Terakhir diperbarui: November 2020

Dapatkan hadiah uang tunai hingga Rp500.000 gratis dari Pluang. Daftar dengan kode referral -> ZAIF598932

Apa itu Pluang?

Pluang adalah aplikasi teknologi finansial milik PT. PG Berjangka. Aplikasi ini menghadirkan layanan investasi emas, S&P 500 Index Futures, Reksa Dana, dan cryptocurrency untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Pluang memiliki taglineSatu Aplikasi untuk Berbagai Investasi”. Jadi, besar kemungkinan di masa depan mereka akan menambah lagi beberapa layanan investasi lain untuk meningkatkan daya tarik aplikasi Pluang.

Apakah investasi saham lokal atau Surat Berharga Negara? saya tidak tahu. Sebaiknya, kita tunggu saja.

Adapun sementara ini, baru layanan investasi emas dan saham Amerika (S&P 500 Index Futures) saja yang sudah resmi tersedia di aplikasi Pluang. Sedangkan, investasi reksadana dan cryptocurrency masih sedang dalam tahap pengembangan dan belum jelas kapan akan resmi diluncurkan.

Baca juga: 7 Aplikasi Reksadana Terbaik 2020 (Review Fitur, Keunggulan, dll)

menu beranda Aplikasi Pluang

Kualitas desain UI/UX Aplikasi Pluang

Perkara tampilan, saya menilai aplikasi Pluang memiliki desain antarmuka (UI) yang sederhana, konsisten, dan memiliki banyak space putih.

Sementara untuk UX aplikasi Pluang juga lumayan bagus. Soalnya saya tidak mendapati ada kesulitan yang berarti saat pertama kali mencoba mengoperasikan aplikasi Pluang.

Meski begitu, ada satu hal yang tidak saya sukai dari aplikasi Pluang, yaitu menu kabar-nya yang diisi dengan artikel ber-heading dan bergambar terlalu besar, sehingga memakan banyak ruang.

Berbeda dengan menu kabar di aplikasi Ajaib yang menurut saya sangat enak dipandang dan space efisien.  

menu kabar di aplikasi Pluang
menu kabar di Pluang
bandingkan dengan menu kabar di Ajaib

Kemudahan Mendaftar

Cara daftar di aplikasi Pluang sangatlah mudah dan cepat. Selain itu, seluruh prosesnya juga dapat kamu lakukan secara online tanpa perlu ribet mengirim dokumen atau pergi ke kantor Pluang.

Install aplikasi Pluang di smartphone kamu (download di App Store atau Google Play), lalu daftar dengan mengikuti petunjuk yang diberikan. Setelah pendaftaran berhasil, lakukan verifikasi akun lewat proses KYC atau know your customer tahap I.

Berikut video tutorial panduan proses KYC di aplikasi Pluang:

Fitur

1. Pluang Emas

Di Pluang, kamu bisa investasi emas dengan minimum pembelian sebesar 0,01 gram emas atau saat ini setara dengan Rp10.000.

Selain itu, di Pluang juga terdapat pilihan untuk cicil emas, kirim kado emas, serta tarik emas dalam bentuk fisik minimal 1 gr.

Sementara menyangkut spread  atau selisih harga jual/beli emas di aplikasi Pluang terbilang sangat kompetitif, yakni hanya 3%.

Bahkan, saat artikel ini ditulis, Pluang lagi ada promo spesial hingga akhir tahun 2020 dimana spread emas yang berlaku turun menjadi cuma 1,75% saja. Wow! Paling rendah diantara semua aplikasi investasi emas yang ada di Indonesia saat ini.

Tip: semakin kecil spread emas berarti semakin cepat pula kamu bisa menghasilkan keuntungan dari investasi emas.

2. Pluang S&P 500

Sebetulnya saya masih kurang paham dengan layanan investasi Micro E-Mini S&P 500 Indeks Berjangka di Pluang. Pasalnya, kalau dilihat dari penjelasan artikel mereka, terkesan layanan investasi ini sama seperti kita belanja reksadana indeks. Beli murah,tahan (hold) sampai profit, lalu realisasikan keuntungan.

Padahal, dari mekanisme jual/belinya saja, produk indeks berjangka jelas berbeda dengan reksadana indeks.

Pada perdagangan berjangka, terdapat fasilitas leverage atau beli kontrak dengan harga DP sedangkan di reksadana indeks tidak ada.

Selain itu, apabila pada reksadana indeks kamu hanya bisa mendapat keuntungan saat harga indeks bergerak naik, maka pada perdagangan indeks berjangka, kamu dapat memperoleh keuntungan baik ketika harga indeks sedang naik atau turun tergantung posisi kontrak yang dipasang.

Anehnya, di Pluang, saya tidak melihat ada pilihan leverage muapun kontrak (long/short) ketika ingin berinvestasi di indeks berjangka S&P 500.

Ketika saya coba menanyakan hal ini ke CS Pluang, kurang lebih jawaban mereka seperti ini:

“Investor Pluang tidak perlu repot memasang kontrak secara manual karena di produk Micro E-Mini S&P 500 Index Futures Pluang sudah menggunakan sistem automatic rollover atau pemanjangan kontrak secara otomatis yang diinisiasi oleh pihak Pluang. Investor Pluang cukup melakukan beli murah dan jual saat harga naik, serupa dengan berinvestasi reksadana.”

Minimum pembelian produk Micro E-Mini S&P 500 Index Futures di Pluang adalah 1 unit atau saat ini setara dengan Rp500 ribuan. (harga dapat berubah-ubah seiring naik/turunnya pergerakan indeks S&P 500)

Tonton video berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk Micro E-Mini S&P 500 Pluang:

3. Pluang Saver

Fitur ini masih coming soon di Pluang. Dugaan saya, jika sudah resmi launch, produk ini akan sama seperti salah satu layanan di Ipotpay yang dapat memaksimalkan saldo tunai Pluang (yang belum ditarik) lewat investasi pada produk reksadana pasar uang secara otomatis.

4. Investasi mata uang kripto

Serupa dengan Pluang Saver, fitur ini juga masih coming soon di Pluang. Apabila sudah resmi tersedia, nantinya kamu bakal bisa beli mata uang kripto seperti Bitcoin dan Ethereum di aplikasi Pluang.

Hal ini tentunya menjadi kabar baik mengingat investasi aset kripto belakangan ini semakin banyak diminati masyarakat internasional sehingga membuat nilainya pun meningkat secara signifikan.

5. Beli dolar AS

Untuk mengakomodir pengguna yang ingin berinvestasi di produk Pluang S&P 500, Pluang menghadirkan fitur beli mata uang dolar AS yang dapat dibeli menggunakan saldo tunai.

Untuk minimum pembeliannya adalah sebesar $5 dan tidak dapat dibeli secara langsung via transfer bank, virtual account, maupun e-wallet. Tetapi harus melakukan top up saldo tunai terlebih dulu. Agak merepotkan.

Perbedaan Saldo Tunai dan Saldo Voucher Pluang

Di Pluang, total saldo yang kita miliki dibagi menjadi dua kategori, yakni saldo tunai dan saldo voucher.

menu dompet Aplikasi Pluang

Meskipun keduanya bisa digunakan untuk berinvestasi emas dan S&P 500 di Pluang, tetap saja ada beberapa perbedaan yang perlu kamu tahu agar tidak salah dalam mengambil keputusan, diantaranya:

  • Top up Saldo Tunai hanya boleh dilakukan via transfer virtual account. Sedangkan Top up Saldo Voucher boleh dilakukan via redeem voucher, Jenius Pay, atau eWallet seperti Gopay dan LinkAja.
  • Saldo Tunai dapat ditarik ke rekening bank (minimal Rp200.000) atau akun Gopay (min. Rp8.000) kamu. Sedangkan Saldo Voucher tidak dapat ditarik dan hanya bisa digunakan untuk berinvestasi di aplikasi Pluang.

Setelah mengetahui perbedaan tersebut, sebaiknya gunakan saja saldo tunai untuk berinvestasi di aplikasi Pluang. Hindari pakai saldo voucher karena kalau tersisa kasian duitnya mengendap begitu saja.

Tapi yaa ini kembali lagi sih ke preferensi masing-masing orang. Hehe

Referral

Bulan Oktober 2020 lalu, Pluang resmi meluncurkan program referral di aplikasi mereka. Saat ini, program referral Pluang baru tersedia untuk pengguna smartphone Android versi 4.2.2 ke atas dan belum tersedia untuk aplikasi iOS.

kode referral Pluang

Program referral Pluang memiliki sistem yang menguntungkan kedua belah pihak dimana bonus akan diterima baik oleh mereka yang berhasil mengajak orang lain mendaftar di aplikasi Pluang maupun pengguna baru yang mendaftar di Pluang menggunakan kode referral.

Untuk bonus referral sendiri diperoleh secara acak dalam bentuk saldo voucher, mulai dari Rp20.000 – Rp500.000 dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Pasti dapat Rp20 ribu untuk setiap ajakan yang berhasil
  • Jika beruntung, kamu bisa dapat saldo voucher sebesar Rp100 ribu untuk setiap ajakan yang berhasil (peluang 5%)
  • Jika beruntung, kamu juga bisa dapat saldo voucher sebesar Rp500 ribu untuk setiap ajakan yang berhasil (peluang 2%)

Bagi pengguna baru yang ingin mendapatkan bonus referral Pluang, pastikan kamu mendaftar menggunakan nomor hp yang belum pernah teregistrasi sebelumnya di fitur Goinvestasi Gojek.

Selain itu, setelah berhasil mendaftar dan melakukan verifikasi akun, kamu juga harus berinvestasi apa saja di Pluang minimal Rp300.000 dalam satu kali transaksi agar bisa mendapatkan bonus referral.

Tertarik berinvestasi di aplikasi Pluang? kamu bisa menggunakan kode referral saya -> ZAIF598932 untuk mendapatkan bonus.

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Pluang

Kelebihan:

  • Desain UI/UX aplikasi Pluang bagus dan tidak membingungkan
  • Satu aplikasi untuk berbagai investasi
  • Pluang adalah aplikasi fintek pertama di Indonesia yang menghadirkan layanan investasi saham Amerika
  • Proses pendaftaran mudah, cepat, dan sepenuhnya dilakukan secara online
  • Promonya lumayan sering
  • Minimum investasi terjangkau
  • Spread emas paling rendah di antara semua aplikasi investasi emas di Indonesia saat ini (setidaknya sampai akhir tahun 2020)
  • Belum mengenakan biaya investasi sepeserpun
  • Ada program asuransi gratis dari Pluang yang bekerjasama dengan Lippo Insurance, Prudential, dan KSK Insurance

Kekurangan:

  • Aplikasi terkadang loading
  • Penarikan saldo tunai ke rekening bank minimal Rp200.000
  • Saldo voucher tidak dapat ditarik
  • Customer service cukup responsif, namun hanya boleh diakses setiap hari kerja Senin – Jum’at pukul 09.00 – 18.00 WIB. Padahal, aplikasi lain ada yang sampai 24/7.
  • Untuk berinvestasi, kamu harus isi saldo tunai/voucher terlebih dulu di aplikasi Pluang, tidak bisa langsung dari transfer bank. Jadi, lumayan merepotkan.

F.A.Q

Apakah aplikasi Pluang aman?

Pluang adalah aplikasi teknologi finansial yang terafiliasi denga PT. PG Berjangka, perusahaan yang berdiri sejak tahun 2013 serta sudah resmi terdaftar dan mendapatkan izin sebagai pialang berjangka dari BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) di bawah Kementerian Perdagangan.

Apakah aplikasi Pluang penipuan?

Tidak. Hingga saat artikel ini ditulis, saya tidak pernah mendengar satu pun kabar buruk tentang aplikasi Pluang.

Kesimpulan

Bagi saya, aplikasi Pluang sebetulnya sangat cocok bagi investor yang ingin berinvestasi emas online karena Pluang memiliki spread yang paling rendah di antara semua aplikasi emas yang ada di Indonesia saat ini.

Selain itu, untuk investor lokal yang ingin berinvestasi saham Amerika, boleh juga ikutan berinvestasi di Micro E-Mini S&P 500 Index Futures, produk berjangka yang menggunakan indeks saham yang terdiri dari 500 saham perusahaan terbaik di Amerika Serikat sebagai underlying asset-nya.

Apabila tertarik, daftar di aplikasi Pluang menggunakan kode referral -> ZAIF598932 untuk mendapatkan bonus.

Alternatif

Tanamduit

Layaknya Pluang, Tanamduit juga menghadirkan berbagai layanan investasi dalam satu aplikasi. Seperti investasi emas, reksadana, Surat Berharga Negara (SBN), dan beli asuransi. Sementara untuk produk S&P 500, sayangnya, tidak ada.

Satu hal yang saya sukai dari Tanamduit adalah saya bisa berinvetasi menggunakan metode pembayaran Gopay Paylater. Informasi lebih banjut, baca tulisan saya tentang Review Tanamduit – Beli Reksadana, Emas, SBN, dan Asuransi Murah.

Pintu

logo pintu

Pintu adalah aplikasi bursa aset kripto baru di Indonesia yang belakangan ini sedang naik daun. Aplikasi Pintu melayani berbagai transaksi pembelian/penjualan aset kripto, seperti BTC, ETH, hingga YFI secara online, legal, dan aman. Serta gratis biaya transaksi.

Informasi lebih lanjut, baca tulisan saya tentang Review Pintu – Beli Bitcoin dan Aset Kripto Praktis via Smartphone.

Author

Carpe diem

Write A Comment

Dapatkan Ilmu dan Tips Cuan dari Investasi Eksklusif setiap hari Selasa! 
Daftar dan bergabunglah dengan 1200+ subscribers lainnya
Subscribe
No spam. Unsubscribe kapan saja.
close-link