Terakhir diperbarui: September 2020

Sekilas tentang Tanamduit

Tanamduit merupakan platform keuangan digital milik PT Star Mercato Capitale yang melayani pengguna untuk berinvestasi reksadana, emas, Surat Berharga Negara (SBN), dan membeli asuransi dalam satu aplikasi.

PT Star Mercato Capitale adalah perusahaan yang telah resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor lisensi KEP-13/PM.21/2017 dan mendapatkan izin sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD).

Kualitas antarmuka web/aplikasi Tanamduit

Secara keseluruhan, saya suka dengan tampilan antarmuka website maupun aplikasi Tanamduit. Sederhana dan mudah dimengerti. Saya bahkan tidak mengalami kendala sama sekali Saat pertama kali mencoba menggunakan web/aplikasi tanamduit.

Namun, pengguna wajib mendownload aplikasinya bila ingin menikmati semua fitur yang ditawarkan tanamduit. Contohnya, fitur pembayaran melalui e-wallet seperti Gopay, Dana, LinkAja, ShopeePay, dan OVO.

Tampilan antarmuka aplikasi Tanamduit

Baca juga: 13 Pilihan Investasi Menguntungkan, Cocok untuk Pemula!

Kuantitas produk reksadana

Jumlah produk reksadana yang dapat dibeli di Tanamduit relatif lebih sedikit bila dibandingkan dengan aplikasi Ajaib dan Bibit, apalagi Bareksa.

Untuk emas, selalu tersedia kapan saja. Sedangkan produk SBN hanya dapat dibeli ketika masih ada penawaran yang berlangsung.  

Jumlah minimum investasi di Tanamduit

  • Reksadana – minimum investasi Rp10.000
  • Emas – minimal pembelian emas adalah 0,1 gr atau kelipatannya. Saat artikel ini ditulis, harga 0,1 gr emas di Tanamduit sebesar Rp98.000
  • SBN – minimal pemesanan SBN (ORI, Sukuk, SBR, ST) sebesar Rp1 juta

Biaya Investasi di Tanamduit

  • Reksadana – Gratis biaya jual dan beli
  • Emas Spread 3,86% (lumayan kompetitif, tapi masih ada yang lebih murah)
  • SBN – Tidak ada. Hanya biaya umum investasi SBN saja, seperti pajak bunga sebesar 15%

Baca juga: 11 Biaya Investasi Reksadana yang Wajib Kamu Tahu sebelum Berinvestasi

Fitur Tanamduit

Tanamduit hadir dengan sejumlah fitur yang memanjakan pengguna, di antaranya:

Sidik Jari

Fitur ini memungkinkan kamu untuk masuk ke aplikasi Ajaib lewat tombol sidik jari. Tidak perlu lagi ribet memasukkan alamat email dan password akun.  

Pembayaran dengan e-Wallet

Pembelian produk investasi di Tanamduit dapat dilakukan melalui berbagai metode pembayaran seperti transfer bank manual, virtual account, ataupun melaui e-Wallet seperti Gopay, Dana, LinkAja, OVO, dan ShopeePay.

Bahkan, kamu juga bisa menggunakan limit Gopay Paylater untuk membeli produk investasi di Tanamduit. Saya pernah mencobanya satu kali, dan berhasil. Hehe

Investasi 3 in 1

Di Tanamduit, kamu dapat berinvestasi emas, reksadana, dan SBN dalam satu aplikasi. Tanamduit cocok untuk kamu yang tidak ingin ribet pindah-pindah aplikasi.  

Koleksi kartu emas

Ini merupakan salah satu fitur menarik dari Tanamduit yang bisa membuat pengalaman investasi emas kamu menjadi lebih menyenangkan lewat koleksi kartu emas dengan berbagai pilihan desain dan tema yang menarik.  

Beli asuransi

Tanamduit merupakan satu-satunya platform keuangan digital di Indonesia yang menyediakan layanan pembelian investasi dan asuransi dalam satu aplikasi. Setidaknya untuk saat ini.  

Program Referral Tanamduit

Saat ini Tanamduit tidak memiliki program referral yang bisa dimanfaatkan untuk menambah cuan. Meski begitu, anehnya, setiap pengguna Tanamduit tetap mendapatkan kode referral masing-masing yang bisa diakses di menu profil.

kode referral tanamduit

Baca juga: 23 Cara Praktis Mendapatkan Uang Banyak dalam Sehari

Kata CS Tanamduit, kode referral yang ada saat ini belum aktif digunakan dan masih dalam tahap pengembangan. Tidak tahu betul atau tidak.  

program referral tanamduit

Kemudahan mendaftar dan berinvestasi di Tanamduit

Proses mendaftar di Tanamduit terbilang mudah dan cepat. Kamu hanya perlu mengisi alamat email, nomor handphone, data pribadi termasuk foto e-KTP, dan tunggu sampai proses verifikasi data selesai (biasanya memakan waktu satu hari kerja).

Berikut video  tata cara mendaftar di Tanamduit dari awal sampai selesai:

Berinvestasi di Tanamduit juga sama mudahnya. Tidak ada kendala yang berarti. Tinggal pilih produk investasi apa yang ingin kamu beli, ikuti petunjuk pembayarannya, dan selesai.

Baca juga: 5 Keuntungan Berinvestasi Sejak Dini yang Tak Boleh Kamu Lewatkan!

Kualitas Customer Service Tanamduit

Responsif. Saya pernah beberapa kali menghubungi Tanamduit via WA dan mereka meresponnya lumayan cepat dan dengan jawaban yang benar-benar membantu. Bukan sekadar jawaban template.

Telp: 021 7393131
Whatsapp: 0811 9922 923
Jam Operasional: 09.00 – 17.30 WIB

Kelebihan dan Kekurangan Tanamduit

Kelebihan Tanamduit:

  • Memiliki tampilan antarmuka web/aplikasi yang sederhana dan tidak membingungkan. Download aplikasi Tanamduit di Google Play atau App Store
  • Investasi dan asuransi satu dalam satu aplikasi
  • Metode pembayaran beragam
  • Proses pendaftaran mudah dan cepat, tidak perlu foto selfie dengan KTP
  • Minimum investasi reksadana terjangkau, mulai dari Rp10.000
  • Gratis biaya transaksi jual beli reksadana
  • Gratis biaya transaksi pembelian SBN
  • CS yang cukup responsif
  • Terdapat tutorial lengkap cara berinvestasi dan membeli polis asuransi yang bisa kamu akses di halaman depan (beranda) aplikasi Tanamduit

Kekurangan Tanamduit:

  • Produk reksadana yang tersedia masih sedikit
  • Tidak memiliki program referral
  • Biaya spread emas cukup mahal
  • Dibandingkan dengan aplikasi lain, minimal pembelian emas di Tanamduit tergolong mahal. Harus 0,1 gr atau kelipatannya.
  • Informasi mengenai produk reksadana yang disajikan ke calon investor kurang lengkap, tidak seperti aplikasi Bibit
  • Tidak ada fitur Robo Advisor

Tanya jawab seputar Tanamduit

Apakah Tanamduit aman?

Tentu saja. Tanamduit adalah perusahaan platform keuangan digital yang telah resmi terdaftar dan diawasi OJK.  

Apakah Tanamduit penipu?

Hingga saat ini, saya belum mendengar ada laporan atau kabar buruk tentang Tanamduit, baik dari media massa maupun dari teman-teman saya yang juga berinvestasi di Tanamduit. Jadi, Tanamduit bukan penipuan apalagi investasi bodong.

Apakah Tanamduit syariah atau tidak?

Di Tanamduit, kamu dapat membeli produk reksadana syariah maupun konvensional. Begitupun SBN, ada yang konvensional seperti obligasi ritel dan ada juga yang syariah seperti sukuk.

Bagaimana dengan investasi emas? Apakah syariah? Iya, tentu saja.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, saya menilai Tanamduit sebagai aplikasi investasi yang cocok untuk pemula. Khususnya bagi kamu yang ingin investasi emas, reksadana, dan SBN di satu aplikasi.

Namun, bila kamu mencari aplikasi investasi reksadana dengan fitur yang lebih lengkap, saya sangat merekomendasikan Bibit. Pilih Bareksa atau IPOT jika kamu ingin aplikasi yang menyediakan banyak pilihan produk reksadana.

Ingin berinvestasi reksadana dan saham sekaligus lewat satu aplikasi? Daftar di Ajaib atau IPOT.

Demikian review saya tentang aplikasi Tanamduit. Artikel ini akan terus saya perbarui secara berkala untuk menjaga relevansinya.

Alternatif Tanamduit

Ajaib

Untuk urusan investasi reksadana, saya menggunakan banyak aplikasi. Salah satunya Ajaib. Dari segi kelengkapan fitur, kualitas tampilan antarmuka, dan user experience, Ajaib mungkin masih kalah dari pesaingnya Bibit.

Walau demikian, satu keunggulan yang saya suka dari aplikasi Ajaib adalah Ajaib juga bisa digunakan untuk investasi saham. Sehingga saya tidak perlu repot-repot pindah aplikasi ketika ingin investasi reksadana dan saham.

Selain itu, Ajaib juga memiliki fitur konsultasi dengan tim financial expert secara gratis. Lewat fitur ini, kamu dapat meminta nasihat-nasihat praktis mengenai topik perencanaan keuangan, misalnya apa saja hal yang perlu dipersiapkan sebelum berinvestasi, bagaimana komposisi portofolio investasi yang tepat bagi saya yang sesuai dengan profil risiko, bagaimana cara terbaik menyiapkan dana darurat, dana untuk biaya umroh, dan lain-lain.

Baca review lengkap aplikasi Ajaib di sini.

Apabila tertarik menggunakan Ajaib, jangan lupa gunakan kode referral ini -> zai.981 untuk mendapatkan bonus.

Bibit

Sejauh ini, Bibit adalah aplikasi investasi reksadana terbaik dengan tampilan antarmuka yang sederhana, fitur lengkap, banyak promo, serta ramah untuk pemula. Selain itu, kualitas customer service Bibit juga sangat mantap. Terkadang, di luar jam kerja pun mereka tetap membalas.

Bibit merupakan satu-satunya aplikasi investasi di Indonesia dengan jumlah download tertinggi di Google Play, yakni mencapai lebih dari 1 juta download. Bandingkan dengan aplikasi Ajaib yang cuma 500 ribu download atau aplikasi Tanamduit, Bareksa, dan IPOT yang masing-masing cuma mendapat 100 ribu download.

Meskipun saya banyak mencoba aplikasi investasi reksadana untuk bahan penulisan konten di blog, sebagian besar portofolio reksadana yang saya miliki saya taruh di aplikasi Bibit.

Baca review lengkap aplikasi Bibit di sini.

Apabila tertarik menggunakan Bibit, jangan lupa gunakan kode referral ini -> zaipad50 untuk mendapatkan bonus.

Bareksa

Bareksa merupakan salah satu portal investasi reksadana online pertama di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013 dan mendapatkan izin sebagai APERD sejak tahun 2016. Dibandingkan dengan platform investasi reksadana lainnya, Bareksa unggul dari segi jumlah produk reksadana yang tersedia.

Selain melayani pembelian reksadana, di Bareksa kamu juga dapat membeli Surat Berharga Negara, emas, dan membuka tabungan umroh. Adapun kekurangan dari Bareksa adalah tampilan menu pembelian reksadananya yang terlalu advanced sehingga tidak ramah pemula.

Selain itu, untuk pembelian dan penjualan sebagian produk reksadana di Bareksa juga masih dikenakan sejumlah biaya (fee).

BukaReksa

BukaReksa bekerjasama dengan APERD Bareksa dan Tanamduit untuk menjual produk reksadana di aplikasi Bukalapak.

Investasi reksadana di BukaReksa saat ini lebih menguntungkan karena promo yang diberikan lebih banyak dan lebih sering daripada investasi langsung lewat APERD-nya.

Meski begitu, saya tidak menganjurkan kamu investasi di aplikasi e-commerce karena bisa saja fokus kamu terganggu dan malah jadi belanja. Selengkapnya, baca review lengkap saya tentang BukaReksa.

IPOT

IPOT, dulunya IpotFund, adalah tempat pertama saya membeli reksadana. Mirip seperti Bareksa, IPOT masih mengenakan biaya pembelian dan penjualan reksadana. Selain itu, tampilan menu pembelian reksadananya juga cukup rumit, sehingga tidak cocok untuk pemula.

Keunggulan membuka akun di IPOT adalah kamu akan sekaligus dibuatkan rekening untuk investasi saham. Selain itu, kamu juga dapat mengakses fitur tabungan Ipotpay, yakni tabungan khusus dari PT. Indopremier Sekuritas yang memiliki keunggulan bunga tinggi, bebas biaya transfer ke semua bank, dan tanpa limit transaksi. (Baca review Ipotpay)

Author

Pekerja teks komersial. Tertarik dengan dunia ekonomi, investasi, dan perencanaan keuangan sejak 2016. Hubungi saya di halo@zaipad.com untuk penawaran kerjasama, konsultasi, pertanyaan, dan lain-lain.

Write A Comment