Review SeaBank: Cara Daftar, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan

Di tulisan kali ini saya akan membahas tentang SeaBank, salah satu aplikasi bank digital yang juga populer di Indonesia. Apabila kamu kepikiran untuk buat rekening di “bank orange” ini tapi masih ragu apakah worth atau tidak, sebaiknya simak dulu review SeaBank berdasarkan pengalaman saya berikut ini.

Gunakan kode referral -> DPCZ46 saat buka rekening di SeaBank untuk dapat bonus Rp9 ribu

Apa itu SeaBank?

SeaBank adalah aplikasi perbankan digital yang menyediakan berbagai layanan perbankan secara online lewat aplikasi yang bisa diunduh via smarphone. Sebank sendiri dulunya bernama Bank Kesejahteraan Ekonomi (BKE) yang kemudian diakusisi oleh PT Danadipa Artha Indonesia dan dirubah namanya menjadi PT Bank SeaBank Indonesia atau SeaBank pada 10 Februari 2021.  

PT Danadipa Artha Indonesia adalah perusahaan yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh Turbo Cash, anak perusahaan Sea Group. Dan seperti yang kalian semua tahu, Sea Group (NYSE: SE) adalah perusahaan induk Shopee, sehingga keputusan akuisisi BKE tersebut secara tidak langsung membuat SeaBank jadi “saudara baru”-nyaShopee. Itulah yang menjadi alasan kenapa Shopee juga turut menawarkan user-nya untuk buat rekening di SeaBank.

Per 31 Desember 2021, komposisi pemegang saham SeaBank terdiri dari PT Danadipa Artha Indonesia sebesar 97,56 persen dan PT Koin Investama Nusantara sebesar 2,44%. Sekadar informasi, PT Koin Investama Nusantara juga adalah perusahaan yang dimiliki Sea Group melalui anak perusahaannya Turbo Cash Hong Kong Limited.

Fitur SeaBank

Kalau dibandingkan dengan aplikasi bank digital lain, fitur-fitur yang ditawarkan SeaBank masih sangat terbatas. Tapi bukan berarti SeaBank tidak menarik, melainkan lebih kepada mengusung konsep “minimalis” dimana fitur-fitur yang disediakan hanyalah fitur-fitur penting saja dan yang paling sering dipakai seperti transer antar bank, top up saldo dan e-wallet, bayar tagihan listrik, hingga layanan pembelian pulsa/data.

Secara keseluruhan, berikut daftar fitur yang ada di SeaBank saat ini:

  1. Transfer ke bank lain – Di SeaBank, kamu bisa transfer uang ke banyak tujuan bank secara gratis, setidaknya untuk sekarang
  2. Top up e-Wallet (ShopeePay, GoPay, OVO, Dana, LinkAja, dan i.Saku)
  3. Virtual Account – Fitur ini cuma bisa dipakai untuk transfer ke alamat virtual account SeaBank atau ShopeePay. Too bad.
  4. Bayar tagihan – Ada tagihan listrik, token, hingga beli pulsa/data
  5. Link ke Shopee – Fitur tambahan untuk mempermudah transaksi belanja di Shopee
Beranda SeaBank - Review SeaBank
Halaman utama aplikasi SeaBank

Baca juga:

Biaya dan bunga SeaBank

1. Suku Bunga

Tipe RekeningSuku BungaSuku Bunga Promo (s/d 30 Juni 2022)
Tabungan4% per tahun7% per tahun

2. Biaya

Tipe BiayaNominal
Biaya pembukaan akunGratis
Saldo awal minimumRp 0
Saldo minimum per bulanRp 0
Biaya penalti saldo (Fall Below Fee)Gratis
Biaya administrasiGratis
Biaya penutupan rekeningGratis
Biaya rekening dormanGratis
Biaya transfer ke antar rekening SeaBankGratis
Biaya transfer ke Virtual Account SeaBankGratis
Biaya transfer ke rekening Bank lain (RTOL)Gratis (100x per bulan)
Biaya transfer ke rekening Bank lain (SKN)Gratis (100x per bulan)
Biaya transfer ke e-walletGratis (100x per bulan)

Cara Membuka Rekening SeaBank

Berdasarkan pengalaman pribadi, proses buka rekening SeaBank sangat mudah dan cepat. Jauh lebih praktis dibandingkan mendaftar di bank digital lain yang pernah saya coba.

Apabila tertarik mendaftar, berikut tutorial cara daftar SeaBank secara ringkas:

  1. Download aplikasi SeaBank di App Store atau Google Play
  2. Buka aplikasi SeaBank lalu klik daftar dengan nomor handphone
  3. Sebelum memasukkan nomor handphone, klik tulisan “Klik di sini untuk memasukkan kode referral”yang ada di bagian bawah kolom, lalu masukkan kode referral (bisa pakai punya saya -> DPCZ46) untuk mendapatkan bonus. (langkah ini opsional, cek gambar di bawah 👇)
Tempat memasukkan kode referral SeaBank - artikel Review SeaBank
Kode referral SeaBank
  1. Setelah itu, masukkan nomor handphone kamu yang masih aktif dan lakukan verifikasi OTP
  2. Isi dan lengkapi data diri, termasuk foto KTP dan verifikasi wajah
  3. Pendaftaran berhasil

Kelebihan SeaBank

1.    Aplikasi ringan

Hal ini wajar mengingat SeaBank tidak menghadirkan banyak fitur di aplikasinya seperti kebanyakan bank digital lain.

2.    Proses buka rekening cepat

Di antara semua bank digital yang pernah saya coba (BNC, Jago, Jenius, TMRW), SeaBank sejauh ini adalah yang memiliki proses pendaftaran paling cepat dan praktis.

Baca juga:

3.    Suku bunga 7%

Untuk menggaet nasabah baru, SeaBank menawarkan promo suku bunga tabungan sebesar 7% per tahun (mengalahkan rata-rata imbal hasil reksadana pasar uang) dengan bunga cair tiap hari. Namun perlu diketahui bahwa dengan menerapkan promo ini, secara otomatis tabungan SeaBank menjadi tidak dijamin LPS karena telah melewati tingkat bunga penjaminan LPS.

Aturan batas suku bunga bank yang dijamin LPS

4.    Gratis biaya admin

Simpan uang di SeaBank tidak dikenakan biaya admin apapun. Ini tentu merupakan fitur standar yang ada di hampir semua bank digital, kecuali Jenius yang sudah membebankan biaya admin Rp10.000 per bulan sejak Januari 2021. Aneh banget, udah digital masih aja minta uang administrasi bulanan.

5.    Gratis transfer antarbank

Kalau dilihat aplikasi SeaBank, sebetulnya transfer antarbank dikenakan biaya Rp3.000/transfer. Tapi saat ini biaya tersebut masih digratiskan hingga waktu yang belum ditentukan.

6.    Tanpa minimum saldo rekening

Sekali lagi, mirip dengan aplikasi perbankan digital lainnya, di SeaBank juga tidak ada aturan minimum saldo di rekening. Jadi kalau suatu saat kamu berniat untuk menarik semua saldo tabungan di SeaBank, ya gak masalah. Tabungannya bisa di-nol-kan.

7.    Ekosistem induk Shopee (Sea Group)

Seperti yang sudah saya sebutkan di awal, SeaBank adalah bagian dari SeaGroup. Konsekuensinya, segala transaksi keuangan yang akan kita lakukan di semua perusahaan di bawah naungan SeaGroup (Shopee, Garena, dll) pasti akan jadi lebih dimudahkan. Entah itu dikasih gratis biaya, cashback, atau diskon tertentu.

Kekurangan SeaBank

1.    Minim fitur

Yap, fitur yang terdapat di SeaBank sangat terbatas. Sejauh ini hanya fitur-fitur standar saja yang tersedia seperti transfer ke bank lain, top up saldo, top up e-wallet, virtual account, hingga bayar tagihan listrik dan pulsa.

2.    Tidak bisa tarik tunai di ATM

Bukan cuma fitur saja yang terbatas, tapi SeaBank juga tidak punya kartu atm sama sekali. Jadi, saldo yang ada tidak bisa ditarik tunai langsung di ATM. Melainkan saldonya harus ditransfer dulu ke bank lain untuk dicairkan lewat ATM bank tersebut.

3.    Tidak ada pinjaman

Saat ini, SeaBank juga tidak menawarkan produk pinjaman sama sekali layaknya perbankan pada umumnya. Tapi, kalau dipikir-pikir, Sea Group sekarang sudah punya ShopeePaylater dan SPinjam untuk produk pinjaman. Jadi, kalau mereka bikin lagi satu produk pinjaman khusus nasabah SeaBank, kayaknya berlebihan deh. Tapi ya bisa aja sih, siapa tahu?

Program referral SeaBank

Sama seperti bank digital lain, SeaBank juga punya program referral yang baru diluncurkan bulan Juni ini.

Program referral SeaBank memberikan bonus Rp25.000 bagi setiap pengguna yang berhasil mengajak orang lain membuka rekening di SeaBank menggunakan kode referral. Sementara bagi pengguna baru yang diajak dan mendaftar di SeaBank menggunakan kode referral akan mendapat bonus Rp9 ribu.

Program Referral SeaBank
Program referral SeaBank

Bonus referral tersebut hanya akan diperoleh jika orang yang diundang mengisi saldo di SeaBank minimal Rp150.000 lalu menahannya sampai masa akhir promo, yaitu 15 Juni 2022. Adapun bonusnya akan masuk ke rekening paling lambat tanggal 23 Juni 2022.

Contoh, Budi adalah pengguna existing SeaBank lalu dia mengajak temannya, Tono, untuk mendaftar di SeaBank dengan menggunakan kode referralnya.

Jika Tono setuju dengan ajakan Budi dan memutuskan untuk buka rekening SeaBank pakai kode referral Budi dan memenuhi syarat minimum saldo di atas, maka Tono akan mendapat bonus Rp9.000 sedangkan Budi akan mendapat bonus Rp25.000.

Tertarik daftar di SeaBank? Kamu bisa pakai kode referral saya -> DPCZ46 untk mendapat bonus.

FAQ

1. Apakah SeaBank penipuan?

Tidak. PT Bank SeaBank Indonesia (SeaBank) adalah perusahaan perbankan yang sudah resmi terdaftar dan diawasi OJK serta merupakan salah satu bank peserta penjaminan LPS.  

Malahan secara historis, SeaBank adalah bank umum yang sudah beroperasi di Indonesia selama lebih dari tiga dekade. Ingat, SeaBank dulu dikenal dengan nama PT Bank Kesejahteraan Ekonomi (Bank BKE) yang berdiri sejak 4 Oktober 1991.

2. Bagaimana cara menabung di SeaBank?

Buka aplikasi SeaBank -> Salin rekening SeaBank kamu -> Transfer saldo ke rekening SeaBank tadi

3. Apakah ada promo di SeaBank?

Ada, saat ini promo yang berlaku adalah bunga tabungan 7%. Selain itu, ada juga promo SeaBank yang kerjasama dengan Shopee. Untuk info promo terbaru SeaBank, cek akun Instagram @Seabank.id

Kesimpulan

Secara keseluruhan, saya menilai SeaBank sebagai bank digital minimalis pertama di Indonesia yang layak untuk dibuat rekeningnya. Sebab kekurangannya, jujur, hanya terletak di fitur saja. Di hal lain, SeaBank bagus-bagus aja bahkan melebihi ekspektasi saya. Mulai dari promo bunga tabungan 7%, proses pendaftarannya yang praktis dan cepat, aplikasi anti-lemot, hingga ekosistem Shopee yang ditawarkannya. Kalau kamu sering belanja di Shopee seperti saya, rasanya tidak ada alasan bagi kamu untuk tidak pake SeaBank.

Zai Alam

A lifelong learner, blogger and part-time investor. I love sharing about personal finance and cuan-related tips. Connect with me on Twitter. (Disclaimer: not a financial advisor)

Tinggalkan komentar