shopback.

Bukti Penarikan uang dari Shopback

Berhubung saya belum mencapai threshold untuk melakukan penarikan cashback di Shopback, maka saya belum bisa memberikan bukti apa-apa di sini. Tetapi jika sudah, nanti pasti akan saya update kok.

Btw, jumlah minimum penarikan di Shopback senilai Rp25.000 untuk penarikan via pulsa, dan Rp50.000 untuk penarikan via ATM.  

Kelebihan Shopback

  • Pertama, belanja online bisa lebih hemat
  • Proses pendaftaran mudah. Cukup masukkan email, nama, nomor telpon, password, dan voila. You’re done! (buat kamu yang ingin mendaftar, silakan klik di sini)
  • Sering memberikan promo dan kode kupon menarik yang sayang untuk dilewatkan.
  • Aplikasinya ringan (16mb)

Kekurangan Shopback

  • Proses validasi cashback memakan waktu yang sangat lama. Bahkan bisa berbulan-bulan. But hey, it’s free money. No need to complain.
  • Cashback akan otomatis hangus jika tidak terdapat transaksi yang dilakukan di Shopback dalam kurun waktu 1 tahun

Siapa yang cocok menggunakan aplikasi Shopback?

Seperti yang saya katakan di awal paragraf, aplikasi Shopback ini cocok banget untuk kamu yang sering belanja online. Pokoknya wajib banget untuk diinstall.

Akan tetapi, kalau kamu sukanya belanja offline, maka kamu bisa menggunakan aplikasi Pomona untuk dapat cashback melalui foto struk. (Baca review saya tentang aplikasi Pomona di sini)


Jadi, itulah sekilas review saya tentang aplikasi Shopback Indonesia. Semoga bermanfaat. Dan sekali lagi, jika kamu tertarik, kamu bisa membuat akun Shopback kamu di sini untuk mendapatkan bonus pendaftaran senilai Rp25.000.

Thanks for reading!

Author

I write, therefore I Am | Blog ini saya gunakan untuk menulis tentang opini, pengalaman, maupun tips2 yang berkaitan dengan topik finansial dan blogging. Buat kamu yang ingin bertanya (request artikel), silahkan langsung melalui halaman Ask ME . Sosial media: Twitter | Instagram Business inquiries: Kontak

3 Comments

  1. punya akun cashback, sebelumnya ga pakai cashback karena udah pakai toped yang ada kode promonya, sekarnag kode promo di toped udah berkurang, jadi kepikiran buat balik lagi ke shopback

    • Zai Reply

      Iya mas, mending balik aja. Soalnya kan Shopback inti bisnisnya di situ. Beda ama Tokped.

Write A Comment