Review Shopback – Cara Pakai, Keuntungan, dan Tips (Update 2021)

Ingin lebih hemat setiap kali belanja online? Pakai aplikasi Shopback! Di artikel ini saya akan mengulas lebih dalam tentang aplikasi Shopback, kegunaannya, dan tips raih cuan lebih banyak dari belanja online.

Belum punya akun Shopback? Daftar di sini untuk klaim bonus pengguna baru senilai Rp12.500

Apa itu Shopback?

Shopback adalah aplikasi yang bisa kasih kamu duit setiap kali belanja online melalui aplikasi mereka. Nah, duit ini dikasih dalam bentuk cashback, yaitu berupa uang kembali yang nominalnya bisa dalam bentuk fixed (tetap) atau berupa persentase dari jumlah transaksi pembelian yang berhasil dilakukan.

Fixed cashback berarti berapapun nilai transaksi yang kamu lakukan lewat Shopback, nominal cashback yang akan kamu peroleh tetap sama. Misal, kalau nominal cashbacknya sudah ditentukan Rp10 ribu, maka sekalipun kamu melakukan transaksi dalam jumlah besar (berjuta-juta), cashback yang akan kamu peroleh juga tetap Rp10 ribu, tetap!

Sebaliknya, untuk percentage cashback itu tergantung pada seberapa besar nilai transaksi yang kamu lakukan. Semakin besar nilai transaksi, semakin besar pula nominal cashback yang bisa kamu peroleh.

Cara Menggunakan Shopback

  1. Buat akun Shopback terlebih dulu, kamu bisa mendaftar di sini (via website)
  2. Pilih salah satu marketplace atau toko online di Shopback yang akan kamu pakai untuk melakukan transaksi pembelian secara online. Misal, jika kamu pilih Tokopedia, otomatis kamu akan langsung diarahkan ke web/aplikasi Tokopedia.
  3. Berikutnya, cek ketentuan cashback yang berlaku pada saat itu; apakah dia menggunakan fixed atau percentage cashback. Jika kamu mengakses Shopback via aplikasi, maka informasi ini terletak di bagian bawah sebelah kanan.
  4. Pilih produk (fisik/digital) yang dijual di marketplace online pilihan kamu sebelumnya. Beli, kemudian selesaikan pembayaran.
  5. Tunggu beberapa saat sampai cashback kamu berhasil di ­track dan divalidasi oleh Shopback.
  6. Jika sudah, tunggu beberapa hari, minggu, atau bulan sampai cashback bisa kamu cairkan.

Catatan: Cashback tidak berlaku untuk pembelian secara grosir

Cara Kerja Shopback dalam gambar:

cara kerja shopback

Fitur Shopback

1. Info Promo Belanja

Shopback menyediakan informasi promo belanja online dari berbagai marketplace dan merchants di satu tempat. Jadi, sebelum kamu belanja, sebaiknya cek dulu apakah ada promo yang tersedia di toko online tersebut dengan buka aplikasi Shopback.

2. Earn More

Ini adalah fitur terbaru dari Shopback yang memungkinkan pengguna untuk raih lebih banyak saldo cashback dengan cara menyelesaikan misi yang tersedia. Mulai dari misi belanja online di merchant tertentu, misi log in aplikasi, hingga misi ajak teman.

Fitur earn more aplikasi Shopback

Cara Mencairkan Cashback di Shopback

Setiap cashback yang terekam di aplikasi Shopback akan terkumpul dulu di Saldo Tertunda selama beberapa hari hingga bulan sebelum bisa dicairkan.

Apabila proses verifikasi oleh pihak merchant telah selesai dilakukan dan transaksi pembelianmu dinyatakan valid, maka status cashback akan berubah dari Saldo Tertunda menjadi Saldo Bisa.

Nah, nominal yang ada di Saldo Bisa inilah yang dapat kamu cairkan ke rekening pribadi atau lewat pulsa. Bagaimana caranya? Simak di bawah ini.

  1. Dari aplikasi Shopback, klik menu Account
  2. Pastikan saldo cashback yang tersedia minimal Rp25.000 agar bisa dilakukan penarikan
  3. Jika saldo cukup, klik tombol Withdraw Cashback
  4. Selanjutnya, pilih metode penarikan cashback, apakah via pulsa atau transfer bank
  5. Isi nominal cashback yang ingin ditarik. Minimal Rp25.000 untuk penarikan via pulsa dan Rp50.000 untuk penarikan via transfer bank
  6. Kalau belum mendaftar rekening bank
  7. Klik tombol Tarik Sekarang
  8. Lakukan verifikasi OTP untuk melanjutkan proses penarikan dana, lalu klik tombol Kirim
  9. Penarikan cashback berhasil

NB: Penarikan saldo cashback via pulsa membutuhkan waktu 1×24 jam, sedangkan kalau via transfer bank dapat memakan waktu 3-5 hari kerja. Penarikan cashback tidak dikenakan biaya layanan apapun.

Program Referral Shopback

Di samping memberikan bonus cashback, Shopback juga memiliki program referral yang memungkinkan pengguna mendapatkan bonus tambahan setiap kali berhasil mengajak teman untuk mendaftar dan menggunakan Shopback.

Adapun cara kerjanya, yaitu:

  1. Pengguna Shopback yang telah terdaftar akan mendapatkan link invite khusus yang bisa diakses di laman referral
  2. Pengguna menyalin link tersebut dan membagikannya kepada teman, bisa via whatsapp ataupun di berbagai platform media sosial
  3. Apabila ada teman yang mendaftar di Shopback menggunakan link tersebut, maka mereka akan langsung mendapatkan bonus pendaftaran senilai Rp12.500
  4. Sementara pengguna Shopback yang berhasil mengajak teman tadi juga akan mendapatkan bonus Rp12.500 apabila teman yang dia ajak sebelumnya sudah melakukan pembelian minimal Rp50.000 lewat Shopback
  5. Jadi, dalam program ini, baik yang mengajak dan yang diajak, keduanya sama-sama untung
cara ajak teman shopback dari artikel review shopback

Program referral Shopback bernama Program Ajak Teman dan memiliki sejumlah syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi agar bonus ajak teman yang diperoleh valid dan bisa ditarik.

Berikut ini syarat dan ketentuan Program Ajak Teman di Shopback yang saya kutip langsung dari website resminya.

ShopBack memberikan bonus Rp 12.500 untuk setiap Pengguna Baru yang memenuhi syarat ajakan teman. 

Ajakan teman dinyatakan sah atau berhasil setelah temanmu memenuhi Syarat & Ketentuan di bawah ini: 

(i) Sudah mendaftarkan diri/ membuat akun ShopBack dari link referral 
(ii) Berhasil melakukan transaksi di merchant manapun minimum Rp 50.000 lewat ShopBack 
(iii) Status Cashback mereka berubah dari "Tertunda" menjadi "Sudah Dikonfirmasi" (iv) Telah mengisi rincian rekening bank untuk penarikan saldo Cashback

Untuk detail lebih lanjut tentang setiap poin di atas: 

i.i) Teman kamu harus mendaftar melalui link referral kamu dan tidak bisa digabung dengan rujukan lain. Link referral terakhir yang diklik yang akan mendapatkan bonus. i.ii) Jika dirujuk melalui email, teman kamu harus memasukkan alamat email yang dimaksud saat mendaftar di ShopBack. 

ii.i) Pembelian pertama rujukan harus berupa pesanan yang sah yang tidak dapat digabung dengan promosi Pengguna Baru lainnya (misalnya program yang sedang berlangsung seperti: Promo Sign Up Bonus Smartfren, AirAsia Big, Indosat Impoin, SGI, dll). 
ii.ii) Pesanan tidak mendapatkan Cashback, apabila ada pembatalan, pengembalian, atau penukaran apa pun tidak akan dihitung dalam pembelanjaan yang memenuhi syarat. ii.iii) Minimum pembelian tidak termasuk untuk merchant berikut: ALL - Accor Live Limitless, Intercontinental Hotel Group. Perlu diingat ini bukan daftar lengkap dan ShopBack berhak untuk menambah atau mengubah daftar. 

iii) Bonus sebesar Rp 12.500 akan masuk ke akun ShopBack kamu ketika teman kamu mendaftar dan melakukan transaksi minimum Rp 50.000 dan ketika cashback mereka statusnya “Sudah Dikonfirmasi”. 

ShopBack berhak atas kebijakannya sendiri dan mutlak untuk mengubah Syarat dan Ketentuan sebagaimana ditetapkan di atas, serta mendiskualifikasi Pengguna mana pun kapan pun. 

ShopBack berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, mendiskualifikasi Pengguna yang mengikuti program Ajak Teman yang dianggap dan/atau didapati melakukan hal-hal yang menyebabkan kerugian bagi pihak ShopBack, termasuk namun tidak terbatas pada tindakan kecurangan dalam mengikuti program ini.

Jumlah orang yang berhasil saya ajak menggunakan Shopback per 18 Juni 2020

jumlah total ajakan shopback

Tertarik menggunakan Shopback? Daftar melalui link referral saya untuk mendapatkan bonus Rp12.500. Atau bisa juga dengan menggunakan kode referral Shopback -> GzmCsm saat mendaftar.

Review Pengalaman Belanja Online pakai Shopback

Saya memiliki beberapa pengalaman menggunakan Shopback yang bisa saya bagikan, diantaranya:

  1. Membayar tagihan listrik di Tokopedia
  2. Membeli tiket pesawat di Tiket.com
  3. Beli buku di Bookdepository

Untuk pembayaran tagihan listrik, saya mendapatkan cashback senilai Rp10.000 dari Shopback yang didapat setelah membayar tagihan listrik senilai Rp400 ribuan.

Sedangkan untuk pembelian tiket pesawat, saya mendapatkan cashback fixed senilai Rp7.500. (Cashback dihitung per seat Rp7.500)

cashback dari Shopback
cashback dari shopback - review shopback
screenshot Shopback

Untuk transaksi pembelian di Bookdepository, saya mendapatkan cashback senilai Rp33.540 setelah belanja buku Deep Work by Cal Newport dan Business Adventures by John Brooks seharga Rp370.027 (cashback kurang lebih 9% dari total transaksi).

Review Shopback – Cara Pakai, Keuntungan, dan Tips (Update 2021) 1
Review Shopback – Cara Pakai, Keuntungan, dan Tips (Update 2021) 2

Kapan saya bisa mencairkan saldo cashback saya di Shopback?

saldo cashback di aplikasi Shopback

Saldo cashback yang ada di Shopback dapat kamu tarik baik dalam bentuk pulsa maupun uang tunai.

Untuk penarikan via pulsa, jumlah minimum saldo cashback yang harus kamu kumpulkan minimal Rp25.000.

Sedangkan untuk penarikan uang tunai atau via atm, kamu wajib mengumpulkan saldo cashback minimal Rp50.000.

*Biaya administrasi mungkin berlaku

Kelebihan dan Kekurangan Shopback

Kelebihan:

  • Belanja online jadi lebih hemat
  • Proses pendaftaran mudah. Cukup masukkan email atau nomor telepon, nama, password, dan voila. You’re done! (Daftar akun Shopback di sini)
  • Sering memberikan promo dan kode kupon menarik yang sayang untuk dilewatkan
  • Aplikasinya ringan
  • Ada program referral dengan bonus lumayan

Kekurangan:

  • Proses validasi cashback hingga bisa dicairkan dapat memakan waktu yang sangat lama. Bahkan bisa berbulan-bulan.
  • Cashback akan otomatis hangus jika tidak terdapat transaksi yang dilakukan di Shopback dalam kurun waktu 1 tahun.

FAQ

1. Apakah Shopback Penipu?

Bukti penarikan saldo cashback di Shopback

Tidak. Saya sudah beberapa kali mencairkan saldo cashback saya dari aplikasi Shopback dan sejauh ini aman dan lancar 100%.

2. Apakah Shopback sama seperti Tokopedia, Shopee, dll?

BEDA! Shopback tidak menjual produk sama sekali layaknya sebuah marketplace online. Tapi, Shopback bertindak sebagai pihak ketiga yang akan memberikan kamu cashback apabila melakukan pembelian di aplikasi toko online tertentu lewat situs Shopback.

3. Berapa banyak marketplace / toko online yang tersedia di Shopback?

Marketplace di aplikasi Shopback

Banyak sekali. Ada toko online dalam negeri dan ada juga yang dari luar negeri. Sebagai pengguna Shopback, kamu pasti akan merasa sangat dimanjakan dengan pilihan yang tersedia.

4. Darimana Shopback mendapatkan keuntungan?

Setiap kali ada pengguna yang belanja online lewat situs Shopback, Shopback akan menerima komisi dari pihak Marketplace. Komisi tersebut nantinya bakal dibagi dua oleh Shopback dan sebagian dikasih ke pengguna yang melakukan transaksi pembelian tadi dalam bentuk cashback. Jadi, dia win-win solution. Selengkapnya, cek rahasia bisnis Shopback.

5. Apa itu saldo tertunda di Shopback?

Saldo tertunda adalah total nilai cashback yang kamu peroleh di aplikasi Shopback, namun belum bisa dicairkan ke rekening pribadi atau lewat pulsa.

6. Bagaimana cara menarik saldo tertunda di Shopback?

Tidak bisa. Kamu harus menunggu sampai statusnya berubah menjadi Saldo Bisa baru cashback tersebut dapat dicairkan.

Kesimpulan

Setelah menggunakan aplikasi Shopback selama kurang lebih dua tahun, saya pikir bakal sangat rugi jika kamu tahu tentang aplikasi ini tapi tidak memanfaatkannya untuk menghemat pengeluaran saat belanja online. Tapi ya semua kembali lagi ke pilihan masing-masing orang. Your life, your choice.

Tertarik daftar aplikasi Shopback? Daftar lewat tautan ini atau gunakan kode referral -> GzmCsm saat registrasi untuk mendapatkan bonus cashback awal Rp12.500.

Zai Alam

A lifelong learner, blogger and part-time investor. I love sharing about personal finance and cuan-related tips. Connect with me on Twitter. (Disclaimer: not a financial advisor)

8 pemikiran pada “Review Shopback – Cara Pakai, Keuntungan, dan Tips (Update 2021)”

  1. punya akun cashback, sebelumnya ga pakai cashback karena udah pakai toped yang ada kode promonya, sekarnag kode promo di toped udah berkurang, jadi kepikiran buat balik lagi ke shopback

    Balas
  2. aku cocok pakai shopback, sejak tau aplikasi ini, nyobain dan keterusan sampe sekarang, lumayan dapet cashback, dikumpulin pelan-pelan. Nabung online hahaha

    Balas
  3. Email & nomor telpon yang didaftarkan di shopback sama yang di e-commerce apa harus sama agar saldonya bisa ditarik?

    Balas

Tinggalkan komentar