Apakah Investasi Ajaib Penipuan? Cek Faktanya!

Belakangan ini saya mendengar ada beberapa netizen yang mengaku menjadi korban penipuan investasi Ajaib. Lalu, apakah benar investasi Ajaib penipuan? Simak faktanya di sini.

Ajaib adalah aplikasi keuangan yang menyediakan layanan investasi saham dan reksadana di Indonesia. Aplikasi ini dikelola oleh Ajaib Group yang menaungi dua perusahaan berbeda, yaitu PT Ajaib Sekuritas Asia (“Ajaib Sekuritas”) dan PT Takjub Teknologi Indonesia (“Ajaib Reksa Dana”).

Kedua perusahaan tersebut telah resmi terdaftar sebagai pialang saham dan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga dari segi legalitas sudah terjamin bahkan jumlah pengguna aplikasi Ajaib di Indonesia hingga sekarang sudah mencapai lebih dari 1 Juta.

Jadi, pada prinsipnya, Ajaib bukanlah investasi bodong. Kalau kamu ingin cari tahu lebih lanjut tentang Ajaib, silakan baca tulisan saya sebelumnya tentang review aplikasi Ajaib.

📢 Mau saham gratis hingga Rp2.200.000 dari Ajaib? Daftar di sini atau pakai kode referral -> zai.981 saat registrasi

Jika Ajaib adalah perusahaan investasi yang resmi, legal, dan aman, lantas kenapa ada beberapa orang di internet yang mengaku sebagai korban penipuan investasi di Ajaib?

Jawabannya (probably) karena orang tersebut mendaftar dan berinvestasi di tempat yang salah, yakni lewat akun palsu yang mengatasnamakan Ajaib di Telegram atau media sosial lain. Seperti apa contohnya?

Contoh Investasi Ajaib Penipuan

Kebanyakan investasi bodong yang mengatasnamakan perusahaan lain berbentuk mopit atau investasi titip modal.

Pada skema mopit, penipu memikat calon korban dengan tawaran peluang investasi return tinggi mencapai puluhan persen dalam hitungan hari.

Peluang investasi ini umumnya ditawarkan dalam paket-paket titip modal dengan tingkatan berbeda yang masing-masing memberikan tingkat imbal hasil berbeda pula sesuai nominal dana yang kamu titip kepada penipu.

Dalam skema mopit, semakin besar nominal dana yang kamu titipkan, maka semakin besar pula tingkat imbal hasil yang akan kamu terima.

Berikut contoh oknum penipu yang menawarkan investasi titip modal di Telegram dengan mengatasnamakan Ajaib:

Investasi Ajaib Penipuan Telegram
Grup Investasi Ajaib Penipuan Telegram

Gambar di atas adalah tangkapan layar dari grup-grup Telegram Ajaib yang tidak resmi. Jangan percaya dengan isi chat grup tersebut, apalagi dengan testimoni-testimoni pengguna yang ada di grup tersebut sebab semuanya itu fake (palsu).

testimoni palsu penipuan investasi Ajaib
testimoni palsu

Selain Ajaib, masih ada banyak lagi nama perusahaan yang sering digunakan oleh komplotan penipu ini dalam menjalankan aksinya. Contohnya, perusahaan Bibit, Pluang, Pintu, Tokocrypto, Tanamduit, dan lain-lain.

Grup telegram Bibit resmi dan palsu
Grup telegram investasi penipuan
Grup telegram pintu penipuan
Grup telegram Tokocrypto penipuan

Kenapa disebut Titip Modal?

Dinamakan investasi titip modal / titip dana karena pada skema investasi ini uang yang dititipkan oleh korban akan dipakai untuk berinvestasi pada instrumen investasi yang legal seperti saham, reksadana, hingga forex dengan jaminan pasti untung 100%.

Setelah itu, dari setiap keuntungan yang didapat, sebagian hasilnya akan dibagi kepada investor yang melakukan titip dana tadi sehingga sama-sama diuntungkan. Ya kurang lebih seperti itu cara kerjanya.

paket investasi titip modal Ajaib penipuan
Paket investasi titip modal (penipuan)

Secara logika, skemanya bisa dibilang menarik, adil, dan menguntungkan. Hanya saja yang membuat mopit sebagai investasi bodong adalah karena tawaran imbal hasilnya yang tidak masuk akal, mencapai puluhan persen dalam beberapa hari saja dan dijamin pasti untung 100%. Gila Gila!

Kalau memang ada orang yang sejago itu dalam berinvestasi, harusnya dia sudah jadi orang terkaya di dunia dan tidak perlu menawarkan model investasi mopit ini ke orang lain. hehe

Apakah Ajaib ada Grup Telegram atau Whatsapp Resmi?

Tidak ada.

Saat ini, Ajaib hanya memiliki 4 akun media sosial resmi, yaitu:

Tips agar tidak tertipu Penipuan Investasi Ajaib Titip Modal

  • Lakukan riset sebelum investasi
  • Hindari gabung grup Telegram yang menawarkan investasi dalam bentuk apapun
  • Jangan mudah percaya dengan testimoni-testimoni yang ada di grup Telegram/Whatsapp karena yang namanya testimoni seringkali tidak bisa dipastikan kebenerannya
  • Atur privasi di Telegram agar hanya orang tertentu saja yang bisa mengajakmu untuk join grup Telegram. Caranya klik Settings > Privacy and Security > Groups , lalu pilih My Contacts

Kesimpulan

Ajaib adalah aplikasi investasi saham dan reksadana yang sudah resmi terdaftar dan diawasi OJK sehingga aman digunakan. Adapun penipuan investasi Ajaib yang ramai di internet belakangan ini sebetulnya adalah ulah oknum yang mengatasnamakan Ajaib. Jadi, bukan dari perusahaan Ajaib itu sendiri.

Agar tidak tertipu, pembaca disarankan untuk lebih berhati-hati dalam bermedia sosial serta jangan mudah tergiur dengan berbagai tawaran investasi return tinggi yang ada di internet. Selalu utamakan riset riset dan riset.

Zai Alam

A lifelong learner, blogger and part-time investor. I love sharing about personal finance and cuan-related tips. Connect with me on Twitter. (Disclaimer: not a financial advisor)

Tinggalkan komentar