Cara Daftar Akun Reksadana di Aplikasi Bibit, Praktis dan Cepat!

Bagi kamu yang ingin investasi reksadana, Bibit merupakan salah satu aplikasi investasi reksadana terbaik yang patut dipertimbangkan. Faktanya, di antara semua platform investasi lokal yang sudah pernah saya coba, Bibit hingga sekarang masih menjadi aplikasi investasi reksadana yang paling unggul versi saya.

Tentu ini adalah pendapat yang subjektif dan tidak ada pula keharusan bagi pembaca untuk mengikutinya. Akan tetapi, jika kamu percaya dengan rekomendasi saya untuk berinvestasi reksadana di Bibit daripada aplikasi lain, maka baca artikel ini sampai habis untuk mengetahui bagaimana cara daftar akun di Bibit dengan mudah.

Mengapa Daftar Akun di Bibit?

Sampai detik ini, total sudah ada 7 aplikasi investasi reksadana online di Indonesia yang sudah pernah saya coba. Kecuali Bareksa, semuanya juga sudah pernah saya tulis reviewnya di blog ini. Kalau kamu penasaran, boleh cek ulasan saya tersebut dengan akses tautan di bawah ini:

Setelah mencoba semua aplikasi di atas, Bibit menurut saya adalah platform terbaik saat ini khusus untuk bernvestasi reksadana. Tapi kalau kamu mencari platform yang mampu menyediakan banyak pilihan instrumen investasi, maka Bibit bukan pilihan yang tepat.

Lebih baik kamu mendaftar di platform lain yang memang menghadirkan layanan tersebut, misalnya Ajaib atau IPOTFund untuk investasi reksadana, ETF, dan saham dalam satu aplikasi atau boleh juga di platform Tanamduit untuk investasi reksadana, saham, obligasi, dan emas online.

Mengapa saya memilih Bibit untuk investasi reksadana dibanding aplikasi lain? Well, ada beberapa alasan, diantaranya:

  • Tampilan antarmuka yang simple
    Bibit adalah satu di antara beberapa platform investasi online di Indonesia yang memiliki tampilan UI dan UX terbaik, simple namun nyaman digunakan. Kamu tidak akan sulit memahami fungsi dan fitur-fitur aplikasi Bibit sekalipun baru pertama kali mencobanya.
  • Fitur Robo Advisor untuk investor pemula
    Robo Advisor Bibit adalah alasan kenapa saya lebih merekomendasikan aplikasi Bibit bagi investor pemula yang ingin investasi reksadana. Fitur ini akan membantu kamu untuk merancang portofolio investasi reksadana yang optimal sesuai profil risiko, usia, dan tujuan investasimu secara otomatis.
  • Investasi otomatis tanpa ribet
    Bibit hadir dengan fitur “Nabung Rutin” yang bisa bantu kamu investasi reksadana setiap bulan secara otomatis dengan pilihan metode pembayaran beragam.
  • Akses investasi reksadana syariah mudah
    Ingin investasi reksadana syariah saja di aplikasi Bibit? Boleh. Cukup nyalakan fitur “Preferensi Syariah” pada menu “Profil” di Bibit untuk mulai investasi reksadana halal.
menu preferensi Syariah Bibit
  • Promo sering
    Kalau kamu mau cari cuan sebanyak-banyaknya dari investasi reksadana, pilih aplikasi Bibit karena hampir setiap dua minggu selalu saja ada promo menarik yang ditawarkan. Terutama promo cashback Gopay. Kalau ingin memanfaatkan promo, sebaiknya lakukan dengan cepat karena banyak investor yang ikutan. Hehe

Cara Registrasi Akun Reksadana di Aplikasi Bibit

Seperti halnya sebelum kita berolahraga: cara daftar akun di Bibit juga hanya perlu warming-up dengan beberapa gerakan singkat dan simpel untuk memulai, yaitu:

  • Siapkan HP dan KTP
  • Isi Data Diri
  • Foto selfie bareng KTP

Sebelum mendaftar, pastikan kamu sudah mendownload aplikasi Bibit di App Store atau Google Play. Ketika mendaftar, jangan lupa gunakan kode referral -> zaipad50 untuk mendapatkan bonus cashback Rp25.000, setelah kamu investasi minimal Rp100 ribu untuk pertama kali.

Bagi kamu yang sudah download aplikasi Bibit, simak langkah-langkah registrasi akun di aplikasi Bibit berikut ini:

  1. Buka aplikasi Bibit.
cara daftar akun di Bibit
  1. Klik Register.
daftar akun Bibit mudah dan praktis
  1. Jawab 6 kuesioner singkat Bibit sesuai dengan profil dan tujuan investasi kamu. Setelah menjawab 6 pertanyaan, kamu akan mengetahui profil risiko kamu.
daftar akun Bibit
  1. Untuk melanjutkan ke registrasi. Klik Lanjut Registrasi.
  2. Masukkan nomor Handphone yang aktif dan kamu gunakan di kolom yang tersedia, dan kode referral dari teman kamu jika ada. Setelah klik Lanjutkan, kamu akan memperoleh SMS yang berisi kode verifikasi. Input kode verifikasi tersebut di kolom yang tersedia, lalu Klik Lanjutkan.
daftar akun Bibit dengan kode referral zaipad50
  1. Kamu akan masuk ke Halaman Register, isi kolom yang ada sesuai dengan data diri kamu dan isi Data Rekening Bank sama percis dengan buku tabungan kamu. Klik Berikutnya.
isi data diri saat registrasi akun di Bibit
  1. Persiapkan KTP kamu untuk ambil foto KTP. Klik Foto dari Kamera atau Ambil dari Gallery untuk lanjut.
Cara Daftar Akun Reksadana di Aplikasi Bibit, Praktis dan Cepat! 1
  1. Pastikan foto KTP terlihat jelas dan dapat terbaca. Klik Lanjutkan untuk ke tahap selanjutnya.
Cara Daftar Akun Reksadana di Aplikasi Bibit, Praktis dan Cepat! 2
  1. Lanjutkan ke proses Foto Selfie dengan KTP. Klik Foto dari Kamera atau Ambil dari Gallery untuk lanjut.
Cara Daftar Akun Reksadana di Aplikasi Bibit, Praktis dan Cepat! 3
  1. Klik Lanjutkan untuk mengunggah foto dan masuk ke tahap selanjutnya.
foto selfie + KTP saat daftar akun di aplikasi Bibit
  1. Cek NIK, Nama Lengkap sesuai KTP dan Tanggal Lahir kamu. Klik Berikutnya.
Cara Daftar Akun Reksadana di Aplikasi Bibit, Praktis dan Cepat! 4
  1. Cantumkan tanda tangan digital
    Tanda tangan di Bibit dilakukan secara digital, silakan tanda tangan pada kotak yang tersedia seperti gambar di atas. Klik Hapus jika tanda tangan yang kamu lakukan belum sesuai dengan E-KTP, lalu ulangi tanda tangan, jika sudah sesuai klik Daftar Sekarang.
Cara Daftar Akun Reksadana di Aplikasi Bibit, Praktis dan Cepat! 5
  1. Set Pin kamu, kemudian input lagi di halaman Konfirmasi Pin.
Cara Daftar Akun Reksadana di Aplikasi Bibit, Praktis dan Cepat! 6
  1. Setelah konfirmasi Pin, silakan buka email kamu, lalu klik Verifikasi Email.
  2. Data kamu akan di verifikasi oleh tim Bibit dan KSEI, proses registrasi kamu akan selesai maksimal 1×24 jam.
Cara Daftar Akun Reksadana di Aplikasi Bibit, Praktis dan Cepat! 7

N.B: Penjelasan cara daftar akun di Bibit tersebut sudah sesuai dengan apa yang ada di halaman resmi blog Bibit. Semisal terdapat perubahan, silakan pembaca merujuk pada tautan ini untuk informasi yang lebih update.

Kesimpulan

Sebagai salah satu platform investasi reksadana populer di Indonesia, Bibit hadir dengan sejumlah fitur dan keunggulan yang memudahkan investor pemula. Apabila tertarik, ikuti panduan langkah-langkah daftar akun Bibit di atas agar kamu tidak keliru saat registrasi. Supaya lebih cuan, jangan lupa gunakan kode referral saya -> zaipad50 saat mendaftar untuk mendapatkan bonus.

Zai Alam

A lifelong learner, blogger and part-time investor. I love sharing about personal finance and cuan-related tips. Connect with me on Twitter. (Disclaimer: not a financial advisor)

Tinggalkan komentar