Review Bank Neo Commerce (BNC) – Bank Digital Paling Cuan 2022

Persaingan bank digital di Indonesia makin ketat. Setelah kehadiran Jenius BTPN, Digibank, TMRW by UOB, dan beberapa tabungan digital yang sudah meluncur lebih dulu, kini muncul lagi aplikasi perbankan digital terbaru bernama Bank Neo Commerce (BNC).

Awalnya saya urung mencoba layanan perbankan satu ini mengingat saya juga sudah memiliki cukup banyak rekening bank digital yang tidak terpakai. Namun, setelah saya pelajari sedikit tentang fitur dan kelebihan Bank Neo Commerce, rasanya akan sangat rugi jika saya tidak segera mendaftar. Sampai akhirnya saya memutuskan untuk menulis review BNC di blog ini.

Lalu, apakah betul Bank Neo Commerce adalah bank digital paling cuan di 2022 sebagaimana yang saya tulis di judul? Putuskan jawabannya setelah membaca artikel ini.

Daftar akun Bank Neo+ sekarang dan dapatkan tiga bonus berikut setelah berhasil buka rekening dan login ke aplikasi neobank, yaitu:
✅ Kupon Experience Rp10 juta
✅ Uang tunai Rp18.9 ribu
✅ Kupon bunga ekstra 1.8%
Daftar di sini atau pakai kode referral -> 3XL422 saat registrasi.

Apa itu Bank Neo Commerce?

Bank Neo Commerce (BNC) adalah aplikasi bank digital terbaru yang meluncur sejak Maret 2021 di App Store dan Google Play. Sebelum bertransformasi menjadi bank digital, BNC dulunya dikenal dengan nama Bank Yudha Bakti (kode saham: BBYB) yang kemudian diakusisi oleh PT. Akulaku Silvrr Indonesia dan diganti namanya menjadi Bank Neo Commerce pada 7 September 2020 lalu.

Namun, bukan cuma sekadar mengubah merek, perubahan nama ini juga dilakukan BNC agar sesuai dengan visi manajemen: “Banking, Above and Beyond” serta untuk memberikan pengalaman baru (Neo Experience) perbankan yang menyenangkan, unik, dan khas anak muda.

Setidaknya begitu pesan yang saya tangkap dari rangkaian promosi yang  dijalankan BNC belakangan ini. Secara pribadi, saya tidak begitu peduli dengan jargon-jargon marketing tersebut. Asalkan janji marketing-nya dapat di-deliver dengan baik ke konsumen alias bukan cuma gimmick saja, maka itu sudah lebih dari cukup.

Saat ini, Bank Neo Commerce telah berstatus sebagai bank buku II dengan modal inti perseroan lebih dari 1 triliun. Rencananya, BNC akan terus memperkuat modal inti mereka dalam beberapa tahun ke depan dengan menerbitkan sebanyak-banyaknya lembar saham baru untuk diserap investor.

Baca juga:

Dari segi keamanan, Bank Neo Commerce resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta merupakan peserta dari penjaminan LPS. Walau begitu, berhubung saat ini Bank Neo menawarkan bunga di atas LPS, maka semua simpanan nasabah di Bank Neo pun tidak dijamin oleh LPS sesuai ketentuan yang berlaku.

Tapi tenang aja, sebab Bank Neo punya backingan yang kuat dengan sumber dana yang besar. Jadi, kalau terjadi apa-apa, sepertinya dana kita masih aman meskipun tidak menjamin. Lagipula, penawaran bunga simpanan di atas ketentuan LPS ini juga tidak akan berlangsung lama.

Suatu saat Bank Neo pasti akan kembali menawarkan bunga yang sesuai ketentuan LPS, terlebih jika target nasabahnya sudah tercapai. Selain Bank Neo Commerce, bank digital lain yang juga menawarkan bunga di atas ketentuan LPS adalah Jago dan SeaBank.

menu home aplikasi BNC
menu Savings aplikasi Bank Neo Commerce
tampilan menu profile aplikasi BNC

Sekilasi, tampilan antarmuka aplikasi Bank digital Neo Commerce terlihat mirip dengan aplikasi OneAset dan P2P lending Asetku. Ya, wajar saja mengingat dua perusahaan ini berada di bawah naungan Akulaku group.

Produk Perbankan BNC

Saat artikel ini ditulis, BNC memiliki tiga pilihan produk perbankan yang bisa diakses oleh nasabah, yaitu Neo NOW, Neo Wow Instant, dan Neo WOW Extra.

1.    Neo NOW

Neo NOW adalah tabungan fleksibel dari Bank Neo Commerce yang memberikan persentase bunga tinggi mencapai 6% per tahun. Transfer antar bank lewat Neo NOW gratis, tidak ada minimum saldo mengendap, serta bunga bunga dibayar harian.

2.    Neo WOW Instant

Neo WOW Instant adalah produk deposito BNC yang menyediakan dua pilihan tenor. Pertama, tenor 7 hari dengan bunga 6.5% per tahun. Kedua, tenor 3 bulan dengan bunga 7.5% per tahun. Minimal saldo untuk deposito di produk ini adalah Rp200 ribu saja, jadi sangat terjangkau.

3.    Neo WOW Extra

Neo WOW Extra juga merupakan produk deposito dari BNC namun dengan tenor yang lebih lama. Terdapat dua pilihan jangka waktu deposito yang bisa kamu pilih pada produk ini. Pertama, jangka waktu 6 bulan dengan bunga 7.75% per tahun, dan yang kedua, deposito jangka waktu 12 bulan dengan bunga sebesar 8% per tahun. Kalau tertarik, kamu bisa mulai nabung di Neo WOW Extra dengan modal mulai dari Rp200 ribu.

Baca juga: Review Ipotpay – Tabungan Return Tinggi Bebas Biaya Transfer

Promo Bank Neo Commerce

Karena masih tergolong baru, BNC gencar melakukan promosi yang menyasar ke segmen pasar anak muda untuk mendapatkan nasabah baru. Beberapa promo Bank Neo Commerce yang berlaku saat artikel ini ditulis, antara lain:

1.    Hadiah Tunai Harian

Promo ini memberikan hadiah tunai harian kepada pengguna baru yang menyelesaikan misi sesuai petunjuk. Setelah menyelesaikan semua misisnya, saya pribadi hanya mendapatkan total uang tunai sebesar Rp53.000 dari mengikuti promo ini.

2.    Neo Fortune

Promo Neo Fortune memberikan nasabah BNC berbagai macam hadiah selama 7 hari berturut-turut dengan kesempatan mendapat hadiah tunai sebesar Rp999 ribu di hari ke-7. Supaya bisa mengikuti promo ini, kamu mesti punya minimal saldo Rp100 ribu di tabungan Neo NOW. Sekarang semua pengguna bank NEO bisa ikut promo ini tanpa ada syarat saldo tertentu.

3.    BNC x Akulaku

Promo ini akan memberikan kamu bonus hingga Rp10 ribu jika membayar tagihan Akulaku dengan metode pembayaran virtual account BNC. Kalau kamu belum punya akun Akulaku dan memutuskan untuk registrasi lewat BNC, maka akan mendapat bonus sebesar Rp115 ribu dalam bentuk voucher.

halaman neo promo di Bank Neo Commerce

Cara Buka Rekening Bank Neo Commerce

Pendaftaran rekening Bank Neo Commerce dapat dilakukan lewat aplikasi Akulaku atau mendaftar secara manual di aplikasi BNC. Kalau kamu punya akun Akulaku, sebaiknya daftar BNC lewat Akulaku saja karena memiliki proses yang lebih ringkas. Tidak perlu upload KTP, verifikasi wajah, dan lain-lain rekening langsung jadi. Saya sendiri daftar BNC waktu itu juga lewat Akulaku jadi cepat.

Sebaliknya, kalau daftar lewat aplikasi BNC, prosesnya jadi agak panjang namun tetap masih tergolong cepat. Berikut langkah-langkah pendaftaran akun Bank Neo Commerce via aplikasi BNC.

  1. Klik tautan ini -> bit.ly/3i4xBrZ
  2. Masukkan nomor HP yang masih aktif
  3. Lakukan verifikasi OTP lalu klik tombol “Ambil Sekarang”
  4. Lanjutkan pendaftaran dengan mendownload aplikasi BNC di App Store atau Google Play
  5. Log In menggunakan nomor HP yang sudah kamu daftarkan sebelumnya
  6. Klik tombol Buka Rekening pada bagian bawah
  7. Lanjutkan proses pembukaan rekening dengan upload KTP, mengisi formulir data diri yang tersedia, tanda tangan digital, sampai dengan verifikasi wajah.
  8. Tekan tombol “Konfirmasi” dan tunggu sampai akun kamu berhasil diverifikasi
  9. Jika sudah, klik Profil -> Neo Coupon dan klaim bonus kupon experience Rp10 juta yang tersedia
Laman Neo Coupon BNC

Program Referral BNC

Selain promo di atas, Bank Neo Commerce juga memiliki promo ajak teman yang tidak boleh kamu lewatkan. Promo ini akan memberikan kamu bonus uang tunai sebesar Rp25.000 setiap kali berhasil mengajak teman jadi pengguna baru BNC. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan bonus cashback 1% p.a. dari nominal deposito pertama temanmu di BNC.

Sementara bagi nasabah yang diajak akan mendapat tiga bonus spesial pengguna baru, yakni:

  • Uang tunai Rp18.9 ribu
  • Kupon experience Rp10 juta (hanya bunga yang bisa ditarik)
  • Kupon bunga ekstra 1.8%

Apabila kamu tertarik membuat akun di Bank Neo Commerce, bisa mendaftar lewat link ini atau daftar dengan menggunakan kode referral BNC saya -> 3XL422. Setelah itu, jangan lupa login ke aplikasi Bank Neo Commerce agar mendapatkan hadiahnya (jika tidak login, tidak dapat hadiah). Download aplikasi BNC di App Store atau Google Play.

Promo referral BNC hanya berlaku untuk waktu yang terbatas. Agar tidak ketinggalan promo, pastikan kamu mendaftar di Bank Neo Commerce sebelum tanggal tersebut.

Kode referral bank neo commerce (BNC)

Kelebihan dan Kekurangan Bank Neo Commerce

Kelebihan:

  • Aplikasi mudah dioperasikan
  • Proses pendaftaran mudah
  • Gratis biaya admin
  • Gratis biaya transfer antar bank
  • Bunga tabungan dan deposit tinggi, bahkan BNC berani kasih bunga di atas tingkat suku bunga acuan atau BI-7 Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) yang hanya 3.5% per Juni 2021
  • Modal minimum deposit di Bank Neo Commerce terjangkau, Rp200 ribu saja
  • Banyak promo menarik
  • Bisa dipakai untuk cairkan limit Gopay Paylater (baca tutorialnya di sini)

Kekurangan:

  • Walau termasuk salah satu bank peserta penjaminan LPS, saat ini simpanan di Bank Neo tidak dijamin LPS karena menawarkan bunga di atas ketentuan LPS. Begitu pula dengan bank digital lain yang bunganya di atas ketentuan LPS
  • Layanan customer service tidak tersedia di aplikasi. Jika terdapat kendala, nasabah bisa menghubungi BNC lewat email di [email protected]  atau hubungi call center: 1500 – 190 . Kalau mau lebih cepat bisa ke akun media sosial mereka
  • Top up dana ke BNC dapat mengalami penundaan (delay) selama beberapa waktu. Tapi saldonya tetap masuk
  • Belum ada layanan top up e-Wallet dan tagihan seperti yang umum ditemukan pada bank digital

FAQ

1. Apakah Bank Neo Commerce Aman?

Iya. Bank digital BNC telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta merupakan salah satu bank peserta penjaminan LPS.

2. Bagaimana cara buka rekening Bank Neo Commerce?

Pembukaan rekening BNC dapat dilakukan lewat dua cara, yaitu melalui aplikasi BNC itu sendiri atau bisa juga lewat aplikasi Akulaku. Jika ingin buka tabungan Bank Neo Commerce lewat aplikasinya sendiri, silakan baca penjelasan saya di bagian sebelumnya.

Kalau ingin buka rekening Bank Neo Commerce lewat Akulaku, tinggal ikuti saja petunjuk yang ada di aplikasi tersebut. Caranya jauh lebih mudah dan cepat daripada via aplikasi BNC itu sendiri.

3. Apa itu kupon experience Bank Neo?

Kupon experience Bank Neo adalah sebuah kupon promosi dari bank BNC yang memberikan kamu pengalaman memiliki tabungan deposito di bank BNC dalam nominal tertentu, mulai dari Rp100 ribu s/d Rp10 juta.

Tapi ingat, di kupon experience, yang kamu peroleh bukan uang tunainya (enak aja lu), melainkan bunga atau interest dari hasil penempatan deposito senilai tersebut.

4. Apa fungsi kupon experience Neo NOW?

Fungsi kupon experience Neo Now adalah memberikan kamu pengalaman memiliki saldo tabungan Neo Now dengan tingkat bunga 6% per tahun, atau 1.5% lebih tinggi di atas rata-rata suku bunga tabungan di bank lain.

5. Berapa bunga deposito Bank Neo Commerce?

Saat artikel ini ditulis, suku bunga deposito yang berlaku di Bank Neo Commerce berada di kisaran 6.5% – 8% per tahun.

6. Bisakah membeli saham Bank Neo Commerce?

Bisa. Cari saja kode saham BBYB di aplikasi broker saham favorit kamu, misalnya Ajaib.

7. Apakah pengguna baru harus foto bersama dengan pemberi kode referral agar bisa mendapatkan bonus pendaftaran Rp25.000?

Tidak perlu. Per 10 September 2021, syarat foto bersama dengan pengundang untuk daftar akun BNC telah resmi dihilangkan. Hal ini otomatis membuat proses registrasi jadi jauh lebih mudah.

8. Apa yang harus dilakukan setelah daftar Bank NEO?

Segera login di aplikasi Bank Neo agar dapat bonus referral. Setelah itu, lakukan deposit minimal Rp100 ribu agar dapat bonus cashback top up pertama kali hingga Rp200 ribu.

Mainkan Neo Fortune dan kumpulkan poin dengan ikut tabungan Neo WOW, transfer sesama neobank, atau dengan mengajak teman daftar neobank. Poin yang diperoleh nantinya bisa ditukar dengan kupon diskon deposito, bunga tambahan, dan uang tunai yang bisa dicairkan.

Kesimpulan

Selama hampir satu bulan saya menggunakan aplikasi BNC, saya bisa mengatakan untuk saat ini BNC adalah aplikasi bank digital paling cuan karena berani memberikan bunga tabungan dan deposito di atas suku bunga acuan BI. Selain itu, masih ada banyak promo dari Bank Neo Commerce yang bisa dimanfaatkan pengguna. Misalnya, promo referral, pengguna baru, Neo Fortune, dan masih banyak lagi yang semuanya itu akan membuat kamu makin cuan selama menggunakan aplikasi BNC.

Zai Alam

A lifelong learner, blogger and part-time investor. I love sharing about personal finance and cuan-related tips. Connect with me on Twitter. (Disclaimer: not a financial advisor)

47 pemikiran pada “Review Bank Neo Commerce (BNC) – Bank Digital Paling Cuan 2022”

    • Kalau ini saya juga pernah ngalamin. Waktu itu transfer saldo 770rb dari Akulaku ke BNC, dan saldonya masuk agak lama. tidak real time saat itu juga. Kalau saya lihat dari pengalaman nasabah lain di internet, kayaknya masalah ini bersumber dari app Akulakunya. Soalnya kalau saya transfer dari bank lain atau e-Wallet, saldonya selalu masuk real time. (berdasarkan pengalaman pribadi)

      Balas
  1. Scam sih ini menurut saya, kasih bunga gede padahal LPS ada batas max 4%, plus aplikasi banyak yang gagal verifikasi, padahal pakai bank lain aman aman aja

    Balas
    • Betul, LPS saat ini hanya menjamin bunga tabungan bank umum max 3.5%, tapi bukan berarti Bank Neo scam. Bank neo tetap menjadi peserta LPS sama seperti bank lain. Hanya untuk simpanan di Bank Neo (karena melebihi bunga wajar LPS), maka dia tidak dijamin LPS. Kalau merasa yakin dengan Bank Neo, silakan daftar. Kalau tidak, ya terserah.

      Balas
    • Daftar gak daftar BNC tetap aja kalau ada tunggakan di Akulaku pasti kedetect dan ditagih

      Bagusnya pengguna Akulaku daftar BNC agar dapat cashback pas bayar tagihan. Jadi bisa lebih hemat

      Balas
    • Itu sistem 10 juta gimna?kita wajib bayar atau ngak.kan uangnya gak kepake?itu gimna itu persyaratannya.apakah d wajibkan bayar bunga?

      Balas
      • Itu bonus gan. Jadi, kalau agan daftar Bank Neo pake link di artikel, agan bisa dapat bonus kupon experience Neo Now Rp10 juta. Tapi bunganya saja yang bisa ditarik (sekitar 11 ribuan), bukan 10 jutanya itu. Ntar bangkrut Bank Neo. hhh

        Balas
    • Selama saya pakai, tf dari ewallet ke BNC selalu real time ya kak. Gak ada delay. Tapi saya tidak menjamin ke depannya gak bakal ada delay, apalagi kalau Bank Neo lagi ada maintenance.

      Balas
  2. Mau tanya kak, berarti seumpama kasih saldo 100jt, bunga deposito 7% p.a di BNC, itu yang ditanggung LPS hanya 3.5% pa aja kak ya?

    Apa semua dana deposito tadi jika terjadi gagal bayar tdak ditanggung semua? Alias raib dg pokoknya?

    Balas
    • Gak gitu. Untuk semua bank yang ngasih penawaran bunga simpanan di atas bunga LPS, simpanan nasabahnya tidak dijamin. Jadi, kalau banknya bangkrut, duit nasabah gak kembali.

      Balas
  3. kupon 10 juta itu di apain bang, apa cuma di klaim aja terus bisa narik bunganya gitu, atau gimana ?, bisa jelasin secara rinci ga 😀

    Balas
  4. Mw tanya kk..misal ni y..klo deposit 200 selama 7 dgan bunga 6,5%..bunga yg didapt waktu jatuh tempo 7 hari tu y kk??

    Balas
  5. Mau tanya nih, ini perhitungan bunga nya kan per hari
    ini bersifat perkalian dari saldo terakhir atau saldo rata – rata?

    Contoh illustrasi
    Hari 1 = Saldo Rp. 1 juta x 6% x 1 / 365 = 164.38 (Saldo Akhir = Rp. 1,000,164.38)
    untuk hari ke 2, saldo yang dijadikan perkalian itu Saldo Rp. 1 juta, atau saldo akhir?

    Balas
    • Ada deh. Masa saya kasih tahu nominalnya? 😀

      Sejauh ini aman2 aja. BNC punya backingan kuat dan sahamnya juga udah tercatat di BEI. Jadi, kita bisa terus pantau lapkeu mereka secara berkala untuk menilai aman tidaknya simpan dana di BNC

      Balas
  6. Menurut saya mantap sih… paling males antri di bank cabang… pake Neo tinggal set set set udah bisa buka rekening, nabung/isi saldo nya juga sekarang bisa lewat indomaret udah nyaman banget apalagi nanti 2022 katanya bakal support bayar QRIS makin lengkap deh fiturnya. Tinggal fitur kartu kredit digital nya nih yang belum ada kabar

    Balas
    • Betul banget. Tapi kalau soal kartu kredit saya pilih tungguin produk cc-nya Jago atau Seabank. Nampaknya dua bank ini bakal lebih bagus penawarannya. But, let’s see

      Balas
    • Daftar aja trus login di app Neo, nanti tinggal klaim bonusnya di menu Profile > Neo Promo , lalu cari promo yang tulisannya “Hadiah ekslusif pengguna baru”

      Balas
        • Dia kayak undian tiap hari gitu, trus bisa dapat hadiah mulai dari kupon diskon deposit, tambahan bunga, sampai uang tunai. Kalau udah punya akun Bank Neo, klik profile > Neo Promo , lalu klik yang promo Neo Fortune. Saldo minimal mesti Rp100 rbu biar bisa ikutan 2x Neo Fortune tiap hari

          Balas
    • Harusnya aman kak. Soalnya Bank Neo backingannya kuat, sahamnya udah terdaftar di BEI, serta jadi bank peserta LPS (meskipun ini formalitas doang). Saran saya sih, kalau punya uang dingin 100 jutaan, tukar dulu poin neonya di Neo World dengan kupon diskon Rp250 ribu (cuma butuh 6000 poin). Trus lakukan deposit Rp20 juta selama 3 bulan pakai kupon tersebut. Jadi, total ada 5 deposit (100 juta:5) dengan cuan langsung Rp1,25 juta. Kalau dipersenkan, cuan dari kupon aja sudah sekitar 1,25% per 3 bulan, ditambah bunga 7,5% p.a jadinya total cuan sekitar 3% atau 3 jutaan dalam 3 bulan doang. Kalau disetahunkan total imbal hasil yang diperoleh itu bisa 12% p.a atau 3 kali lipat dari bunga tabungan sekarang

      Balas
  7. Kak kalo nabung di Tabungan Neo kan ga dpt bunga tu ya?
    Bagusnya nabung/top up di rek Tabungan Neo apa Neo Now ya kak?

    Balas
      • Kenyataan NOL BESAR neo bank nih,saya coba deposit seminggu dg janji bunga 6.5% perminggu nyatanya habis kontrak gk ada bunga,bahkan saya ikutin sampai 3 periode kontrak NOL% yg ada di saldo,akhirnya saya tarik semua lagi….TIPU2 KAH….????

        Balas
  8. Terus gimana kelanjutannya ada nasabah neo yg hilang uangnya 101 juta di dalam deposito, TDK ada kabarnya apakah dananya sudah dikembalikan atau belum?

    Balas

Tinggalkan komentar