Review Pluang 2021: Cuan dari Investasi Emas, Crypto, Reksadana, dan Indeks Saham Global

Artikel tentang review aplikasi Pluang ini saya buat untuk menjawab berbagai pertanyaan pembaca tentang aplikasi Pluang. Misalnya, apa saja produk investasi yang tersedia di Pluang, apakah Pluang aman, dan lain sebagainya.

TLDR:

  • Pluang adalah platform yang menyediakan berbagai layanan investasi seperti emas, S&P 500, cryptocurrency, dan reksadana
  • Aplikasi Pluang berafiliasi dengan PT PG Berjangka, PT Sarana Santosa Sejati (Pluang Grow), PT Zipmex Exchange Indonesia (Zipmex), dan PT Aset Digital Berkat (Tokocrypto) yang sudah resmi terdaftar di OJK dan BAPPEBTI sehingga terjamin legalitas dan keamanannya
  • Pluang merupakan satu-satunya aplikasi investasi di Indonesia yang menyediakan layanan investasi saham Amerika secara tidak langsung melalui produk S&P 500 Index Futures

๐Ÿ“ข Dapatkan hadiah uang tunai hingga Rp1.000.000 dari Pluang. Daftar dengan kode referral -> ZAIF598932

Apa itu Pluang?

Pluang adalah aplikasi teknologi finansial yang dikembangkan dan dikelola oleh PT Bumi Santosa Cemerlang. Aplikasi ini berafiliasi dengan PT PG Berjangka untuk menghadirkan layanan investasi emas online dan S&P 500 Index Futures.

Berafiliasi dengan PT Sarana Santosa Sejati (Pluang Grow) untuk menghadirkan layanan investasi Reksa Dana, serta berafiliasi dengan Zipmex (PT ZIPMEX Exchange Indonesia) dan Tokocrypto (PT Aset Digital Berkat) untuk menghadirkan layanan investasi cryptocurrency kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Pluang memiliki tagline โ€œSatu Aplikasi Beragam Investasiโ€. Jadi, besar kemungkinan di masa depan mereka akan menambah lagi beberapa layanan investasi lain untuk menarik minat investor berinvestasi di Pluang.

Saat ini, total sudah ada 4 macam instrumen investasi yang tersedia di aplikasi Pluang antara lain investasi emas, aset kripto, reksadana, dan Indeks saham global (S&P 500 Index Futures).

Baca juga: 7 Aplikasi Reksadana Terbaik 2020 (Review Fitur, Keunggulan, dll)

menu beranda Aplikasi Pluang

Tampilan UI/UX Aplikasi Pluang

Perkara tampilan, saya menilai aplikasi Pluang memiliki desain antarmuka (UI) yang sederhana, konsisten, dan memiliki banyak space putih.

Sementara untuk UX aplikasi Pluang juga lumayan bagus. Soalnya saya tidak mendapati ada kesulitan yang berarti saat pertama kali mencoba mengoperasikan aplikasi Pluang.

Meski begitu, ada satu hal yang tidak saya sukai dari aplikasi Pluang, yaitu menu kabar-nya yang diisi dengan artikel ber-heading dan bergambar terlalu besar, sehingga memakan banyak ruang.

Berbeda dengan menu kabar di aplikasi Ajaib yang menurut saya sangat enak dipandang dan space efisien.  

menu kabar di aplikasi Pluang
menu kabar di Pluang
Review Pluang 2021: Cuan dari Investasi Emas, Crypto, Reksadana, dan Indeks Saham Global 1
bandingkan dengan menu kabar di Ajaib

Kemudahan Mendaftar di Pluang

Cara daftar di aplikasi Pluang sangatlah mudah dan cepat. Selain itu, seluruh prosesnya juga dapat kamu lakukan secara online tanpa perlu ribet mengirim dokumen atau pergi ke kantor Pluang.

Install aplikasi Pluang di smartphone kamu (download di App Store atau Google Play), lalu daftar dengan mengikuti petunjuk yang diberikan. Setelah pendaftaran berhasil, lakukan verifikasi akun lewat proses KYC atau know your customer tahap I.

Berikut video tutorial panduan proses KYC di aplikasi Pluang:

Produk Investasi Pluang

1. Pluang Emas

Di Pluang, kamu bisa investasi emas dengan minimum pembelian sebesar 0,01 gram emas atau saat ini setara dengan Rp10.000.

Selain itu, di Pluang juga terdapat pilihan untuk cicil emas, kirim kado emas, serta tarik emas dalam bentuk fisik minimal 1 gr.

Sementara menyangkut spread  atau selisih harga jual/beli emas di aplikasi Pluang terbilang sangat kompetitif, yakni hanya 3%.

Pluang emas

NB: semakin kecil spread emas berarti semakin cepat pula kamu bisa menghasilkan keuntungan dari investasi emas.

2. Pluang S&P 500

Sebetulnya saya masih kurang paham dengan layanan investasi Micro E-Mini S&P 500 Indeks Berjangka di Pluang. Pasalnya, kalau dilihat dari penjelasan artikel mereka, terkesan layanan investasi ini sama seperti kita belanja reksadana indeks. Beli murah, tahan (hold) sampai profit, lalu realisasikan keuntungan.

Padahal, dari mekanisme jual/belinya saja, produk indeks berjangka jelas berbeda dengan reksadana indeks.

Pada perdagangan berjangka, terdapat fasilitas leverage atau beli kontrak dengan harga DP sedangkan di reksadana indeks tidak ada.

Selain itu, apabila pada reksadana indeks kamu hanya bisa mendapat keuntungan saat harga indeks bergerak naik, maka pada perdagangan indeks berjangka, kamu dapat memperoleh keuntungan baik ketika harga indeks sedang naik atau turun tergantung posisi kontrak yang dipasang.

Anehnya, di Pluang, saya tidak melihat ada pilihan leverage muapun kontrak (long/short) ketika ingin berinvestasi di indeks berjangka S&P 500.

Ketika saya coba menanyakan hal ini ke CS Pluang, kurang lebih jawaban mereka seperti ini:

โ€œInvestor Pluang tidak perlu repot memasang kontrak secara manual karena di produk Micro E-Mini S&P 500 Index Futures Pluang sudah menggunakan sistem automatic rollover atau pemanjangan kontrak secara otomatis yang diinisiasi oleh pihak Pluang. Investor Pluang cukup melakukan beli murah dan jual saat harga naik, serupa dengan berinvestasi reksadana.โ€

Minimum pembelian produk Micro E-Mini S&P 500 Index Futures di Pluang adalah 1 unit atau saat ini setara dengan Rp500 ribuan. (harga dapat berubah-ubah seiring naik/turunnya pergerakan indeks S&P 500)

Portolio S&P 500 Pluang Zaipad
portofolio S&P 500 saya di Pluang

Tonton video berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk Micro E-Mini S&P 500 Pluang:

NB: selisih harga beli dan jual produk investasi S&P 500 di Pluang cukup tinggi (hampir 1 dollar). Selain itu, terdapat juga faktor perbedaan kurs. Jadi, bila kamu ingin investasi S&P 500, pastikan berinvestasi dalam jangka panjang supaya tidak rugi.

3. Pluang Reksa Dana

Masuk pertengahan tahun 2021, Pluang resmi menawarkan produk reksadana di aplikasinya. Dulu, layanan investasi ini direncanakan bernama Pluang Saver tapi setelah meluncur malah diganti menjadi Pluang Reksa Dana.

Saat artikel ini ditulis, hanya ada dua produk reksadana yang bisa dibeli di aplikasi Pluang, yaitu:

Keduanya merupakan produk reksadana yang dikelola oleh manajer investasi PT. UOB Asset Management Indonesia.

Untuk menyediakan fasilitas jual-beli reksadana, Pluang menggandeng anak perusahaannya PT Sarana Santosa Sejati (Pluang Grow) yang telah mendapat izin sebagai APERD dari OJK.

Produk Reksa Dana di Pluang

Minimal investasi reksadana di Pluang adalah Rp15.000 atau sedikit lebih tinggi daripada saat berinvestasi di aplikasi reksadana yang lain seperti Bibit, IPOTFund, Tokopedia Reksadana, BukaReksa, dan lain-lain.

4. Pluang Aset Kripto

Fitur investasi aset kripto Pluang resmi diluncurkan sejak 27 November 2020.

Untuk menghadirkan fitur ini, Pluang bekerjasama dengan Zipmex (PT ZIPMEX Exchange Indonesia) dan Tokocrypto (PT Aset Digital Berkat) selaku pedagang aset kripto yang telah resmi terdaftar di BAPPEBTI.

Daftar aset kripto yang tersedia di Pluang terus bertambah seiring waktu. Dulu, ketika awal meluncur, Pluang hanya menawarkan fasilitas jual beli Bitcoin dan Ethereum.

Tapi sekarang, setidaknya sudah ada 20 aset kripto berbeda yang bisa kamu beli di aplikasi Pluang, antara lain:

  • Bitcoin
  • Ethereum
  • AAVE
  • BAT (Basic Attention Token)
  • Binance
  • Cardano
  • Chainlink
  • Compound
  • Dogecoin
  • Kusama
  • Litecoin
  • Polkadot
  • Polygon
  • Ripple
  • Stellar
  • SushiSwap
  • Swipe
  • Tron
  • Uniswap
  • Yearn Finance (YFI)

Minimal investasi aset kripto di Pluang beragam, tergantung dari cryptocurrency yang ingin dibeli. Sebagai contoh, kalau kamu ingin investasi Bitcoin atau Ethereum di Pluang, harga pembelian minimalnya adalah Rp10.000. Sedangkan kalau beli Cardano minimal Rp25.000, Binance minimal Rp70.000, dan seterusnya.

*Harga dapat berubah-ubah sesuai kebijakan terbaru Pluang

5. Beli dolar AS

Untuk mengakomodir pengguna yang ingin berinvestasi di produk Pluang S&P 500, Pluang menghadirkan fitur beli mata uang dolar AS yang dapat dibeli menggunakan saldo tunai.

Untuk minimum pembeliannya adalah sebesar $5 dan tidak dapat dibeli secara langsung via transfer bank, virtual account, maupun e-wallet. Tetapi harus melakukan top up saldo tunai terlebih dulu. Agak merepotkan.

Perbedaan Saldo Tunai dan Saldo Voucher Pluang

Di Pluang, total saldo yang kita miliki dibagi menjadi dua kategori, yakni saldo tunai dan saldo voucher.

menu dompet Aplikasi Pluang

Meskipun keduanya bisa digunakan untuk berinvestasi emas dan S&P 500 di Pluang, tetap saja ada beberapa perbedaan yang perlu kamu tahu agar tidak salah dalam mengambil keputusan, diantaranya:

  • Top up Saldo Tunai hanya boleh dilakukan via transfer virtual account. Sedangkan Top up Saldo Voucher boleh dilakukan via redeem voucher, Jenius Pay, atau eWallet seperti Gopay dan LinkAja.
  • Saldo Tunai dapat ditarik ke rekening bank (minimal Rp200.000) atau akun Gopay (min. Rp8.000) kamu. Sedangkan Saldo Voucher tidak dapat ditarik dan hanya bisa digunakan untuk berinvestasi di aplikasi Pluang.

Setelah mengetahui perbedaan tersebut, sebaiknya gunakan saja saldo tunai untuk berinvestasi di aplikasi Pluang. Hindari pakai saldo voucher karena kalau tersisa kasian duitnya mengendap begitu saja.

Referral Pluang

Bulan Oktober 2020 lalu, Pluang resmi meluncurkan program referral di aplikasi mereka. Saat ini, program referral Pluang baru tersedia untuk pengguna smartphone Android versi 4.2.2 ke atas dan belum tersedia untuk aplikasi iOS versi 4.0.9 ke atas.

kode referral Pluang

Program referral Pluang memiliki sistem yang menguntungkan kedua belah pihak dimana bonus akan diterima baik oleh mereka yang berhasil mengajak orang lain mendaftar di aplikasi Pluang maupun pengguna baru yang mendaftar di Pluang menggunakan kode referral.

Untuk bonus referral sendiri diperoleh secara acak dalam bentuk saldo voucher, mulai dari Rp15.000 โ€“ Rp1.000.000 dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Pasti dapat Rp15 ribu untuk setiap ajakan yang berhasil
  • Jika beruntung, kamu bisa dapat saldo voucher sebesar Rp100 ribu untuk setiap ajakan yang berhasil (peluang 5%)
  • Jika beruntung, kamu juga bisa dapat saldo voucher sebesar Rp1 juta untuk setiap ajakan yang berhasil (peluang 2%)

Bagi pengguna baru yang ingin mendapatkan bonus referral Pluang, pastikan kamu mendaftar menggunakan nomor hp yang berbeda dengan yang terdaftar di aplikasi Gojek.

Selain itu, setelah berhasil mendaftar dan melakukan verifikasi akun, kamu juga harus berinvestasi apa saja di Pluang minimal Rp1.000.000 dalam satu kali transaksi agar bisa mendapatkan bonus referral sekurang-kurangnya Rp15 ribu atau paling tinggi Rp1 Juta.

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Pluang

Kelebihan:

  • Desain UI/UX aplikasi Pluang bagus dan tidak membingungkan
  • Satu aplikasi untuk berbagai investasi
  • Pluang adalah aplikasi fintek pertama di Indonesia yang menghadirkan layanan investasi saham Amerika
  • Proses pendaftaran mudah, cepat, dan sepenuhnya dilakukan secara online
  • Promonya lumayan sering
  • Minimum investasi terjangkau
  • Spread emas kompetitif
  • Tersedia fitur cicil emas, kirim emas, dan tarik fisik
  • Belum mengenakan biaya investasi sepeserpun
  • Ada program asuransi gratis dari Pluang yang bekerjasama dengan Lippo Insurance, Prudential, dan KSK Insurance

Kekurangan:

  • Aplikasi terkadang loading
  • Penarikan saldo tunai ke rekening bank minimal Rp200.000
  • Saldo voucher tidak dapat ditarik
  • Customer service cukup responsif, namun hanya boleh diakses setiap hari kerja Senin โ€“ Jumโ€™at pukul 09.00 โ€“ 18.00 WIB. Padahal, aplikasi lain ada yang sampai 24/7
  • Admin grup Telegram Pluang sangat tidak bisa diandalkan. Pertanyaan user jarang dibalas dan mereka juga seringkali mematikan fitur komen di Telegram
  • Server dan tim teknis Pluang payah. Bayangkan, setelah ada lonjakan jumlah pendaftar di aplikasi Pluang, proses KYC kini menjadi makan waktu berhari-hari sehingga membuat sebagian orang kesal.
  • Untuk berinvestasi, kamu harus isi saldo tunai/voucher terlebih dulu di aplikasi Pluang, tidak bisa langsung dari transfer bank. Jadi, lumayan merepotkan.

F.A.Q

1. Apakah Pluang aman?

Tentu saja. Pluang adalah aplikasi penyedia layanan finansial yang aman dan terpercaya di Indonesia yang dalam operasionalnya bekerjasama dengan empat perusahaan berbeda (PG Berjangka, Pluang Grow, Zipmex, dan Tokocrypto) yang semuanya telah resmi mendapat izin dari OJK dan BAPPEBTI.

2. Apakah aplikasi Pluang penipuan?

Tidak. Hingga artikel ini ditulis, saya tidak pernah mendengar satu pun kabar buruk tentang aplikasi Pluang.

3. Berapa minimal investasi emas di Pluang?

Minimal pembelian emas di Pluang adalah sebesar 0,01 gr menyesuaikan harga emas pada saat itu.

4. Berapa minimal investasi S&P 500 di Pluang?

Minimum pembelian produk S&P 500 di Pluang adalah 1 unit penyertaan yang harganya mengikuti harga pasar pada saat itu.

5. Berapa minimal investasi reksadana di Pluang?

Minimal investasi reksadana di Pluang adalah Rp15 ribu.

6. Berapa minimal investasi Bitcoin di Pluang?

Investasi Bitcoin di aplikasi Pluang minimal Rp10 ribu.

7. Berapa minimal investasi Bitcoin di Pluang?

Investasi Ethereum di aplikasi Pluang minimal Rp10 ribu.

8. Berapa minimal investasi Altcoin di Pluang?

Beragam, ada koin yang minimal investasinya Rp25 ribu, Rp70 ribu, dan yang paling tinggi Rp200 ribu.

9. Apakah Pluang memiliki grup Telegram Official?

Iya, namanya Kabar Pluang โ€“ klik di sini untuk bergabung. (Hati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Pluang)

10. Apakah Pluang diawasi OJK?

Iya. Pluang Grow atau PT Sarana Santosa Sejati adalah perusahaan APERD yang telah resmi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sementara untuk tiga perusahaan lain (PG Berjangka, Tokocyrpto, dan Zipmex), mereka tidak butuh izin OJK untuk beroperasi. Melainkan, izin dari BAPPEBTI yang mana tiga-tiganya juga sudah mengantongi izin tersebut.

Kesimpulan

Bagi saya, aplikasi Pluang sebetulnya sangat cocok bagi investor yang ingin berinvestasi emas online karena Pluang memiliki spread yang kompetitif, hanya 3% saja.

Selain itu, untuk investor lokal yang ingin berinvestasi saham Amerika, boleh juga ikutan berinvestasi di Micro E-Mini S&P 500 Index Futures, produk berjangka yang menggunakan indeks saham yang terdiri dari 500 saham perusahaan terbaik di Amerika Serikat sebagai underlying asset-nya.

Apabila tertarik, daftar di aplikasi Pluang menggunakan kode referral -> ZAIF598932 untuk mendapatkan bonus.

Alternatif

1. Tanamduit

Review Pluang 2021: Cuan dari Investasi Emas, Crypto, Reksadana, dan Indeks Saham Global 2

Layaknya Pluang, Tanamduit juga menghadirkan berbagai layanan investasi dalam satu aplikasi. Seperti investasi emas, reksadana, Surat Berharga Negara (SBN), dan beli asuransi. Sementara untuk produk S&P 500, sayangnya, tidak ada.

2. Pintu

logo pintu

Pintu adalah aplikasi bursa aset kripto baru di Indonesia yang belakangan ini sedang naik daun. Aplikasi Pintu melayani berbagai transaksi pembelian/penjualan aset kripto, seperti BTC, ETH, hingga YFI secara online, legal, dan aman. Serta gratis biaya transaksi.

Zai Alam

A lifelong learner, blogger and part-time investor. I love sharing about personal finance and cuan-related tips. Connect with me on Twitter. (Disclaimer: not a financial advisor)

12 pemikiran pada “Review Pluang 2021: Cuan dari Investasi Emas, Crypto, Reksadana, dan Indeks Saham Global”

    • Sama dengan nomor yang ada di Gojek juga tidak apa. Asalkan nomor tersebut belum terdaftar di fitur GoInvestasi. Soalnya, kalau nomornya sudah terdaftar, mas dimaur jadi tidak bisa dapat bonus referral lagi setelah mendaftar.

      Balas
    • Berkurang juga. Tapi kerugiannya itu masih unrealized atau belum terealisasi selama crypto tersebut belum kita jual. Kalau yakin dengan masa depan crypto yang dipegang, mending asetnya di hold aja untuk investasi jangka panjang.

      Balas
  1. Untuk berinvestasi, kamu harus isi saldo tunai/voucher terlebih dulu di aplikasi Pluang, tidak bisa langsung dari transfer bank. Jadi, lumayan merepotkan.

    Ini mksd nya, sy virtual trf ke pluang utk isi saldo tunai sebelum sy bs beli?

    Penarikan dana tunai, perlu brp lama utk effective di rek kita?

    Terima kasih review nya, sangat bermanfaat ๐Ÿ™

    Balas
    • Iya, jadi pengguna harus isi saldo Pluang dulu baru bisa beli produk investasi yang tersedia. Untuk proses tarik tunai sendiri, pengalaman saya selalu real time (khusus tarik tunai ke akun Gopay). Cuman kalau di info aplikasi prosesnya bisa 1×24 jam.

      Balas
  2. Apakah pluang menetapkan “negative balance protection”?
    Karena saya baca baca artikel sebagai pemula kita harus cari broker yang menetapkan hal tersebut untuk menghindari kerugian yang beruntun..

    Balas
    • Tidak ada, karena memang Pluang tidak menyediakan fasilitas leverage. Alias investasi pake duit broker (ngutang). Binance salah satu contoh bursa kripto yang ngasih fasilitas leverage, tapi tidak menyediakan fitur negative balance protection. DYOR.

      Balas
      • Jadi seandai nya sy punya saldo 1 juta dan loss..itu saldo nya hilang atau bisa jadi minus??kalau minus berarti sy py hutang dan harus membayar nya??

        Balas
        • Iya kurang lebih seperti itu konsepnya mas kalau di broker yg nyediain leverage. Saldo minus berarti investor ada kewajiban untuk bayar utangnya broker. Sebetulnya trading pake leverage ini udah bukan kelas pemula lagi, tapi harus sudah trader berpengalaman yang sudah sering nganalisa arah pergerakan harga ke depan.

          Kalau di Pluang, kita tinggal invest aja. jual/beli komoditas seperti biasa. Gak ada fitur2 leverage gitu. Jadi lebih cocok untuk pemula.

          Balas

Tinggalkan komentar