Review Ajaib – Investasi Reksadana dan Saham dalam Satu Aplikasi

Saya menulis artikel review Ajaib ini untuk memberikan penilaian jujur saya terhadap aplikasi investasi saham dan reksadana Ajaib yang belakangan ini ramai dibicarakan di antara komunitas investor saham Indonesia. (I don’t get paid writing this)

📢 Mau saham gratis senilai hingga Rp3.000.000 dari Ajaib? Daftar dengan kode referral -> zai.981

Apa itu Ajaib?

Ajaib adalah aplikasi investasi reksadana dan saham secara online. Aplikasi Ajaib dimiliki oleh Ajaib group yang menaungi dua perusahaan yaitu Ajaib Sekuritas (PT. Ajaib Sekuritas Asia; sebelumnya PT. Primasia Unggul Sekuritas) dan Ajaib Reksadana (PT. Takjub Teknologi Indonesia).

Awalnya, Ajaib hanya menyediakan layanan investasi reksadana online sama seperti aplikasi Bibit. Namun, seiring berjalannya waktu, Ajaib juga memutuskan untuk ikut menyediakan layanan trading saham online lewat akuisisi Primasia Unggul Sekuritas pada Mei 2020.

Kualitas tampilan antarmuka aplikasi Ajaib

Secara keseluruhan, saya suka dengan desain antarmuka aplikasi Ajaib karena memiliki tampilan yang bersih, konsisten, serta didominasi dengan banyak space putih. Hanya saja, dari segi user experience, saya rasa tim Ajaib perlu melakukan beberapa perubahan.

Sebagai pengguna aplikasi Ajaib sendiri, jujur, saya masih seringkali kebingungan saat menggunakan aplikasi Ajaib. Terlalu banyak menu dan bagian yang menurut saya kurang penting namun tetap ditampilkan.

tampilan antarmuka aplikasi ajaib

Selain itu, saya juga tidak bisa secara langsung mendownload dokumen prospektus/fund fact sheet reksadana di aplikasi Ajaib. Akan tetapi, dokumennya dikirim dulu ke email saya baru bisa didownload. Sungguh Merepotkan.

Kuantitas produk Reksadana dan Saham

Tidak seperti Bareksa dan Indopremier, produk reksadana yang tersedia di Ajaib masih lumayan terbatas. Bisa jadi karena perusahaan masih baru sehingga masih perlu menjajaki kerjasama dengan banyak Manajer Investasi lain, atau karena ini merupakan strategi bisnis mereka yang hanya menampilkan produk-produk reksadana terbaik saja di aplikasi Ajaib, sama seperti Bibit.  

Sementara untuk produk saham, tentu saja kamu bisa membeli saham dari semua emiten yang ada di BEI via aplikasi Ajaib.

Minimum Investasi di Ajaib

Minimum investasi reksadana di Ajaib adalah Rp10.000 which is sangat terjangkau. Sementara untuk jumlah minimum investasi saham di Ajaib adalah sama seperti perusahaan sekuritas lain, minimal 1 lot atau 100 lembar saham. Adapun harganya mengikuti nilai dari saham emiten tersebut.

Biaya investasi di Ajaib

Reksadana

100% Gratis. Berinvestasi reksadana di aplikasi Ajaib tidak dikenakan biaya jual/beli reksadana sepeserpun.

Saham

Biaya investasi saham di aplikasi ajaib tergolong murah dan tergantung pada nilai transaksi saham harian masing-masing investor dengan detail:

  • 0,10 % broker fee per transaksi beli/jual saham, berlaku untuk investor dengan nilai transaksi harian di bawah Rp150 juta
  • 0,09% broker fee per transaksi beli/jual saham, berlaku untuk investor dengan nilai transaksi harian Rp150 juta – Rp1.5 miliar
  • 0,08% broker fee per transaksi beli/jual saham, berlaku untuk investor dengan nilai transaksi harian di atas Rp1.5 miliar

*belum termasuk biaya levy (BEI, KPEI, KSEI) 0,043%, PPN biaya broker 10%, dan PPh final untuk transaksi jual 0,1%.​

Fitur Ajaib

Aplikasi Ajaib hadir dengan sejumlah fitur menarik yang dapat memudahkan investor untuk berinvestasi reksadana dan saham secara online, antara lain:

1. Buka rekening saham tanpa biaya

Saat membuka rekening saham, investor umumnya diharuskan untuk melakukan deposit dana terlebih dulu. Mulai dari Rp100rb s.d. Rp10 juta atau lebih tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan sekuritas.  

Di Ajaib, kamu tidak perlu melakukan deposit dana awal sama sekali hanya untuk membuka rekening saham. Luar biasa!

2. Berita

Di aplikasi Ajaib, kamu dapat membaca berita finansial, ekonomi, bisnis, dan situasi politik dan keamanan dalam negeri dan luar negeri secara langsung tanpa perlu keluar dari aplikasi. Rutin membaca berita mengenai topik tersebut adalah hal penting bagi investor karena dapat membantu investor mengambil keputusan yang tepat sebelum berinvestasi.

3. Forum

Di aplikasi Ajaib terdapat juga forum yang bisa kamu gunakan untuk bertanya dan berbagi pikiran dengan sesama investor Ajaib. Fitur yang sama juga tersedia di aplikasi Stockbit, hanya saja komunitas Ajaib masih belum terlalu rame bila dibandingkan dengan Stockbit. Wajar masih baru.  

forum Ajaib

4. Penasihat keuangan

Di Ajaib terdapat fitur penasihat keuangan yang memungkinkan investor untuk berkonsultasi dengan tim financial expert Ajaib. Fitur ini berada di menu “Pusat Bantuan” aplikasi Ajaib dan disandingkan bersama dengan fitur “customer service”.

Meskipun saya tidak bisa menjamin tim financial expert Ajaib adalah mereka yang benar-benar ahli di bidang perencanaan keuangan, namun jujur saja, saya sangat mengapresiasi Ajaib karena bersedia menghadirkan fitur ini kepada penggunanya. I mean, dari mana lagi kamu bisa dapat nasihat finansial dari ahlinya secara gratis?

5. Misi

Ajaib memiliki fitur “misi” yang menurut saya cukup menarik. Fitur ini memungkinkan investor untuk mendapatkan bonus reksadana gratis sebesar Rp500.000 dari Ajaib dengan syarat wajib menyelesaikan semua misi yang diberikan.

Kendati menarik, bonus ini sesungguhnya masih bersifat untung-untungan karena pemenang diundi oleh pihak Ajaib secara acak dan hanya boleh ada 3 pemenang beruntung setiap bulannya.

Fitur misi Ajaib

6. Beli saham IPO

Pengen beli saham yang mau IPO (Initial Public Offering)? di Ajaib sekarang juga bisa! Tonton video berikut untuk pelajari lebih lanjut:

Program Referral Ajaib

Program referral Ajaib terus mengalami perubahan seiring dengan perkembangan jumlah pengguna.

Saat ini (per 25 Agustus 2021) kebijakan yang berlaku adalah setiap pengguna yang berhasil mengajak teman untuk mendaftar dan berinvestasi di Ajaib akan mendapat bonus berupa “satu koin Ajaib”. Koin ini nantinya dapat dimainkan di permainan karpet Ajaib untuk mendapatkan hadiah satu lot saham gratis.

Hadiah saham sendiri didapatkan secara acak, dengan nilai saham terkecil sebesar Rp6.000, dan nilai saham tertinggi sebesar Rp3.000.000.

Review Ajaib – Investasi Reksadana dan Saham dalam Satu Aplikasi 1

Pengguna baru yang mendaftar menggunakan kode referral Ajaib juga akan mendapatkan bonus serupa, 1 koin Ajaib yang bisa juga ditukar dengan hadiah satu lot saham gratis.

Namun, dengan syarat, kamu harus investasi reksadana atau saham dulu di Ajaib dalam kurun waktu 30 hari setelah terdaftar.

Jika setelah lewat 30 hari kamu belum juga berinvestasi, maka hadiah 1 koin Ajaib tersebut otomatis dianggap hangus.

Dikarenakan saya update artikel minimal 4 bulan sekali, maka bisa saja peraturan yang kamu baca saat ini sudah berubah. Untuk membaca syarat dan ketentuan referral Ajaib terbaru, klik tautan ini.

kode referral ajaib

Kemudahan mendaftar dan berinvestasi di Ajaib

Mendaftar di Ajaib sangat mudah karena semua prosesnya dilakukan secara online tanpa perlu mengirim dokumen fisik, serta cepat; tidak membutuhkan waktu lama dari proses registrasi sampai bisa mulai berinvestasi.

Silakan tonton video di bawah ini untuk mengetahui detail bagaimana cara mendaftar di Ajaib:  

Bagaimana dengan proses berinvestasi di Ajaib? Ketinggalan.

Dibandingkan dengan platform lain, metode pembayaran reksadana yang tersedia di aplikasi Ajaib masih sangat terbatas, cuman dua, yaitu transfer bank manual dan via dompet digital OVO.

Metode pembayaran reksadana di Ajaib

Saya harap pihak Ajaib segera menambah metode pembayaran lain seperti virtual account dan platform dompet digital lainnya, seperti Gopay, Dana, dan Link Aja.

I mean… zaman sekarang masih harus upload bukti transfer untuk konfirmasi pembayaran? Sangat primitif.

Kualitas Customer Service Ajaib

Ajaib memiliki layanan konsumen yang cukup baik dan cepat namun hanya apabila kamu menghubungi mereka di jam kerja. Hal ini berbeda dengan Bibit yang sekalipun bukan jam kerja masih tetap melayani (walau tidak secepat saat jam kerja).

Berikut jam layanan operasional customer service Ajaib:

  • Senin – Jumat: 09.00 s.d. 18.00 WIB
  • Sabtu – Minggu: 09.00 s.d. 14.00 WIB

Jika kamu ingin menghubungi Ajaib via email, bisa hubungi di [email protected]

Kelebihan dan kekurangan Ajaib

Kelebihan Ajaib:

  • Tampilan antarmuka bersih
  • Proses pendaftaran mudah
  • Bisa diakses via website dan aplikasi (download di App Store atau Google Play)
  • Minimum investasi reksadana sangat terjangkau, mulai dari Rp10.000
  • Bisa buka rekening saham tanpa deposit dana awal
  • Biaya transaksi jual beli reksadana 0 rupiah alias gratis
  • Biaya transaksi jual beli saham minim, lebih rendah dari perusahaan sekuritas lain
  • Ada program referral, bisa jadi kesempatan untuk menambah pundi-pundi rupiah
  • Terdapat forum untuk bertanya dan berdiskusi langsung dengan pengguna Ajaib lainnya yang dapat diakses via web/aplikasi

Kekurangan Ajaib:

  • Bagi investor baru, menggunakan aplikasi Ajaib dapat cukup membingungkan
  • Produk reksadana terbatas
  • Program referral kurang fair dengan syarat dan ketentuan yang rumit
  • Customer service hanya membalas saat jam operasional
  • Untuk mendownload dokumen prospektus dan fund fact sheet produk reksadana masih ribet jika dilakukan via aplikasi Ajaib. Kalau diakses via web sih aman-aman saja.
  • Fitur jual beli saham di aplikasi Ajaib masih terbatas, tidak sama seperti di Stockbit, IPOT, dll. Masih banyak yang perlu ditingkatkan.
  • Metode pembayaran reksadana yang tersedia masih sangat terbatas.

FAQ

1. Apakah Ajaib Aman?

Tentu saja! Ajaib Reksa Dana atau PT. Takjub Teknologi Indonesia adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) resmi yang berdiri sejak tahun 2019 serta telah terdaftar dan diawasi OJK dengan nomor izin KEP-17/PM.21/2018.

Sementara Ajaib Sekuritas atau PT. Ajaib Sekuritas Asia adalah perusahaan sekuritas terdaftar dan diawasi OJK dengan nomor izin KEP-171/PM/1992.  Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1989 dan dulunya bernama PT. Primasia Unggul Sekuritas.

2. Apakah Ajaib Penipu?

Tidak. Ajaib bukan penipu karena Ajaib adalah perusahaan yang beroperasi secara legal di Indonesia. Selain itu, saya juga belum mendapati ada kabar buruk tentang Ajaib sejauh ini kecuali hoax yang disebabkan oleh kekeliruan pihak OJK pada tahun 2019 lalu.

3. Apakah Ajaib syariah atau tidak?

Di aplikasi Ajaib, kamu dapat berinvestasi di reksadana dan saham konvensional maupun syariah.

Kesimpulan

Jika dilihat dari beberapa hal, seperti kualitas user experience, fitur, jumlah produk reksadana, dan skema program referral, Ajaib mungkin masih kalah dengan sejumlah pesaingnya.

Meski begitu, kalau kamu mencari aplikasi yang dapat digunakan untuk berinvestasi reksadana dan saham sekaligus dengan desain antarmuka yang bersih, saya rasa Ajaib adalah pilihan yang tepat.    

Bagi kamu yang tertarik berinvestasi di Ajaib, jangan lupa gunakan kode referral saya -> zai.981 untuk mendapatkan bonus.

Alternatif

1. Bibit

Review Ajaib – Investasi Reksadana dan Saham dalam Satu Aplikasi 2

Diantara semua aplikasi investasi reksadana yang ada, saya paling merekomendasikan Bibit. Entah untuk digunakan pemula maupun yang sudah mahir. Ini karena Bibit memiliki desain UI/UX aplikasi yang sederhana, tidak membingungkan, memiliki fitur lengkap, serta hanya fokus menggarap instrumen reksadana.

Beda dengan aplikasi lain yang entah kenapa lambat laun kehilangan fokus dan menambah cabangnya ke instrumen investasi lain, seperti saham, emas, SBN, dan lain sebagainya.

Dapatkan saldo reksadana Rp25.000 gratis dari Bibit. Daftar dengan kode referral -> zaipad50

2. Bareksa

Review Ajaib – Investasi Reksadana dan Saham dalam Satu Aplikasi 3

Dibandingkan aplikasi lain, Bareksa memiliki keunggulan di jumlah produk reksadana yang tersedia. Selain itu, Bareksa juga menawarkan program tabungan umroh melalui investasi reksadana yang belum pernah saya lihat ada di aplikasi lain.

Baca juga: Berapa Biaya Umroh yang Wajar? Tips dan Cara Menyiapkan Dana Umroh

Saat ini, status saya di Bareksa masih sebagai pengguna terdaftar dan belum pernah mencoba berinvestasi reksadana di sana. Nanti, jika sudah, saya akan update kembali bagian ini dan menulis review lengkap Bareksa di artikel yang akan datang.

3. BukaReksa

Review Ajaib – Investasi Reksadana dan Saham dalam Satu Aplikasi 4

BukaReksa bekerjasama dengan APERD Bareksa dan Tanamduit untuk menjual produk reksadana di aplikasi Bukalapak. Jujur, saya tidak begitu menyukai investasi reksadana di aplikasi e-commerce karena tidak fokus dan dapat tergoda untuk lebih banyak belanja.

Dua keunggulan BukaReksa yang sulit ditemukan di aplikasi lain adalah pencairan saldo reksadana instan (hanya 1 menit setelah order jual) dan program promonya yang setiap bulan selalu ada.

4. Tanamduit

Review Ajaib – Investasi Reksadana dan Saham dalam Satu Aplikasi 5

Tanamduit memiliki desain UI/UX aplikasi yang sederhana dan tidak membingungkan. Di Tanamduit, kamu dapat berinvestasi reksadana, emas, Surat Berharga Negara (SBN), dan beli produk asuransi tertentu.

Satu keunggulan dari aplikasi Tanamduit adalah kamu bisa membeli reksadana menggunakan limit Gopay Paylater.

5. Tokopedia ReksaDana

logo tokopedia reksadana

Serupa dengan BukaReksa, Tokopedia Reksadana juga memiliki fitur pencairan dana instan yang sulit kamu temukan di platform investasi reksadana lainnya. Adapun dua kekurangan Tokopedia Reksadana terletak pada fitur dan jumlah produk reksadana yang terbatas.

6. IPOTFund

Logo IPOTFund

Ipotfund merupakan layanan investasi reksadana dari PT. Indopremier Sekuritas. Dari dulu sampai sekarang, beli reksadana di IPOTFund tidak ada ramah-ramahnya bagi pemula. Tampilan UI/UX aplikasi IPOTFund lebih advanced, banyak chart2 dan informasi keuangan yang barangkali hanya berguna bagi mereka yang sudah mahir investasi reksadana.

Zai Alam

A lifelong learner, blogger and part-time investor. I love sharing about personal finance and cuan-related tips. Connect with me on Twitter. (Disclaimer: not a financial advisor)

5 pemikiran pada “Review Ajaib – Investasi Reksadana dan Saham dalam Satu Aplikasi”

  1. Ada satu kekurangan aplikasi Ajaib yang saya rasa patut diketahui. Di Ajaib tidak bisa transaksi Waran dan Rights Issue. Misalnya kemaren pas RI ACST, bnyk yg komplain, krn ACST-R gak bisa diapa2in. Sangat merugikan sih ini, krn R itu hak yg kita dapat cuma2, seharusnya bisa dimanfaatnya. Di Ajaib R ini gak bisa ditebus dan dijual, jadi hangus begitu saja.

    Balas
  2. kekurangan Ajaib:
    1. hasil penjualan saham masuk dalam waktu 3hari setelah nya. tidak langsung masuk ke RDN.
    2. kurang nya info mengenai perbaikan dalam aplikasi.. terkadang mengakibatkan tiba tiba portofolio 0.
    3. CS sangat lambat.. mungkin jumlah nya yang sangat minim. karna kantor offline sangat kecil. tidak mencerminkan perusahan yang memiliki PRUDENT.

    Balas
    • 1. Sesuai regulasi BEI, transaksi jual/beli saham di broker manapun itu selesai maksimal T+2. Tapi kalau menurut pengalaman saya pribadi selama menggunakan Ajaib, dana hasil penjualan saham saya paling sering masuk pada hari itu juga (T+0), tepatnya pada malam hari, atau paling lambat besoknya T+1.
      2. Kalau ini saya belum pernah mengalami kejadian serupa, cuman memang saya pernah mengamati beberapa bugs di aplikasi Ajaib seperti di fitur koin gratisnya. Soal bugs, saya pikir ini masalah yang akan selalu ada selama aplikasi tersebut terus berkembang dan menambah fitur-fitur baru di dalamnya.
      3. Iya ini benar banget. Awal aplikasi Ajaib meluncur, CSnya pada responsif, namun setelah beberapa lama CS-nya mulai slow respon pake banget. Bisa karena pengaruh jumlah investor baru yang membludak + tenaga CS-nya yang sedikit. Saya akan tambahkan informasi ini di artikel. Thanks sudah mengingatkan.

      Balas
  3. Artikel yang sangat bermanfaat. Saya salah satu pengguna ajaib yang memang pemula di investasi saham. Untuk pemula aplikasi ini sangat mudah digunakan dan tidak sulit untuk belajar. Saat ini ada juga IG livenya dari sebelum jam buka saham yang memberikan masukan perkembangan saham-saham potensial pada hari tsb. Bagi pemula ini memberikan referensi yang sangat berarti agar trading saham yang dilakukan bukan hanya modal nekat tapi memiliki pertimbangan tertentu.

    Balas

Tinggalkan komentar